Tempat Para Dewa Hingga Tanjakan Cinta, Deretan Misteri Gunung Semeru yang Terkenal

Minggu 04 Desember 2022, 20:01 WIB
(Ilustrasi) Gunung Semeru selain terkenal dengan keindahannya juga terkenal dengan kisah misteri-misterinya | Foto: Unplash/Ibnu Al Rasyid

(Ilustrasi) Gunung Semeru selain terkenal dengan keindahannya juga terkenal dengan kisah misteri-misterinya | Foto: Unplash/Ibnu Al Rasyid

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Hari ini Minggu (4/12/2022), gunung tertinggi di Pulau Jawa itu memuntahkan Awan Panas Guguran (APG) sejak pukul 02.46 WIB.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan setinggi kurang lebih 1.500 meter di atas puncak.

Aktivitas erupsi Gunung Api Semeru itu terekam di seismograf dengan aplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.

Baca Juga: Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran Sejauh 7 Kilometer

Menurut Kementerian ESDM, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), yang dikutip dari situs resmi BNPB, sumber awan panas guguran itu berasal dari tumpukan di ujung lidah lava yang berada sekitar 800 meter dari puncak atau Kawah Jonggring Seloko.

Dibalik aktivitas vulkaniknya itu, seperti kebanyakan gunung lain di Indonesia, Mahameru menyimpan sederet misteri yang terkenal di kalangan pendaki dan warga sekitar.

Mengutip laman merbabu.com, menurut kepercayaan kebanyakan masyarakat Jawa terutama masyarakat Suku Tengger yang ditulis pada kitab kuno abad 15, Pulau Jawa dulunya mengambang di lautan luas dan dipermainkan ombak kesana-kemari.

Baca Juga: Proses Lahirnya Gunung Merapi, Salah Satu Gunung Api Paling Aktif di Dunia

Kemudian para Dewa memutuskan untuk memaku Pulau Jawa dengan cara memindahkan Gunung Meru yang berada di India ke atas Pulau Jawa.

Dewa Wisnu menjelma menjadi seekor kura-kura raksasa menggendong gunung itu di punggungnya, sementara Dewa Brahma menjelma menjadi ular panjang yang membelitkan tubuhnya pada gunung dan badan kura-kura sehingga gunung itu dapat diangkut dengan aman.

Mulanya Dewa-Dewa itu meletakkan gunung Meru itu di atas bagian pertama pulau yang mereka temui, yaitu di bagian barat. Tetapi berat gunung itu mengakibatkan ujung pulau bagian timur terangkat ke atas.

Baca Juga: 7 Fakta Mauna Loa, Gunung Api Aktif Terbesar di Dunia yang Meletus

Karena itu para Dewa kemudian memindahkannya ke bagian timur pulau tetapi masih tetap miring, dan akhirnya mereka memutuskan untuk memotong sebagian dari gunung itu dan menempatkannya di bagian barat laut.

Penggalan ini membentuk Gunung Pawitra, yang sekarang dikenal dengan nama Gunung Pananggungan, dan bagian utama dari Gunung Meru, tempat bersemayam Dewa Shiwa, sekarang dikenal dengan nama Gunung Semeru. Pada saat Sang Hyang Siwa datang ke pulau jawa dilihatnya banyak pohon Jawawut, sehingga pulau tersebut dinamakan Jawa.

Selain itu, ada pula misteri Gunung Semeru yang sudah beredar luas terutama di kalangan para pendaki gunung.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Gunung Salak, Salah Satu Gunung Api Aktif di Jawa Barat

Dikutip dari laman superlive.id, ada beberapa misteri Mahameru yang masih banyak orang dipercaya hingga sekarang.

1. Tempat Dewa

Puncak Gunung Semeru dianggap sebagai singgasana di mana para dewa bertahta. Kepercayaan itu berasal dari masyarakat suku Tengger yang mayoritas beragama Hindu.

Masyarakat sekitar rutin melakukan upacara Kasada sendiri merupakan salah satu tradisi turun temurun dari suku Tengger yang dimaksudkan untuk mengirimkan persembahan pada para dewa penguasa Semeru dan gunung-gunung sekitar kawasan tersebut.

Baca Juga: Wajah Baru Bagalbatre, Spot di Pantai Ujunggenteng Sukabumi

2. Kelik

Kelik menjadi salah satu spot yang berada di Semeru. Lokasinya persis sebelum masuk areal tanjakan pasir atau tepatnya berada di atas Arcopodo dan di bawah Cemoro Tunggal. Kelik disebut menjadi tempat paling rawan yang ada di salah satu gunung terindah ini.

Selain lokasinya yang hanya beberapa meter dari Blank 75 yang terkenal sebagai zona sangat berbahaya di gunung Semeru. Hal yang membuat Kelik sangat rawan adalah letaknya yang sempit di antara dua jurang.

