TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

WHO: Hampir 1 dari 10 Orang di Dunia Sakit karena Makanan Ini!

Administrator
Penulis
Rabu 21 Sep 2022, 21:30 WIB
WHO: Hampir 1 dari 10 Orang di Dunia Sakit karena Makanan Ini!

SUKABUMIUPDATE.com - Makanan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap manusia, jika makanan tidak ada maka tubuh manusia tidak mendapat asupan energi. Selain itu makanan yang baik adalah makanan yang memiliki gizi yang cukup dan makanan yang tidak mengandung bakteri, virus, parasit atau zat kimia berbahaya.

Dilansir dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia WHO, Penyakit yang terkandung di makananan yang tidak baik sering kali memiliki sifat menular atau beracun dikarenakan kandungan pada makanan tersebut memiliki bakteri, virus, parasit atau zat kimia. Akibat dari zat kimia dapat menyebabkan keracunan atau penyakit jangka panjang seperti kanker. Selain itu makanan dapat menyebabkan kecacaran dan kematian jangka panjang. Berikut adalah contoh bahaya makanan yang yang dikutip dari laman resmi WHO.

1.Bakteri

Salmonella, Campylobacter dan enterohaemorrhagic Escherichia coli adalah beberapa patogen bawaan makanan yang paling umum yang mempengaruhi jutaan orang setiap tahun, kadang-kadang dengan hasil yang parah dan fatal. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, mual, muntah, sakit perut dan diare. Makanan yang terlibat dalam wabah salmonellosis termasuk telur, unggas dan produk lain yang berasal dari hewan. Kasus bawaan makanan dengan Campylobacter terutama disebabkan oleh susu mentah, unggas mentah atau setengah matang, dan air minum. Enterohaemorrhagic Escherichia coli dikaitkan dengan susu yang tidak dipasteurisasi, daging yang kurang matang, serta buah dan sayuran segar yang terkontaminasi.

Infeksi Listeria dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil atau kematian bayi yang baru lahir. Meskipun kejadian penyakit relatif rendah, konsekuensi kesehatan Listeria yang parah dan terkadang fatal, terutama di antara bayi, anak-anak dan orang tua, termasuk di antara infeksi bawaan makanan yang paling serius. Listeria ditemukan dalam produk susu yang tidak dipasteurisasi dan berbagai makanan siap saji dan dapat tumbuh pada suhu pendingin.

Vibrio cholerae dapat menginfeksi manusia melalui air atau makanan yang terkontaminasi. Gejala mungkin termasuk sakit perut, muntah dan diare berair yang banyak, yang dengan cepat menyebabkan dehidrasi parah dan mungkin kematian. Beras, sayuran, bubur millet dan berbagai jenis makanan laut telah terlibat dalam wabah kolera.

Antimikroba, seperti antibiotik, sangat penting untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, termasuk patogen bawaan makanan. Namun, penggunaan yang berlebihan dan penyalahgunaan dalam kedokteran hewan dan manusia telah dikaitkan dengan munculnya dan penyebaran bakteri resisten, membuat pengobatan penyakit menular tidak efektif pada hewan dan manusia.

2. Virus

Beberapa virus dapat ditularkan melalui konsumsi makanan. Norovirus adalah penyebab umum infeksi bawaan makanan yang ditandai dengan mual, muntah, diare berair dan sakit perut. Virus hepatitis A juga dapat ditularkan melalui makanan dan dapat menyebabkan penyakit hati yang bertahan lama dan menyebar biasanya melalui makanan laut mentah atau setengah matang atau produk mentah yang terkontaminasi.

Baca Juga :

3.Parasit

Beberapa parasit, seperti trematoda yang dibawa ikan, hanya ditularkan melalui makanan. Lainnya, misalnya cacing pita seperti Echinococcus spp, atau Taenia spp, dapat menginfeksi orang melalui makanan atau kontak langsung dengan hewan. Parasit lain, seperti Ascaris, Cryptosporidium, Entamoeba histolytica atau Giardia , memasuki rantai makanan melalui air atau tanah dan dapat mencemari produk segar.


Administrator
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini