TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Gunung Semeru Erupsi: Apa Perbedaan Gunung Meletus dan Erupsi?

Masih banyak yang bingung dengan istilah erupsi dan meletus yang kerap dialami gunung api seperti Gunung Semeru

Penulis
Senin 5 Des 2022, 07:01 WIB

Gunung Semeru mengalami erupsi pada Minggu, 4 Desember 2022 | Foto: AFP

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami peningkatan aktivitas vulkanik pada Minggu, 4 Desember 2022. Gunung tertinggi di Pulau Jawa itu memuntahkan awan panas guguran (APG) pada Minggu sejak pukul 02.46 WIB.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan setinggi kurang lebih 1.500 meter di atas puncak.

Terlepas dari aktivitas vulkanik Gunung Semeru yang meningkat. Masih banyak orang yang merasa bingung dengan istilah Erupsi dan meletus yang kerap dialami gunung api aktif. Lantas apa beda erupsi dengan gunung meletus? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Tempat Para Dewa Hingga Tanjakan Cinta, Deretan Misteri Gunung Semeru yang Terkenal

Melansir dari Suara.com, Istilah erupsi dan meletus yang dialami gunung api memiliki arti yang sama. Kedua kata itu menggambarkan aktivitas gunung berapi dalam mengeluarkan material dari perut bumi yang bisa berupa lava, abu, dan gas, serta material lainnya.

Semua material itu keluar karena disebabkan adanya pergerakan magma akibat kuatnya tekanan gas dari dalam bumi secara terus menerus. Tekanan yang terjadi terus menerus ini mendorong magma keluar.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), erupsi artinya letusan gunung api, semburan sumber minyak dan uap panas. Terdapat dua macam erupsi yakni erupsi eksplosif dan erupsi efusif.

Baca Juga: Gunung Semeru Berstatus Awas, 1.979 Jiwa Mengungsi Akibat Awan Panas Guguran

1. Erupsi eksplosif

Erupsi yang ditandai dengan adanya suara keras. Suara tersebut seperti dentuman keras. Dentuman ini menyebabkan masyarakat sering menyebutnya dengan gunung meletus.

Erupsi Eksplosif umumnya disertai tekanan tinggi yang membuat material terlontar tinggi ke angkasa.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x