3. Pakunya Pulau Jawa

Ada sebuah legenda zaman dahulu kala yang mengatakan bahwa Gunung Semeru digunakan oleh para dewa untuk membuat tanah Jawa supaya stabil.

Baca Juga: Tips Memilih Tenda Untuk Kamu Pecinta Camping, Jangan Asal Pilih Ya!

Untuk itulah kemudian para dewa menggunakan Gunung Semeru sebagai pakunya. Ini adalah sebuah legenda yang menarik namun cukup bertentangan dengan ilmu pengetahuan modern.

4. Mitos Tanjakan Cinta

Misteri paling terkenal selanjutnya yaitu Tanjakan Cinta. Dipercaya, jika siapa saja yang dapat melewati jalan menanjak yang disebut ‘Tanjakan Cinta’ ini tanpa istirahat hingga ke puncak di tepian Oro-Oro Ombo, maka kisah cintanya akan berjalan mulus.

Namun, siapa pun yang melewati Tanjakan Cinta dengan terpaksa dan harus berhenti karena kelelahan, maka kisah cintanya akan penuh dengan perjuangan.

Itu dia sederet misteri Gunung Semeru yang terkenal. Banyak yang mempercayai misteri-misteri itu dan tak sedikit juga yang menganggapnya hanya mitos belaka, itu semua kembali pada keyakinan masing-masing.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Game26 Februari 2024, 23:49 WIB

Cake Resume Quiz Lagi Viral, Ini Cara Bermain dan Ikuti Tesnya

Cake Resume Quiz sedang viral di media sosial. Tes ini akan mengungkapkan kepribadian dan pekerjaan apa yang cocok untuk anda. Berikut linknya.
Tampilan Utama dari Cake Resume Quiz yang Viral. Sumber Foto: Website/ooopenlab.cc
Nasional26 Februari 2024, 23:40 WIB

Sandiaga Uno Isyaratkan PPP Tak Menutup Opsi Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengaku akan sangat terhormat jika diajak membangun bangsa di Kabinet Pemerintahan yang baru.
Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno saat kampanye di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/12/2023) sore. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment26 Februari 2024, 23:03 WIB

Profil dan Fakta Andryan Gama Suami dari Youtuber Nessie Judge

Youtuber Nessie Judge mengumumkan pernikahannya dengan Andryan Gama pada Minggu (25/2/2024). Hal tersebut membuat Nerrorist terkejut.
Andryan Gama dan Nessie Judge ketika Pernikahan berlangsung pada Minggu (25/2/2024) di Alila SCBD Jakarta. Sumber Foto: Instagram/@thebridestory
Sukabumi26 Februari 2024, 22:54 WIB

PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Peresmian ini dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung).
Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Produk26 Februari 2024, 22:19 WIB

Harga Beras Mahal, Diskumindag Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Beralih ke SPHP

Di tengah mahalnya harga beras premium, Diskumindag pastikan stok beras di Kota Sukabumi aman untuk satu bulan kedepan.
Gelaran operasi pasar murah Beras SPHP di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (26/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi26 Februari 2024, 21:43 WIB

Cerita Emak-emak Sukabumi Antri Demi Beras Murah, Pulang Dengan Tangan Kosong

Tingginya antusiasme warga membuat stok beras SPHP sebanyak 30 ton yang diperuntukan untuk warga Desa Karang Tengah Cibadak tidak mencukupi. Sejumlah emak-emak hanya bisa pasrah dan pulang dengan tangan kosong
Warga mengantri beras murah di Desa Karang Tengah Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Bola26 Februari 2024, 21:00 WIB

Kembali ke Si Jalak Harupat, Mark Klok Bertekad Kembali ke Jalur Kemenangan

Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana
Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana | Foto: Instagram/@marcklok
Sukabumi26 Februari 2024, 20:58 WIB

12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Belasan siswa SMK di Sukabumi diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi untuk dibina gegara diduga terlibat dalam rencana aksi tawuran antarpelajar.
Para siswa SMK sedang diamankan di Polsek Sukaraja Mapolres Sukabumi Kota pada Senin (26/2/2024) karena diduga hendak terlibat tawuran. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi26 Februari 2024, 20:08 WIB

Idap Penyakit Langka, Bayi Asal Pabuaran Sukabumi Dibawa Ke RS Bunut

Bayi penderita penyakit langka, Muhamad Ismail Ishak (3 bulan) anak kedua dari pasangan suami istri Ejen (52 tahun) dengan Yuyun (46 tahun) asal Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi segera ditangani.
Kemensos RI Phala Martha bersama Forkopimcam di Puskesmas Pabuaran mendampingi Balita yang idap penyakit langka | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel26 Februari 2024, 19:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cianjur, Rekreasi Sambil Naik Kereta

Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi
Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi (Sumber : via kereta-api.info)