7 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Mentah, Jangan Takut Bau Mulut!

Sabtu 13 Januari 2024, 08:00 WIB
Ilustrasi - Bawang putih adalah bahan makanan yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bawang putih dapat dikonsumsi dalam berbagai cara untuk mendapatkan manfaatnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi - Bawang putih adalah bahan makanan yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bawang putih dapat dikonsumsi dalam berbagai cara untuk mendapatkan manfaatnya. (Sumber : Freepik.com/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Bawang putih adalah tanaman umbi-umbian dari genus Allium, juga dikenal dengan sebutan garlic dalam bahasa Inggris. Tanaman ini banyak digunakan sebagai bumbu masak dan juga memiliki berbagai khasiat kesehatan.

Menurut Ariana Lutzi, ND, naturopath dan salah satu pendiri Paix Medicine, bawang putih adalah salah satu makanan sehat yang paling mudah didapat (belum lagi harganya terjangkau). “Bawang putih kaya akan nutrisi dan menambah rasa yang kuat pada hidangan apa pun. Bawang putih paling ampuh jika digunakan dalam bentuk mentah,” kata Lutzi.

Mengonsumsi bawang putih mentah atau tidak dimasak adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan manfaat sebenarnya. Artinya, lain kali Anda memasak, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menambahkan satu (atau dua) siung bawang putih mentah ke dalam resep yang tidak melibatkan panas misalnya saus, salad, atau sambel.

Baca Juga: 9 Tanda Anak Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Yuk Bunda Kenali

Lantas, berapa siung bawang putih per hari untuk mendapatkan manfaatnya?

Studi menunjukkan bahwa jumlah optimal bawang putih mentah yang harus Anda konsumsi sehari adalah sekitar satu hingga dua siung untuk mendapatkan manfaat maksimal tanpa efek samping yang tidak diinginkan (seperti bau badan atau mulas).

Namun jika mengonsumsi bawang putih mentah membuat perut Anda sakit, penelitian yang sama menunjukkan bahwa mengonsumsi ramuan tersebut dalam bentuk lain termasuk bawang putih allicin, ekstrak bawang putih, siung bawang putih, kapsul bawang putih, dan suplemen dapat memberikan beberapa manfaat yang sama juga.

Dihimpun via wellandgood, berikut adalah manfaat dari menonsumsi bawang putih mentah untuk kesehatan.

Baca Juga: 10 Ciri Kamu Memiliki Kepribadian Ambivert, Kombinasi Ekstrovert dan introvert

1. Bawang Putih Baik untuk Kesehatan Kognitif Anda

Salah satu manfaat bawang putih mentah adalah mengandung vitamin dan mineral penting , termasuk vitamin B6, mangan, selenium, vitamin C, zat besi, kalium, dan tembaga. Kombinasi pembangkit tenaga listrik ini sangat baik untuk fungsi kognitif: Vitamin B6 dan magnesium keduanya terkait dengan meningkatkan suasana hati dan meningkatkan kesehatan otak.

2. Membantu Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh yang Sehat

Bawang putih adalah sumber vitamin C yang baik, yang dikaitkan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut USDA, sekitar tiga siung bawang putih mengandung sekitar tiga miligram vitamin C. Untuk penambah kekebalan yang lebih gurih daripada jeruk, masukkan bawang putih mentah ke dalam makanan Anda.

3. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

Bawang putih mengandung allyl sulfides, senyawa anti-inflamasi dan pelawan kanker yang berpotensi membantu memperlambat laju pertumbuhan sel kanker. Terlebih lagi, sifat anti-inflamasinya membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

Baca Juga: Ingatlah 10 Hal Ini Saat Kamu Sedang Putus Asa dan Ingin Menyerah

4. Baik untuk Hati Anda

Jika Anda bertanya-tanya, “Apakah bawang putih baik untuk hati” jawabannya sederhana: Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat melindungi hati dari beberapa racun. Pada gilirannya, hati yang berfungsi dengan baik membantu tubuh mengeluarkan racun dengan lebih efisien, yang sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

5. Dapat Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut ahli gizi klinis dan chiropractor, Vikki Petersen, CCN, DC, dan CFMP , mengonsumsi bawang putih secara teratur dikaitkan langsung dengan manfaat kesehatan jantung.

Bawang putih telah lama dikenal mampu menurunkan kolesterol dan menormalkan tekanan darah , kata Petersen. “Selain itu, efek anti-inflamasinya memberikan manfaat besar dalam mengurangi risiko pembunuh nomor satu kita, penyakit jantung .”

Baca Juga: Lakukan 10 Hal Ini Dalam Hidup, Dijamin Kamu Akan Disegani dan Dihormati Orang Lain

6. Dapat Membantu Melindungi Terhadap Osteoporosis

Seiring bertambahnya usia, risiko osteoporosis meningkat, terutama pada wanita. Dr Petersen mengatakan ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat membantu melindungi terhadap penyakit tersebut.

“Bawang putih dapat meningkatkan kadar estrogen pada wanita memasuki masa menopause, masa ketika tulang paling berisiko terkena osteoporosis. Beberapa penelitian juga menunjukkan bawang putih memperlambat efek osteoartritis, ” ujarnya. Meskipun studi pendahuluan cukup menjanjikan, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengonfirmasi hubungan ini.

7. Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit

Meskipun Anda mungkin tidak ingin menggosokkan bawang putih ke seluruh tubuh Anda, mengonsumsi bawang putih dapat memberikan manfaat bagi kulit Anda dari dalam ke luar . Sifat antibakteri dan antijamur bawang putih dapat membantu mengatasi jerawat, dan manfaat antiinflamasi secara umum membantu meningkatkan sirkulasi secara keseluruhan, termasuk memberikan nutrisi ke kulit Anda dengan cara yang lebih efisien, kata Dr. Petersen.

Bawang putih adalah antibiotik alami dan mengandung sifat meningkatkan kekebalan tubuh karena aspek antibakteri, antivirus, antijamur, dan antiseptiknya, semuanya berkat senyawa allicin yang kaya akan bawang putih. Ia menambahkan, bawang putih allicin juga bersifat anti inflamasi dan kaya antioksidan yang baik untuk kulit.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science07 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 7 Mei 2024, Sukabumi Cerah dari Pagi Hingga Malam

Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi
Ilustrasi. Prakiraan cuaca tanggal 7 Mei 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi. | Foto: Pixabay/yeskay1211
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku