Bantu Hilangkan Stres! Ini 10 Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan

Selasa 09 Januari 2024, 09:00 WIB
Ilustrasi -Biasanya berlangsung selama 20-30 menit. Tidur siang dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production.)

Ilustrasi -Biasanya berlangsung selama 20-30 menit. Tidur siang dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production.)

SUKABUMIUPDATE.com - Tidur siang biasanya berlangsung selama 20 menit hingga 30 menit, dan dapat terjadi kapan saja sepanjang hari, tetapi paling umum terjadi selepas pukul 12.00.

Namun tidur siang tidak hanya sekedar mengurangi rasa lelah. Tidur siang mungkin mendapat kesan buruk, tetapi tampaknya hal itu sama sekali tidak beralasan. Faktanya, ada banyak sekali manfaat tidur siang bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Dihimpun via sleepopolis, berikut adalah manfaat dari tidur siang untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 12 Teh Herbal yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Mental

1. Menambal Kurang Tidur

Banyak orang yang kurang tidur, entah itu disebabkan oleh insomnia, jadwal sibuk, atau faktor luar seperti polusi suara. Efek dari kurang tidur dapat berupa mudah tersinggung, mental kabur, lesu, dan bahkan meningkatnya kepekaan terhadap rasa sakit. Tidur siang dapat membantu mengganti jam tidur malam yang hilang, mengurangi gejala-gejala ini, dan meningkatkan perasaan istirahat.

2. Membantu Anda Tetap Selaras Dengan Jam Tubuh Alami Anda

Tubuh manusia secara alami mengalami rasa lelah di sore hari, namun banyak dari kita yang merasa terlalu sibuk atau merasa bersalah karena tidur siang. Namun dengan mengikuti ritme alami tubuh dan tidur siang saat lelah, Anda mungkin akan menjadi lebih produktif setelahnya.

3. Meningkatkan Suasana Hati

Mereka yang menderita depresi sering kali mengalami gejala yang memburuk saat kualitas tidurnya rendah. Tapi semua orang bisa memanfaatkan manfaat tidur siang yang bisa meningkatkan suasana hati. Tidur siang dapat meningkatkan produksi neurotransmitter serotonin, yang dikenal sebagai “hormon bahagia”.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Mental Apabila Dikonsumsi

4. Meningkatkan Kewaspadaan

Bahkan sesuatu yang tampaknya sepele seperti menutup mata selama dua puluh menit dapat memberikan dorongan langsung dan kuat terhadap kewaspadaan dan keterampilan motorik Anda. Setelah melakukannya, Anda dapat merasakan aliran energi dan kejernihan. Melakukan apa yang dikenal sebagai “tidur siang NASA” selama 26 menit telah terbukti meningkatkan kewaspadaan sebesar 54%.

5. Menghilangkan Stres

Tidur siang dapat meningkatkan produksi hormon yang menghambat bahan kimia tertentu yang disebabkan oleh stres. Hal ini dapat membantu meminimalkan ketegangan tubuh dan mental, yang pada gilirannya membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini, tidur siang ditemukan memiliki efek positif pada kadar norepinefrin, “hormon stres” yang dikaitkan dengan peningkatan detak jantung, tekanan darah, dan gula darah dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong, Yuk Kenali Tandanya!

6. Meningkatkan Prestasi Kerja

Sejumlah orang yang sangat sukses adalah orang yang suka tidur siang seperti Winston Churchill, Bill Clinton, Albert Einstein, dan Margaret Thatcher semuanya adalah pendukung besar tidur siang. Dan perusahaan-perusahaan Google telah memperkenalkan “nap pod” untuk memungkinkan karyawan mereka istirahat sejenak saat bekerja. Waktu yang dihabiskan untuk tidur dapat diperoleh kembali dengan mudah melalui peningkatan produktivitas setelahnya.

7. Mengurangi Kecemasan

Selain manfaat fisik yang jelas, tidur siang juga merupakan peristirahatan psikologis dari kekhawatiran dan stres sepanjang hari. Seringkali mengambil tindakan dapat bertindak sebagai “putusan” dari kehidupan di mana seseorang dapat memperoleh kejelasan dan jarak dari masalah. Hal ini juga dapat membantu seseorang kembali menghadapi masalah dengan tekad dan gagasan baru.

