11 Ciri Anak Introvert yang Harus Dipahami Orang Tua, Tak Hanya Pendiam

Kamis 11 Januari 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi - Orang Tua harus memahami ciri anak introvert yang bukan hanya soal pendiam dan suka menyendiri. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)

Ilustrasi - Orang Tua harus memahami ciri anak introvert yang bukan hanya soal pendiam dan suka menyendiri. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)

SUKABUMIUPDATE.com - Introvert merupakan salah satu tipe kepribadian yang ditandai dengan kebutuhan akan waktu sendiri demi memulihkan energi. Anak introvert sering kali lebih suka menghabiskan waktunya sendiri, baik untuk bermain, belajar, atau melakukan kegiatan lainnya.

Mereka juga cenderung lebih pendiam dan pemalu, serta kurang menyukai keramaian. Namun, tidak semua anak introvert sulit bergaul. Ada juga anak introvert yang memiliki kemampuan sosial yang baik dan mampu menjalin hubungan dengan teman-temannya. Akan tetapi, secara umum anak introvert memang lebih cenderung pendiam dan suka menyendiri.

Mereka lebih nyaman berada di lingkungan yang tidak terlalu ramai dan lebih suka menghabiskan waktunya sendiri atau bersama orang-orang yang dekat dengannya. Anak introvert mungkin terlihat lebih pendiam atau tidak tertarik untuk bersosialisasi.

Baca Juga: 10 Ciri Kamu Memiliki Kepribadian Ambivert, Kombinasi Ekstrovert dan introvert

Namun, mereka memiliki cara tersendiri untuk mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan orang lain. Mereka mungkin lebih suka berbicara satu lawan satu atau bergabung dengan kelompok kecil. Mereka juga mungkin lebih suka mengungkapkan diri melalui tulisan, seni, atau musik.

Berikut adalah 11 ciri anak introvert yang harus dipahami oleh orang tua.

1. Suka Menyendiri

Anak introvert lebih suka menghabiskan waktunya sendiri, baik di rumah, di sekolah, maupun di tempat lain. Mereka mungkin lebih suka bermain sendiri, membaca buku, atau mengerjakan tugas sendirian.

Baca Juga: 9 Tanda Anak Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Yuk Bunda Kenali

2. Memiliki Sedikit Teman

Anak introvert sering kali hanya memiliki beberapa teman dekat. Mereka mungkin merasa nyaman dengan kelompok kecil teman, atau bahkan hanya dengan satu teman.

3. Mudah Lelah Setelah Bersosialisasi

Anak introvert sering kali merasa lelah setelah bersosialisasi. Mereka mungkin membutuhkan waktu untuk sendirian untuk memulihkan energi mereka.

4. Suka Menghabiskan Waktu di Dalam Ruangan

Anak introvert lebih suka menghabiskan waktu di dalam ruangan daripada di luar ruangan. Mereka mungkin lebih suka bermain di kamar mereka, membaca buku, atau menonton TV.

Baca Juga: 11 Tanda Hubungan yang Tidak Bahagia Meskipun Saling Mencintai

5. Suka Merenung

Ketika di sekolah mungkin anak introvert sering kali suka merenung dan memikirkan hal-hal yang mendalam. Mereka mungkin lebih suka menghabiskan waktu sendirian untuk memikirkan pikiran dan perasaan mereka.

6. Mudah Tersinggung

Dalam beberapa kasus mungkin anak introvert lebih mudah tersinggung daripada anak ekstrovert. Mereka mungkin merasa tidak nyaman dengan keramaian atau suara yang keras.

7. Tertarik pada Hal-hal yang Bersifat Abstrak

Anak introvert lebih tertarik pada hal-hal yang bersifat abstrak, seperti filosofi, seni, atau musik. Mereka mungkin kurang tertarik pada hal-hal yang bersifat praktis atau realistis.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Kepribadian Orang yang Lahir di Bulan Januari, Baik dan Humoris!

Hal ini dikarenakan anak introvert lebih suka berpikir tentang hal-hal yang tidak dapat diamati secara langsung. Mereka mungkin lebih tertarik pada hal-hal yang lebih kompleks dan tidak memiliki jawaban yang pasti.

8. Suka Belajar

Anak introvert umumnya suka belajar. Mereka mungkin lebih tertarik pada hal-hal yang bersifat akademis atau intelektual. Hal ini dikarenakan anak introvert lebih menyukai kegiatan yang bersifat individual dan membutuhkan fokus yang tinggi. Mereka mungkin lebih nyaman untuk belajar sendirian daripada di kelas.

9. Memiliki Kemampuan Fokus yang Tinggi

Anak introvert memiliki kemampuan fokus yang tinggi. Mereka mungkin lebih mudah untuk berkonsentrasi pada satu hal tertentu. Hal ini dikarenakan anak introvert lebih mudah untuk memblokir gangguan dari lingkungan sekitar. Mereka mungkin lebih nyaman untuk belajar atau mengerjakan tugas di lingkungan yang tenang.

