9 Cara Mengatasi Stres Akibat Tekanan Batin, Dijamin Hidup Kembali Bahagia

Sabtu 13 Januari 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk mengatasi stres karena tekanan batin. (Sumber : pexels.com/@Karolina Grabowska)

Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk mengatasi stres karena tekanan batin. (Sumber : pexels.com/@Karolina Grabowska)

SUKABUMIUPDATE.com - Stres merupakan bagian dari kehidupan. Namun, jika stres tidak dikelola dengan baik, dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental. Stres yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan tekanan batin.

Tekanan batin adalah perasaan cemas, khawatir, atau lelah yang disebabkan oleh tekanan hidup. Tekanan batin dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti masalah pekerjaan, keuangan, hubungan, atau kesehatan.

Jika Anda merasa mengalami tekanan batin, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, yaitu:

Baca Juga: 9 Tanda Anak Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Yuk Bunda Kenali

1. Istirahat

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Ketika Anda lelah, Anda akan lebih mudah stres. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malam untuk mengatasi stres karena tekanan batin.

2. Liburan

Liburan dapat membantu Anda untuk melepaskan diri dari stres dan penat. Luangkan waktu untuk pergi berlibur, entah itu ke luar kota, ke pantai, atau sekadar jalan-jalan di sekitar rumah.

3. Menenangkan Pikiran

Cobalah untuk menenangkan pikiran Anda dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang Anda sukai, seperti membaca, mendengarkan musik, atau bermeditasi. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi stres akibat tekanan batin agar bisa hidup bahagia.

Baca Juga: Ingatlah 10 Hal Ini Saat Kamu Sedang Putus Asa dan Ingin Menyerah

4. Menonton Hiburan

Menonton hiburan dapat membantu Anda untuk rileks dan melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang mengganggu. Pilihlah hiburan yang Anda sukai, seperti menonton film, mendengarkan musik, atau bermain game.

5. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatasi stres. Olahraga dapat membantu Anda untuk melepaskan hormon endorfin, yang dapat meningkatkan suasana hati. Luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari.

6. Bicara dengan Orang yang Dipercaya

Berbicara dengan orang yang Anda percayai dapat membantu Anda untuk merasa lebih lega. Bicarakan tentang apa yang Anda rasakan dan mintalah dukungan dari mereka. Dengan menceritakannya, setidaknya Anda bisa lebih lega dan tidak terbebani.

Baca Juga: Lakukan 10 Hal Ini Dalam Hidup, Dijamin Kamu Akan Disegani dan Dihormati Orang Lain

7. Rileksasi

Ada banyak teknik relaksasi yang dapat membantu Anda untuk mengatasi stres, seperti yoga, meditasi, atau latihan pernapasan. Pilihlah teknik relaksasi yang Anda sukai dan lakukan secara rutin.

8. Minum Teh

Teh herbal tertentu, seperti teh chamomile, dapat membantu Anda untuk rileks dan mengurangi stres. Anda dapat menambahkan madu atau lemon ke dalam teh untuk menambah rasa.

9. Bersosialisasi

Bersosialisasi dengan orang lain dapat membantu Anda untuk merasa lebih terhubung dan mengurangi stres akibat tekanan batin. Luangkan waktu untuk bertemu dengan teman, keluarga, atau bergabung dengan komunitas yang Anda sukai.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Kepribadian Orang yang Lahir di Bulan Januari, Baik dan Humoris!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 08:21 WIB

Dokter Masuk Kampung, Puskesmas Parungkuda Jemput Bola Layani Kesehatan Masyarakat

Kegiatan Dokter Masuk Kampung Puskesmas Parungkuda Sukabumi ini dilakukan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat sesuai instruksi dari Bupati.
Pelayanan dokter masuk kampung di Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Life09 Mei 2024, 08:00 WIB

Punya Daya Tarik dan Karismatik, 10 Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif

Orang-orang yang memiliki banyak energi positif sering menjadi sumber inspirasi bagi orang lain dan membawa dampak positif dalam lingkungan mereka.
Ilustrasi - Punya Daya Tarik dan Karismatik Termasuk Ciri Orang Memiliki Banyak Energi Positif (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Food & Travel09 Mei 2024, 07:00 WIB

Simpel dan Mudah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi

Air rebusan ketumbar dapat dikonsumsi secara teratur untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, terutama untuk meredakan masalah pencernaan, meredakan nyeri sendi, dan memberikan efek detoksifikasi pada tubuh.
Ilustrasi. Mudah Dibuat di Rumah, Cara Membuat Air Rebusan Ketumbar untuk Meredakan Nyeri Sendi (Sumber : Instagram/@sweet.deeva)
Science09 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 9 Mei 2024, Sukabumi Berpotensi Cerah dari Pagi Hingga Dini Hari

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Kamis 9 Mei 2024. | Pixabay/
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).