Buah Pisang: Nutrisi, Manfaat Kesehatan dan Batasan Mengonsumsinya

Senin 15 Januari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi - Si kuning pisang enak dan menyehatkan, namun jangan berlebihan mengonsumsinya! (Sumber : pexels.com/@Dom J).

Ilustrasi - Si kuning pisang enak dan menyehatkan, namun jangan berlebihan mengonsumsinya! (Sumber : pexels.com/@Dom J).

SUKABUMIUPDATE.com - Buah pisang adalah salah satu buah yang paling populer di dunia. Namun, mungkin membuat Anda bertanya-tanya apakah pisang baik untuk kesehatan?

Faktanya adalah jika pisang dimakan dalam batas yang wajar, pisang termasuk buah yang sangat menyehatkan. Buah ini memiliki banyak nutrisi dan merupakan pilihan yang sangat baik untuk diet sehat.

Nutrisi Utama dalam Pisang

Pisang menyediakan beberapa nutrisi penting untuk kesehatan Anda. Dalam satu buah pisang berukuran sedang, Anda akan menemukan nutrisi berikut:

  • Kalori : 113
  • Protein : 1 gram (gram)
  • Lemak : Kurang dari 1 g
  • Karbohidrat : 26 gram
  • Serat : 2 gram
  • Jumlah gula : 18 gram
  • Vitamin C : 16% dari Nilai Harian (DV)
  • Vitamin B 6: 14% DV
  • Kalium : 8% DV
  • magnesium : 8% DV

Baca Juga: Buah Naga: Nutrisi dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Menambahkan pisang ke dalam menu makan harian Anda adalah cara yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah manfaat dari mengonsumsi buah pisang yang dihimpun via verywellhealth.

Manfaat Pisang

Pisang baik untuk Anda kapanpun saat ingin menikmatinya dalam jumlah sedang. Namun, pada saat-saat sakit ketika mengonsumsi pisang mungkin sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran Anda.

Baca Juga: Kesehatan Mental: 10 Makanan yang Membantu Tingkatkan Mood dan Kurangi Stres

1. Saat Anda Sakit

Jika nafsu makan Anda buruk, penting untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi yang tidak mengiritasi perut. Pisang adalah huruf "B" dalam akronim diet BRAT , yaitu makanan terbatas yang terdiri dari pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang. Diet BRAT sering dianjurkan saat Anda mengalami mual, muntah, atau diare.

Pisang menawarkan rasa ringan dan tekstur lembut yang mudah dicerna. Mereka juga menyediakan serangkaian vitamin dan mineral untuk membantu memenuhi nutrisi Anda tanpa menghabiskan banyak ruang di perut Anda.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Memasukkan lebih banyak pisang ke dalam makanan Anda bisa menjadi ide bagus jika Anda mencoba menurunkan berat badan. Mereka manis secara alami, yang dapat membantu memuaskan hasrat manis, terutama di malam hari.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Mengalami Tekanan Batin, Kamu Sedang Mengalaminya Juga?

Selain itu, pisang rendah kalori, biasanya hanya mengandung sekitar 100–120 per buah. Mereka juga menyediakan serat dan pati resisten yang membantu memuaskan Anda tanpa meningkatkan gula darah Anda. Semakin hijau pisang, semakin banyak pula pati resisten yang dikandungnya.

3. Harganya Murah

Pisang adalah pilihan makanan murah yang bagus untuk membantu Anda memenuhi asupan buah dan sayuran harian Anda. Anda dapat mendapatkan pisang dimana saja saat Anda keluar rumah.

4. Simpel dan Mudah Dimakan

Tidak semua buah hadir dalam kemasan komposnya sendiri. Pisang bisa menjadi camilan saat Anda bepergian keluar rumah. Buah pisang dapat dikonsumsi dimana saja dan kapan saja tanpa harus susah untuk mengupas kulitnya.

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi Stres Akibat Tekanan Batin, Dijamin Hidup Kembali Bahagia

5. Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang membantu melindungi sel Anda dari stres oksidatif dan kerusakan yang memicu penyakit. Pisang menyediakan antioksidan seperti flavonoid dan amina.

6. Bagus untuk Pemulihan Pasca Olahraga

Pisang mengandung magnesium dan potasium, dua elektrolit yang sering kali perlu diisi ulang di kalangan atlet setelah berkeringat karena latihan yang menantang. Jadi pisang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi untuk memulihkan energi tubuh saat terkuras habis setelah olahraga.

Makan Pisang Setiap Hari: Apa Batasannya?

Tidak diragukan lagi bahwa pisang adalah makanan bergizi yang bermanfaat bagi pola diet apa pun. Namun, apabila dikonsumsi terlalu banyak tidak dianjurkan. Mengonsumsi terlalu banyak jenis makanan apapun, termasuk pisang, bisa lebih berbahaya daripada manfaatnya bagi kesehatan dan kebugaran Anda.

Baca Juga: 9 Tanda Anak Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Yuk Bunda Kenali

Alasan untuk mengurangi asupan pisang antara lain:

Pisang umumnya dianggap sebagai makanan rendah kalori. Namun, jika Anda makan terlalu banyak pisang dalam sehari sehingga menyebabkan kebutuhan energi Anda terlampaui, hal ini dapat menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Pisang menyediakan berbagai mikronutrien, seperti vitamin B6, potasium, seng, fosfor, dan mangan. Meskipun hal ini penting untuk kesehatan Anda, Anda tidak boleh makan terlalu banyak pisang sehingga Anda kehabisan ruang untuk makanan yang memberikan nutrisi yang kurang.

Pisang rendah protein, lemak, zat besi, kalsium, atau vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin D dan K. Inilah mengapa sangat penting untuk memasukkan beragam makanan ke dalam diet Anda daripada makan beberapa makanan dalam jumlah banyak.

Baca Juga: 11 Ciri Anak Introvert yang Harus Dipahami Orang Tua, Tak Hanya Pendiam

Secara keseluruhan, tidak ada angka pasti berapa banyak pisang yang harus Anda makan asalkan sesuai dengan kebutuhan nutrisi Anda. Secara umum, satu atau dua buah pisang per hari mungkin masuk akal bagi kebanyakan orang.

Ingatlah bahwa yang kita bicarakan di sini adalah pisang segar, bukan produk pisang. Misalnya, keripik pisang yang seringkali diberi pemanis, sehingga menambah kalori dan gula yang mungkin tidak Anda inginkan. Hal yang sama berlaku untuk permen kunyah dan minuman rasa pisang.

Pisang, Kandungan Karbohidrat, dan Gula

Salah satu alasan mengapa pisang sering disebut-sebut dalam berita utama adalah karena kandungan gula per porsinya lebih tinggi dibandingkan buah-buahan lainnya. Hal ini menimbulkan kesalahpahaman bahwa pisang sebaiknya dihindari karena kandungan gulanya.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Kebahagiaan Sampai Umurnya Tua

Gula alami dalam buah-buahan seperti pisang berbeda dengan tambahan gula yang Anda campurkan ke dalam resep saat membuat kue. Gula buah dikemas dengan nutrisi lain, seperti serat, vitamin, dan mineral, sedangkan gula tambahan hanyalah gula dan kalori tanpa manfaat nutrisi.

Selain itu, pisang tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah Anda secara dramatis dibandingkan dengan makanan manis. Pertimbangkan untuk memadukan pisang dengan sesendok selai kacang atau segenggam almond untuk membuat camilan yang lebih mengenyangkan dan seimbang.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)