Kesehatan Mental: 10 Makanan yang Membantu Tingkatkan Mood dan Kurangi Stres

Minggu 14 Januari 2024, 11:00 WIB
Ilustrasi - Makanan yang kita konsumsi dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan suasana hati kita karena nutrisi dan kesehatan mental (Sumber : pexels.com/@destiawan nur agustra).

Ilustrasi - Makanan yang kita konsumsi dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan suasana hati kita karena nutrisi dan kesehatan mental (Sumber : pexels.com/@destiawan nur agustra).

SUKABUMIUPDATE.com - Mungkin Anda bertanya apakah pola makan dan nutrisi merupakan rahasia untuk meningkatkan kesehatan mental kita? Jawabannya adalah ya! Makanan yang kita konsumis dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan suasana hati kita karena nutrisi dan kesehatan mental berkaitan erat.

Saat Anda mengetahui cara mengonsumsi makanan yang tepat untuk kesehatan mental, Anda tidak hanya dapat mengatasi stres dan kecemasan dengan lebih baik, tetapi Anda juga dapat meningkatkan kesejahteraan mental Anda secara keseluruhan.

Ada makanan tertentu yang tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan mental kita, tetapi juga membantu mengatasi masalah kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi, serta terapi. Mari kita cari tahu makanan apa yang dapat membantu Anda dalam perjalanan menuju kesehatan mental.

Baca Juga: 9 Tanda Anak Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Yuk Bunda Kenali

Makanan padat nutrisi yang kaya vitamin dan mineral dapat membantu meningkatkan suasana hati, meningkatkan fungsi kognitif, dan mengurangi risiko masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Berikut adalah daftar 10 makanan luar biasa untuk peningkatan kesehatan mental yang akan membantu Anda merasa lebih baik, lebih bahagia, dan lebih sehat, dihimpun via themindsjournal.

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, bayam, dan sawi kaya akan folat, vitamin B yang telah terbukti membantu mengurangi gejala depresi. Folat membantu memproduksi neurotransmiter seperti serotonin, yang penting untuk mengatur suasana hati. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau secara teratur dapat membantu memastikan Anda mendapatkan cukup folat dalam makanan Anda.

Baca Juga: 12 Teh Herbal yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mental

Penelitian menunjukkan bahwa sayuran berdaun hijau “ dapat meningkatkan tingkat optimisme dan kemanjuran diri, serta mengurangi tingkat tekanan psikologis, ambiguitas, ” dan mencegah gejala depresi. Ini pasti salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan mood Anda.

2. Ikan Salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 , yang terbukti membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Omega-3 penting untuk kesehatan otak dan dapat membantu mengatur neurotransmiter yang memengaruhi suasana hati.

Mengonsumsi salmon atau ikan berlemak lainnya dua hingga tiga kali seminggu dapat membantu meningkatkan asupan omega-3. Para peneliti menyatakan bahwa “ asam lemak omega-3 terbukti sangat efektif melawan pengobatan gangguan depresi berat dan gangguan kejiwaan lainnya .”

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Mengalami Lelah Batin, Kamu Termasuk Salah Satunya?

3. Buah Beri

Buah beri seperti blueberry, stroberi, dan raspberry mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu mengurangi peradangan di otak. Peradangan telah dikaitkan dengan depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Menambahkan buah beri ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan otak.

Para ahli telah menemukan bahwa konsumsi flavonoid, sekelompok zat alami yang ditemukan dalam buah-buahan seperti blueberry, dapat membantu meningkatkan suasana hati dan emosi positif, serta mencegah disforia dan depresi, bahkan pada anak-anak.

4. Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang mete, kenari , dan almond kaya akan serat, protein, dan lemak sehat yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Mereka juga kaya akan magnesium, mineral yang terbukti membantu mengurangi gejala depresi. Menambahkan segenggam kacang ke dalam makanan Anda setiap hari dapat membantu meningkatkan asupan lemak dan protein sehat.

Baca Juga: 8 Cara Membaca Bahasa Tubuh Orang yang Iri Pada Kita, Lihat Sikapnya!

5. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, dan oat kaya akan serat sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah. Fluktuasi kadar gula darah dapat mempengaruhi suasana hati dan tingkat energi. Mengonsumsi biji-bijian secara teratur dapat membantu menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan mood.

6. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mengurangi peradangan. Ia juga tinggi vitamin E, nutrisi yang telah terbukti membantu meningkatkan fungsi kognitif. Menambahkan alpukat ke dalam makanan Anda dapat membantu meningkatkan asupan lemak sehat dan meningkatkan kesehatan otak.

7. Cokelat Hitam

Cokelat hitam kaya akan antioksidan dan dapat membantu mengurangi peradangan di otak. Ia juga kaya akan magnesium dan dapat membantu meningkatkan mood. Mengonsumsi sedikit coklat hitam setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi gejala depresi.

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Sulit Mendapatkan Kebahagiaan Sampai Umurnya Tua


Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat hitam dengan kandungan kakao 85% dapat membantu meningkatkan mood pada orang dewasa yang sehat. Ini pasti salah satu makanan terlezat untuk kesehatan mental.

8. Yogurt

Yogurt kaya akan probiotik , yaitu bakteri menguntungkan yang hidup di usus. Penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Mengonsumsi yogurt secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan mental.