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Pribadi Introvert Terlihat Menarik di Mata Orang Lain

10. Menyukai Kegiatan yang Bersifat Individual

Anak introvert lebih menyukai kegiatan yang bersifat individual, seperti membaca, menulis, atau bermain game. Mereka mungkin kurang tertarik dengan kegiatan yang bersifat berkelompok.

11. Menyukai Lingkungan yang Tenang

Meskipun di sekolah cenderung ramai, tapi anak dengan pribadi introvert lebih menyukai lingkungan yang tenang dan tidak terlalu ramai. Mereka mungkin merasa terganggu oleh kebisingan atau keramaian hingga lebih senang menyendiri saat di sekolah.

Jika Anda memiliki anak introvert, penting untuk memahami kebutuhan dan kepribadiannya. Berikan anak Anda ruang dan waktu untuk menyendiri, tetapi juga dorong mereka untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong, Yuk Kenali Tandanya!

Berikan mereka kesempatan untuk terlibat dalam kegiatan yang mereka sukai, baik itu kegiatan individual maupun kelompok.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment18 Juli 2024, 14:30 WIB

Sukses Foto Selfie Seminggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun

Sukses melaksanakan challenge foto selfie selama satu minggu karena teaser film Heartbreak Motel tembus 100.000 ribu viewers, artis Laura Basuki mengaku ingin rehat satu tahun untuk berselfie.
Sukses Foto Selfie Satu Minggu, Laura Basuki Ingin Rehat Berselfie Satu Tahun (Sumber : X@/LauraBas)
Sukabumi18 Juli 2024, 14:11 WIB

Sambut HCS 2024, Disperkim Sukabumi Percantik Taman-taman di Palabuhanratu

Menjelang pelaksanaan Healthy Cities Summit (HCS) 2024 yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi terus melakukan berbagai persiapan
Taman Bappeda di Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Internasional18 Juli 2024, 14:00 WIB

Tuai Kecaman! Perancis Larang Atlet Wanita Muslim Mereka Pakai Hijab di Olimpiade Paris 2024

Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi - Prancis larang atlet wanita Muslim mereka untuk memakai hijab di Olimpiade Paris 2024. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic).
Nasional18 Juli 2024, 13:47 WIB

Forum Zakat Ungkapkan Tiga Tantangan Besar Tata Kelola Zakat di Indonesia

Ketua Forum Zakat yakni Bambang Suherman mengatakan, ada tiga tantangan besar sebagai lembaga zakat yang harus dikelola dengan sungguh-sungguh.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi bersama Ketua Zakat Nasional, Bambang Suherman. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:36 WIB

BPBD Kota Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Lansia 90 Tahun Korban Kebakaran

Bantuan langsung diserahkan kepada korban setelah peristiwa kebakaran terjadi.
Petugas BPBD Kota Sukabumi saat menangani bencana kebakaran di Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sukabumi18 Juli 2024, 13:31 WIB

Hati-hati Goweser, Maling Bermobil Angkut Sepeda Warga Sukabumi Saat di Masjid

i Sukabumi sepeda MTB (mountain bike) milik warga Kalapanunggal raib digondol maling bermobil, Kamis subuh (18/7/2024).
Maling sepeda di Kalapanunggal Sukabumi (Sumber: CCTV)
Entertainment18 Juli 2024, 13:30 WIB

Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil

Usai menggugat cerai, artis Kimberly Ryder kini melaporkan suaminya Edward Akbar ke Polres Metro Jakarta Selatan terkait adanya dugaan penggelapan mobil.
Usai Gugat Cerai, Kimberly Ryder Laporkan Suaminya Atas Dugaan Penggelapan Mobil (Sumber : Instagram@/kimbrlyryder)
Sukabumi18 Juli 2024, 13:22 WIB

Wabup Kunjungi Kemenkes RI untuk Persiapan Healthy City Summit 2024 di Sukabumi

Kunjungan Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dengan tujuan utama mengekspos persiapan penyelenggaraan acara Healthy City Summit (HCS) ke-6
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat mengunjungi Kemenkes RI dalam rangka persiapan HSC 2024 | Foto : Dokpim
Life18 Juli 2024, 13:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Seseorang Cepat Sukses

Ada beberapa kebiasaan sederhana orang sukses yang sering mereka lakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa kebiasaan sederhana orang sukses yang sering mereka lakukan. (Sumber : Freepik.com)
Entertainment18 Juli 2024, 12:30 WIB

Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto

Rumah mewah rapper asal Kanada, Drake terendam banjir usai daerah Toronto mengalami hujan badai dahsyat yang terjadi pada Selasa, 16 Juli 2024, waktu setempat.
Rumah Mewah Drake Terkena Banjir Akibat Hujan Badai di Toronto (Sumber : Instagram/@champagnepapi)