9 Fakta Menarik Titik Balik Matahari Juni, Lingkaran Arktik memiliki Siang Hari 24 Jam

Kamis 20 Juni 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).

Ilustrasi - Pada titik balik matahari Juni, belahan bumi utara mengalami siang hari terpanjang dan malam terpendek. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).

SUKABUMIUPDATE.com - Titik balik matahari, atau solstis, adalah momen dalam setahun ketika matahari mencapai posisi paling utara atau paling selatan relatif terhadap khatulistiwa langit. Ada dua titik balik matahari dalam setahun: titik balik matahari musim panas dan titik balik matahari musim dingin.

Titik balik matahari akan terjadi di salah satu belahan bumi ketika belahan bumi ini miring paling dekat dengan Matahari dan menerima siang hari secara maksimal.

Kapan itu titik balik matahari terjadi? Di belahan bumi utara, titik balik matahari musim panas akan terjadi pada tanggal 20 Juni 2024. Sementara di Belahan Bumi Selatan akan terjadi pada 21 Desember 2024.

Baca Juga: Titik Balik Matahari 20-22 Juni 2024: Siang Terpanjang dan Malam Terpendek dalam Setahun

Titik balik matahari musim panas menandai hari pertama musim panas dalam istilah astronomi. Pada waktu tersebut, kita mengalami siang terpanjang dan malam terpendek.

Berikut adalah beberapa fakta menarik dari titik balik matahari Juni 2024, dihimpun dari laman timeanddate.

1. Titik Balik Matahari Musim Panas & Musim Dingin

Bagian belahan Bumi Utara yang merupakan hari terpanjang dalam setahun saat siang hari, ini juga disebut sebagai titik balik matahari musim panas. Sebaliknya, pada belahan Bumi Selatan, ini adalah hari terpendek dalam setahun dan dikenal sebagai titik balik matahari musim dingin.

2. Titik Balik Matahari Pertama Tahun Ini Pada Bulan Juni

Titik balik matahari terjadi dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Namun titik balik matahari bulan Juni terjadi sekitar tanggal 21 Juni, saat Matahari tepat berada di atas Tropic of Cancer. Lalu titik balik matahari bulan Desember terjadi sekitar tanggal 21 Desember. Pada hari tersebut, Matahari tepatnya berada di atas Garis Balik Selatan (Tropic of Capricorn).

3. Matahari Tampak Seperti Berhenti

Titik balik matahari berasal dari kata Latin sol yang berarti Matahari dan sistere yang berarti berhenti atau berhenti. Pada hari titik balik matahari bulan Juni, Matahari mencapai posisi paling utara jika dilihat dari Bumi.

Pada saat itu, puncaknya tidak bergerak ke utara atau selatan seperti pada hari-hari lainnya dalam setahun, namun tetap berada di Tropic of Cancer. Ia kemudian berbalik arah dan mulai bergerak ke selatan lagi.

Hal sebaliknya terjadi pada titik balik matahari bulan Desember, Matahari mencapai posisi paling selatan di langit Tropic of Capricorn dan berhenti, lalu berbalik arah ke utara.

4.Terjadi Pada Saat Yang Sama

Secara teknis diseluruh dunia, titik balik matahari bulan Juni adalah waktu yang tepat ketika Matahari berada tepat di atas Garis Balik Utara. Pada tahun 2024, ini terjadi pada tanggal 20 Juni pukul 20:50 UTC (Coordinated Universal Time).

5. Terjadi pada Tanggal 20, 21, atau 22 Juni 2024

Meskipun kebanyakan orang menganggap tanggal 21 Juni sebagai tanggal titik balik matahari bulan Juni, hal ini dapat terjadi kapan saja antara tanggal 20 Juni dan 22 Juni.

Titik balik matahari tanggal 22 Juni jarang terjadi, namun titik balik matahari tanggal 22 Juni dalam waktu UTC terjadi pada tahun 1975 dan tidak akan ada titik balik matahari pada tanggal 22 Juni hingga akan terjadi lagi sampai tahun 2203.

6. Saat Bumi Terjauh dari Matahari

Orang mungkin berpikir bahwa karena belahan bumi utara sedang musim panas, Bumi berada paling dekat dengan Matahari selama titik balik matahari bulan Juni. Tapi justru sebaliknya.

Bumi sebenarnya berada terjauh dari Matahari pada waktu-waktu ini. Faktanya, Bumi akan berada pada Aphelionnya beberapa minggu setelah titik balik matahari bulan Juni.

Jarak Bumi dari Matahari mempunyai pengaruh yang sangat kecil terhadap Musim di Bumi. Sebaliknya, kemiringan sumbu rotasi bumi yang bersudut sekitar 23,4 derajat lah yang menciptakan musim.

Arah kemiringan Bumi tidak berubah selama Bumi mengorbit Matahari dan kedua belahan bumi selalu mengarah ke arah yang sama di ruang angkasa. Yang berubah seiring orbit Bumi mengelilingi Matahari adalah posisi belahan bumi terhadap Matahari.

Belahan Bumi Utara menghadap ke Matahari selama titik balik matahari bulan Juni, sehingga mengalami musim panas. Belahan Bumi Selatan condong menjauhi Matahari dan karenanya menikmati musim dingin pada saat ini.

7. Matahari Terbit Paling Awal Tahun Ini Tidak Terjadi di Wilayah Lain

Meskipun titik balik matahari bulan Juni adalah hari terpanjang di Belahan Bumi Utara, sebagian besar tempat tidak melihat matahari terbit paling awal pada hari ini. Matahari terbit paling awal terjadi beberapa hari sebelumnya, dan matahari terbenam paling akhir terjadi beberapa hari setelah titik balik matahari bulan Juni.