9. Kunyit dan Kurkumin

Kunyit merupakan rempah yang tinggi antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi. Faktanya, mengonsumsinya secara rutin ternyata bisa membantu meringankan gejala kecemasan dan depresi. Menambahkan kunyit ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan mental.

Baca Juga: 11 Ciri Anak Introvert yang Harus Dipahami Orang Tua, Tak Hanya Pendiam

Kurkumin , senyawa fenolik yang merupakan komponen aktif utama dalam bumbu kunyit , memiliki efek antidepresan dan sangat baik untuk pengobatan depresi. “ Kurkumin menunjukkan tindakan neuroprotektif pada penyakit Alzheimer, tardive dyskinesia, depresi berat, epilepsi, dan gangguan neurodegeneratif dan neuropsikiatri terkait lainnya ,” jelas sebuah penelitian . Ini adalah salah satu makanan yang membantu meningkatkan mood.

10. Teh Hijau

Teh hijau adalah makanan paling menenangkan untuk kesehatan mental. Ini tinggi antioksidan dan telah terbukti membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Ia juga mengandung L-theanine, asam amino yang dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan fungsi kognitif. Minum teh hijau secara rutin dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres.

Peneliti menyatakan bahwa konsumsi teh hijau setiap hari bermanfaat untuk meningkatkan mood depresi. Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa “ Antioksidan makanan seperti polifenol teh hijau atau asupan isoflavonoid berhubungan negatif dengan depresi atau gejala depresi. ”

Dengan membuat perubahan kecil pada pola makan dan mengonsumsi makanan yang meningkatkan suasana hati dan energi, Anda dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental secara signifikan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi07 Mei 2024, 21:10 WIB

Tingkatkan Minat Baca Pelajar, Diarpus Sukabumi Optimalkan Peran Pusling UPP Surade

Lewat Perpustakaan Keliling atau Pusling, Diarpus Kabupaten Sukabumi melalui UPP Surade gencar melakukan upaya peningkatan minat baca pelajar di Pajampangan.
Para murid SDN 1 Cibodas Cibitung Sukabumi sambut antusias Perpustakaan Keliling (Pusling) UPP Surade. (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari

Awas! Inilah Kebiasaan Sepele yang Membuat Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari.
Ilustrasi. Kurang Tidur, Pola Hidup yang Bisa Membahayakan Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels.com/CottonbroStudio)
Keuangan07 Mei 2024, 20:45 WIB

Antusiasme Tinggi, Pendaftaran Tahara di BPR Kalapanunggal Sukabumi Diperpanjang

Pendaftaran rekening Tahara di Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal telah diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2024.
Kepala Seksi Umum Administrasi dan Keuangan BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, Susan Irawati, menunjukan brosur Tahara. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola07 Mei 2024, 20:30 WIB

Misi Raih Tiket Olimpiade Paris 2024: Shin Tae-yong Berharap Kebugaran Pemain Terjaga

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea.
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong ingin kebugaran pemain terjaga jelang lawan Guinea. (Sumber : pssi.org).
Sukabumi07 Mei 2024, 20:24 WIB

Perumdam TJM Perbaiki Pipa Bocor akibat Terlilit Akar Pohon di Parungkuda Sukabumi

Perumdam TJM Sukabumi Cabang Parakansalak melakukan perbaikan pada pipa distribusi utama berukuran 4 inci yang bocor akibat terlilit akar pohon.
Perbaikan pipa milik Perumdam TJM yang bocor akibat terlilit akar pohon mahoni di Parungkuda Sukabumi, Selasa (7/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi07 Mei 2024, 20:07 WIB

Tak Diberi Minuman Gratis, 2 Pemuda Mabuk Aniaya Penjual Jamu di Sukaraja Sukabumi

Berikut kronologi dan motif dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu di Sukaraja Sukabumi. Kedua pelaku kini sudah diringkus polisi.
Tempat kejadian perkara dua pemuda mabuk aniaya pria tua penjual jamu yang berada di Sukaraja Sukabumi (Sumber : Istimewa)
Life07 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi, Ampuh!

Begini Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. Yuk Praktekkan!
Ilustrasi - Cara Menagih Hutang dengan Baik Agar Tidak Memutus Silaturahmi. (Sumber : Pexels/fauxels)
Sehat07 Mei 2024, 19:45 WIB

Teh Hijau: Manfaatnya untuk Meningkatkan Umur Panjang, Kolesterol dan Mengelola Gula Darah

Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda.
Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).
Life07 Mei 2024, 19:30 WIB

Bisa Bunda Terapkan,Inilah 5 Alasan Orang Tua Membesarkan Anak Tanpa Hukuman

alasan orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, orang tua membesarkan anak tanpa hukuman, membesarkan anak tanpa hukuman.
Ilustrasi membesarkan anak tanpa hukuman (Sumber : pexels.com/@Harrison Haines)
Life07 Mei 2024, 19:15 WIB

Terapkan Yuk Bund, 5 Aktivitas Fisik Untuk Balita Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Menjaga balita Anda tetap aktif secara fisik dan terhibur bukanlah hal yang mudah.
Ilustrasi aktivitas fisik balita (Sumber : pexels.com /@Tatiana Syrikova)