8. Meningkatkan Konsentrasi

Para peneliti di Universitas Harvard telah menemukan bahwa otak menggunakan tidur untuk menyegarkan kembali sirkuit saraf yang digunakan dalam konsentrasi, yang tidak hanya meningkatkan memori keterampilan dan kompetensi yang baru diperoleh, namun memungkinkan mereka bekerja lebih baik setelah tidur. Ini berarti setelah tidur siang, apa yang baru-baru ini dipelajari telah terkonsolidasi, dan otak lebih mampu memusatkan seluruh fokusnya pada tugas-tugas berikutnya.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong, Yuk Kenali Tandanya!

9. Bantuan Memori

Penelitian telah menemukan bahwa tidur siang mempunyai dampak yang sangat positif pada memori jangka pendek. Siswa diberi informasi, dan siswa yang segera tidur siang setelahnya mempertahankan apa yang telah mereka pelajari sekitar 10% lebih baik. Yang lebih menarik lagi, ketika diuji dalam interval dua dan lima hari, retensi informasi tetap sama tingginya. Siswa yang tidak tidur siang juga kurang dapat mengingat informasi dalam beberapa hari mendatang.

10. Berpotensi Membantu Migrain

Sebuah penelitian menemukan bukti yang menjanjikan bahwa tidur siang adalah cara untuk melawan sakit kepala karena tegang. Selain itu, kurang tidur atau kurang tidur dapat menjadi pemicu migrain dan sakit kepala, dan tidur siang mungkin merupakan cara yang berguna untuk mengatasi hal ini. Dan sebuah penelitian yang dilaporkan sendiri menunjukkan bahwa tidur siang merupakan mekanisme penanggulangan yang potensial bagi mereka yang sering menderita migrain dan sakit kepala karena tegang .

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 21:30 WIB

Sembunyi Saat Bertemu Orang Baru, Kenali 7 Perilaku Umum Anak Usia 2 Tahun

Anak usia dua tahun menunjukkan emosinya dengan cara yang cukup aneh. Pelajari cara memecahkan kode tujuh perilaku umum balita.
Ilustrasi. Perilaku umum anak 2 tahun. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 21:22 WIB

Kapolres Sukabumi Ajak Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia Vs Uzbekistan, Ini Lokasinya

Dukung Timnas masuk Final, Polres Sukabumi gelar nobar semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan.
Timnas Indonesia U-23 lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai kalahkan Korea Selatan. (Sumber : Dok. AFC)
Life28 April 2024, 21:00 WIB

10 Kebiasaan Positif yang Membuat Anda Dihargai Orang Lain

Ayo Lakukan Sederet Kebiasaan Positif Berikut yang Bisa Membuat Hidupmu Dihargai oleh Orang Lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Positif yang Membuat Seseorang Dihargai oleh Orang Lain. (Sumber : Pexels/HuyPhan)
Life28 April 2024, 20:30 WIB

Tanggapi Segera, Begini 10 Cara Untuk Menghentikan Balita yang Suka Menggigit

Balita seringkali menggigit jika mereka merasa marah, tidak nyaman, hingga mengekspresikan perasaannya. Namun jangan dibiarkan dan hentikan dengan cara ini.
Ilustrasi. Tips menghentikan balita yang suka menggigit. Sumber : Freepik/@kreasi orang
Life28 April 2024, 20:04 WIB

7 Rutinitas Sederhana yang Bisa Menenangkan Hati Serta Pikiran Lebih Rileks dan Damai

Beberapa rutinitas rupanya bisa digunakan sebagai media menenangkan hati dan pikiran dari potensi kegelisahan, stres dan lain sejenisnya.
Ilustrasi. Rutinitas yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Sound On
Life28 April 2024, 20:00 WIB

Jangan Diremehkan, Ini 6 Dampak Buruk Jika Sering Meneriaki Anak!

Berteriak memang sering terjadi, namun para ahli berbagi alasan mengapa hal tersebut tidak menghasilkan perilaku yang Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat bereaksi.
Ilustrasi. Dampak buruk meneriaki anak. Sumber : Freepik/@8photo
Science28 April 2024, 19:56 WIB

Bukan Megathrust, Ini Fakta-fakta Gempa M6,2 di Laut Garut Menurut BMKG

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menghimpun sembilan fakta gempa yang berpusat di Samudra Hindia tersebut.
Episenter gempa kuat di laut Garut. (Sumber : BMKG)
Life28 April 2024, 19:30 WIB

10 Cara Mendisiplinkan Anak Balita, Salah Satunya Perkenalkan Konsekuensi

Kunci untuk menjadikan anak disiplin efektif adalah konsistensi dan tindak lanjut dengan konsekuensi yang sesuai dengan usia jika mereka melanggar aturan.
Ilustrasi. Bermain. Ketahui cara mendisiplinkan anak balita. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)