Di Belahan Bumi Selatan, di mana hari tersebut menandai titik balik matahari musim dingin, matahari terbenam paling awal terjadi beberapa hari sebelum titik balik matahari, dan matahari terbit terakhir terjadi beberapa hari setelahnya.

Hal ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara waktu yang diukur menggunakan jam dan waktu yang diukur dengan jam matahari.

8. Bukan Hari Terpanas dalam Setahun

Faktanya, hari terpanas dalam setahun di Belahan Bumi Utara biasanya terjadi beberapa minggu atau terkadang beberapa bulan setelah titik balik matahari. Hal ini karena lautan dan daratan membutuhkan waktu untuk memanas, sehingga suhu udara menjadi lebih tinggi. Fenomena ini disebut dengan penundaan atau ketertinggalan musim.

9. Lingkaran Arktik memiliki 24 Jam Saat Siang Hari

Titik balik matahari bulan Juni adalah satu-satunya hari dalam setahun ketika semua lokasi di dalam Lingkaran Arktik mengalami periode siang hari terus menerus selama 24 jam. Namun karena pembiasan atmosfer, matahari tengah malam terlihat selama beberapa hari sebelum dan pada titik balik matahari bulan Juni dari wilayah sejauh 60 mil (97 kilometer) selatan Lingkaran Arktik.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Science23 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 23 Juli 2024, Termasuk Wilayah Bogor, Cianjur dan Sukabumi

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024.
Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Selasa 23 Juli 2024. (Sumber : Freepik/timolina)
DPRD Kab. Sukabumi22 Juli 2024, 23:24 WIB

Dewan Andri Dorong Percepatan Pelepasan Lahan Curug Puncak Manik Sukabumi

Andri Hidayana dorong percepatan pelepasan lahan Curug Puncak Manik di Ciemas Sukabumi. Ini alasannya
Curug Puncak Manik Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi22 Juli 2024, 23:19 WIB

Kang Dedi Mulyadi dan Deden Deni Silaturahmi dengan Para Istri Kades Se Sukabumi

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi, Deden Deni Wahyudin mengkonfirmasi kehadiran Kang Dedi Mulyadi dalam acara tersebut merupakan bagian rangkaian dari kegiatan Saba Desa yang dilaksanakan ke kabupat
Dedi Mulyadi dan Deden Deni Wahyudin bersilaturahmi dengan para istri kepala desa se Sukabumi | Foto : Ist
Bola22 Juli 2024, 21:54 WIB

Persib Bandung Kalah Tipis 0-1 dari Borneo FC di Piala Presiden 2024

Persib Bandung harus mengakui keunggulan Borneo FC 0-1 pada laga kedua Grup A Piala Presiden 2024.
Gelandang Persib Bandung, Mateo Kocijan dikepung pemain Borneo FC pada pertandingan Grup A Piala Presiden 2024, Senin, 22 Juli 2024. (Sumber Foto: PERSIB.co.id)
Sukabumi22 Juli 2024, 21:38 WIB

Bertemu Wabup, Pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix Bahas Investasi di Sukabumi

Wakil Bupati Sukabumi sekaligus Bakal Calon Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bertemu fungsionaris pengurus pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Jimmy Hendrix
Wabup Sukabumi Iyos Somantri bertemu pengurus HIPMI Jabar Jimmy Hendrix, Minggu (21/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 21:10 WIB

Relawan Dapil I Sukabumi Siapkan Iyos Menang 80 Persen di Pilkada

Sebagai penasehat Koordinator Relawan Dapil 1, ia menyatakan bahwa pihaknya siap memenangkan Iyos dengan target 80 persen suara.
Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somnatri dan Penasehat Relawan Dapil I Reddy Santosa | Foto : Ist
Sukabumi22 Juli 2024, 21:10 WIB

Ini Ciri Mobil Pelaku Tabrak Lari yang Tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi

Polisi masih kesulitan mengidentifikasi pelaku tabrak lari yang tewaskan Surtini di Parungkuda Sukabumi.
Wanita diduga ODGJ jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Kecantikan22 Juli 2024, 21:00 WIB

Apa Itu Skin Tone? Cek Jenis, Cara Menentukan & Contoh Warnanya Agar Lebih PD!

Memahami skin tone penting dalam berbagai konteks, seperti memilih makeup, pakaian, dan aksesori yang paling sesuai.
Ilustrasi. Skin tone bisa bervariasi dari sangat terang hingga sangat gelap, dan memiliki berbagai macam undertone yang berpengaruh pada bagaimana warna terlihat pada kulit. (Sumber : Pexels/Monstera Production)
Life22 Juli 2024, 20:30 WIB

6 Kebiasaan yang Selalu Dilakukan Orang Sukses Setiap Malam

Melakukan kebiasaan-kebiasaan ini setiap malam, orang sukses mampu menjaga keseimbangan hidup, meningkatkan produktivitas, dan meraih tujuan mereka dengan lebih efektif.
Ilustrasi - Kebiasaan Orang Sukses di Malam Hari yang Dapat Kamu Tiru. (Sumber : Freepik.com/@freepik)
Sukabumi Memilih22 Juli 2024, 20:21 WIB

Akhirnya, Gerindra dan PPP Sepakati Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Partai Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah bertemu dan menyepakati satu nama yang akan diusung sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Sukabumi
Jajaran DPC Gerindra dan DPC PPP bertemu untuk menyepakati pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi | Foto : Dok,Sukabumiupdate