Belimbing: Bisa Mengatur Gula Darah dan Manfaat Lainnya untuk Kesehatan Tubuh

Senin 01 April 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi - Belimbing merupakan buah yang rasanya manis dan asam berbentuk seperti bintang. | (Sumber : Pixabay.com/sarangib)

Ilustrasi - Belimbing merupakan buah yang rasanya manis dan asam berbentuk seperti bintang. | (Sumber : Pixabay.com/sarangib)

SUKABUMIUPDATE.com - Belimbing mempunyai lima titik dan bentuknya seperti bintang. Belimbing yang matang rasanya manis dengan sedikit rasa asam, asam, atau tajam. Belimbing mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. 

Namun, penderita penyakit ginjal dan penyakit lainnya harus menghindarinya karena potensi efek sampingnya. Dikutip dari verrywellhealth, berikut nutrisi dan manfaat dari mengonsumsi belimbing.

Nutrisi Belimbing

Satu buah belimbing berukuran sedang mengandung: 

  • Kalori : 28
  • Lemak : 0,3 gram (g)
  • Karbohidrat : 6,1 gram
  • Serat : 2,5 gram
  • Gula : 3,6 gram
  • Protein : 1 gram
  • Natrium : 1,8 miligram (mg)
  • Kalsium : 2,7 mg
  • Magnesium : 9,1mg
  • Kalium : 121 mg
  • Vitamin C: 31,3 mg

Manfaat Makan Belimbing 

Belimbing rendah kalori dan mengandung serat serta antioksidan seperti vitamin C. Belimbing yang matang berubah warna dari hijau menjadi kuning (mungkin ada semburat hijau muda), dan seluruh buahnya bisa dimakan, termasuk kulitnya. 

Jika Anda memakan kulitnya, pastikan sudah dicuci dengan benar dan menyeluruh. Jika bagian luarnya berubah warna menjadi coklat, berarti sudah terlalu matang.

Membantu Mencegah Peradangan Kronis

Belimbing mengandung antioksidan yang tinggi, seperti flavonoid, proanthocyanidin, vitamin C, beta karoten, alkaloid dan tanin. Antioksidan membantu menangkal radikal bebas (molekul tidak stabil yang berbahaya), sehingga membantu mencegah stres oksidatif (gangguan keseimbangan radikal bebas dan antioksidan) dan peradangan kronis.

Hal ini penting karena peradangan kronis merupakan pendorong utama berkembangnya penyakit tidak menular seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C adalah vitamin penting yang larut dalam air yang berperan dalam fungsi kekebalan tubuh. Ini membantu tubuh dalam membuat sel kekebalan, seperti limfosit(sel darah putih), dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Satu buah belimbing berukuran sedang mengandung sekitar 33% dari kebutuhan vitamin C harian Anda.

Mengatur Gula Darah dan Mendukung Kesehatan Usus

Belimbing mengandung sekitar 2,5 g serat dalam satu porsi buah berukuran sedang. Serat penting untuk kesehatan jantung, pencernaan, dan metabolisme. Serat dicerna secara perlahan dan dapat meningkatkan rasa kenyang serta membantu mengatur gula darah (glukosa). Asupan serat yang tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko:

  • Kegemukan
  • Diabetes tipe 2
  • Penyakit kardiovaskular
  • Kanker kolorektal (kolon dan rektum)
  • Kanker payudara pramenopause

Asupan serat yang cukup juga mendukung kesehatan usus, meningkatkan keteraturan usus. Beberapa bentuk serat bertindak sebagai prebiotik ; mereka memberi makan probiotik atau bakteri sehat di usus Anda. Memiliki cukup bakteri baik penting untuk pencernaan dan mengendalikan bakteri berbahaya.

Belimbing untuk Pengobatan Tradisional di Beberapa Negara

Belimbing umumnya digunakan dalam Ayurveda (sistem pengobatan tradisional India) dan pengobatan tradisional Tiongkok (TCM), seperti untuk mengobati penyakit berikut ini: 

  • Perangsang nafsu makan
  • Batuk
  • Diare
  • Sakit kepala
  • Eksim
  • Infeksi jamur pada kulit
  • Wasir berdarah

Untuk keperluan kuliner, belimbing wuluh bisa dibuat jus atau dimakan apa adanya. Ini sering digunakan sebagai hiasan dalam salad atau lauk pauk dan ditambahkan ke smoothie, makanan penutup, selai, dan sirup.

Lalu Siapa yang Tidak Boleh Makan Buah Belimbing?

Belimbing sebaiknya dihindari jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal atau pankreatitis kronis. Selain itu, jika Anda sedang mengonsumsi obat, konsultasikan dengan dokter yang meresepkan Anda sebelum mengonsumsi buah belimbing, karena buah belimbing mungkin mengandung senyawa yang dapat mengubah cara tubuh Anda memetabolisme obat Anda.

Belimbing mengandung oksalat dan karamboksin yang dapat menjadi racun bagi penderita penyakit ginjal , pankreatitis kronis , dan gangguan pencernaan lainnya. Mereka yang ginjalnya berfungsi dengan baik dapat memproses dan mengeluarkan senyawa ini tanpa membahayakan. 




Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Gula Darah Naik (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang