Tempat Para Dewa Hingga Tanjakan Cinta, Deretan Misteri Gunung Semeru yang Terkenal

Minggu 04 Desember 2022, 20:01 WIB
(Ilustrasi) Gunung Semeru selain terkenal dengan keindahannya juga terkenal dengan kisah misteri-misterinya | Foto: Unplash/Ibnu Al Rasyid

(Ilustrasi) Gunung Semeru selain terkenal dengan keindahannya juga terkenal dengan kisah misteri-misterinya | Foto: Unplash/Ibnu Al Rasyid

SUKABUMIUPDATE.com - Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik. Hari ini Minggu (4/12/2022), gunung tertinggi di Pulau Jawa itu memuntahkan Awan Panas Guguran (APG) sejak pukul 02.46 WIB.

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah tenggara dan selatan setinggi kurang lebih 1.500 meter di atas puncak.

Aktivitas erupsi Gunung Api Semeru itu terekam di seismograf dengan aplitudo maksimum 35 mm dan durasi 0 detik.

Baca Juga: Gunung Semeru Muntahkan Awan Panas Guguran Sejauh 7 Kilometer

Menurut Kementerian ESDM, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), yang dikutip dari situs resmi BNPB, sumber awan panas guguran itu berasal dari tumpukan di ujung lidah lava yang berada sekitar 800 meter dari puncak atau Kawah Jonggring Seloko.

Dibalik aktivitas vulkaniknya itu, seperti kebanyakan gunung lain di Indonesia, Mahameru menyimpan sederet misteri yang terkenal di kalangan pendaki dan warga sekitar.

Mengutip laman merbabu.com, menurut kepercayaan kebanyakan masyarakat Jawa terutama masyarakat Suku Tengger yang ditulis pada kitab kuno abad 15, Pulau Jawa dulunya mengambang di lautan luas dan dipermainkan ombak kesana-kemari.

Baca Juga: Proses Lahirnya Gunung Merapi, Salah Satu Gunung Api Paling Aktif di Dunia

Kemudian para Dewa memutuskan untuk memaku Pulau Jawa dengan cara memindahkan Gunung Meru yang berada di India ke atas Pulau Jawa.

Dewa Wisnu menjelma menjadi seekor kura-kura raksasa menggendong gunung itu di punggungnya, sementara Dewa Brahma menjelma menjadi ular panjang yang membelitkan tubuhnya pada gunung dan badan kura-kura sehingga gunung itu dapat diangkut dengan aman.

Mulanya Dewa-Dewa itu meletakkan gunung Meru itu di atas bagian pertama pulau yang mereka temui, yaitu di bagian barat. Tetapi berat gunung itu mengakibatkan ujung pulau bagian timur terangkat ke atas.

Baca Juga: 7 Fakta Mauna Loa, Gunung Api Aktif Terbesar di Dunia yang Meletus

Karena itu para Dewa kemudian memindahkannya ke bagian timur pulau tetapi masih tetap miring, dan akhirnya mereka memutuskan untuk memotong sebagian dari gunung itu dan menempatkannya di bagian barat laut.

Penggalan ini membentuk Gunung Pawitra, yang sekarang dikenal dengan nama Gunung Pananggungan, dan bagian utama dari Gunung Meru, tempat bersemayam Dewa Shiwa, sekarang dikenal dengan nama Gunung Semeru. Pada saat Sang Hyang Siwa datang ke pulau jawa dilihatnya banyak pohon Jawawut, sehingga pulau tersebut dinamakan Jawa.

Selain itu, ada pula misteri Gunung Semeru yang sudah beredar luas terutama di kalangan para pendaki gunung.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Gunung Salak, Salah Satu Gunung Api Aktif di Jawa Barat

Dikutip dari laman superlive.id, ada beberapa misteri Mahameru yang masih banyak orang dipercaya hingga sekarang.

1. Tempat Dewa

Puncak Gunung Semeru dianggap sebagai singgasana di mana para dewa bertahta. Kepercayaan itu berasal dari masyarakat suku Tengger yang mayoritas beragama Hindu.

Masyarakat sekitar rutin melakukan upacara Kasada sendiri merupakan salah satu tradisi turun temurun dari suku Tengger yang dimaksudkan untuk mengirimkan persembahan pada para dewa penguasa Semeru dan gunung-gunung sekitar kawasan tersebut.

Baca Juga: Wajah Baru Bagalbatre, Spot di Pantai Ujunggenteng Sukabumi

2. Kelik

Kelik menjadi salah satu spot yang berada di Semeru. Lokasinya persis sebelum masuk areal tanjakan pasir atau tepatnya berada di atas Arcopodo dan di bawah Cemoro Tunggal. Kelik disebut menjadi tempat paling rawan yang ada di salah satu gunung terindah ini.

Selain lokasinya yang hanya beberapa meter dari Blank 75 yang terkenal sebagai zona sangat berbahaya di gunung Semeru. Hal yang membuat Kelik sangat rawan adalah letaknya yang sempit di antara dua jurang.

3. Pakunya Pulau Jawa

Ada sebuah legenda zaman dahulu kala yang mengatakan bahwa Gunung Semeru digunakan oleh para dewa untuk membuat tanah Jawa supaya stabil.

Baca Juga: Tips Memilih Tenda Untuk Kamu Pecinta Camping, Jangan Asal Pilih Ya!

Untuk itulah kemudian para dewa menggunakan Gunung Semeru sebagai pakunya. Ini adalah sebuah legenda yang menarik namun cukup bertentangan dengan ilmu pengetahuan modern.

4. Mitos Tanjakan Cinta

Misteri paling terkenal selanjutnya yaitu Tanjakan Cinta. Dipercaya, jika siapa saja yang dapat melewati jalan menanjak yang disebut ‘Tanjakan Cinta’ ini tanpa istirahat hingga ke puncak di tepian Oro-Oro Ombo, maka kisah cintanya akan berjalan mulus.

Namun, siapa pun yang melewati Tanjakan Cinta dengan terpaksa dan harus berhenti karena kelelahan, maka kisah cintanya akan penuh dengan perjuangan.

Itu dia sederet misteri Gunung Semeru yang terkenal. Banyak yang mempercayai misteri-misteri itu dan tak sedikit juga yang menganggapnya hanya mitos belaka, itu semua kembali pada keyakinan masing-masing.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik26 April 2024, 18:02 WIB

Selain IU, Inilah Daftar Idol K-Pop yang Akan Menggelar Konser di Indonesia

Selain IU, ada beberapa idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. Tentu saja mereka akan memberikan penampilan terbaik untuk penggemarnya.
NCT Dream, aespa, TREASURE, Babymonster, adalah idol K-pop yang akan menggelar konser di Indonesia pada tahun 2024. ( Sumber Foto: instagram @/aespa_official, @/nct_dream, @/yg_treasure_official,/ @/babymonster_ygofficial )
Life26 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Setiap Hari Usai Sholat, 5 Doa Mohon Diberikan Keselamatan

Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan.
Ilustrasi - Ketika berdoa untuk keselamatan, Anda menyerahkan segala urusan kepada Allah SWT, dan menerima apapun takdir yang diberikan. (Sumber : unplash/@Masjid MABA)
Sukabumi26 April 2024, 17:44 WIB

Emak-emak Viral Maksa Minta Sedekah Terciduk Kembali ke Sukabumi

Emak-emak viral maksa minta sedekah terciduk kembali meresahkan warga Baros Sukabumi. Polisi dan kelurahan langsung turun tangan.
Petugas kepolisian saat mengadang emak-emak viral maksa minta sedekah yang kembali berulah di Baros Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Opini26 April 2024, 17:00 WIB

Kebangkitan Timnas U-23: Inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia

Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Sukabumi Ayep Zaki nilai kebangkitan Timnas U-23 inspirasi untuk Sukabumi dan Indonesia.
Ayep Zaki bicara prestasi gemilang Timnas Indonesia U-23 yang lolos semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Istimewa)
Musik26 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Inilah Full Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral: Wahai Cinta Beri Pertanda.
Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini yang Viral di TikTok. Foto : YouTube/TiaraAndini
Life26 April 2024, 16:30 WIB

6 Kebiasaan Penting yang Melatih Diri Jadi Penyabar dalam Hidup, Ini Kuncinya

Kebiasaan tertentu akan melatih diri menjadi pribadi yang penyabar ketimbang emosian, baperan (bawa perasaan) dan marah-marah dalam kehidupan ini.
Ilustrasi. Orang Sabar. Kebiasaan penting yang melatih diri jadi penyabar. Sumber foto : Pixabay/Alena Darmel
Sukabumi26 April 2024, 16:25 WIB

Rumah Tak Layak Huni Popon Guru Honorer di Waluran Sukabumi Dibedah Bupati

Rumah tak layak huni Popon guru honorer asal Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati.
Rumah Popon guru honorer di Waluran Sukabumi dirobohkan untuk dibangun kembali oleh Bupati. (Sumber : Istimewa)
Bola26 April 2024, 16:00 WIB

Prediksi RANS Nusantara vs Persija Jakarta di Liga 1: H2H, Susunan Pemain, dan Skor Akhir

RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1.
RANS FC akan menjalani laga hidup mati saat melawan Persija, demi menjaga asa tetap di Liga 1. (Sumber : X/@persija/rans.nusantara).
Life26 April 2024, 15:30 WIB

6 Didikan Orang Tua yang Membuat Pola Pikir Anak Semakin Dewasa, Ini Rahasianya

Anak akan memiliki pola pikir dewasa ketika orang tuanya mengajarkan beberapa hal penting sudah semenjak belia. Ini penting untuk pertumbuhan seorang anak kelak.
Ilustrasi. Didikan yang membuat pola pikir anak dewasa. Sumber Foto : Pexels/RDNE Stock Project
Musik26 April 2024, 15:15 WIB

Konser Dua Hari di Indonesia, Berikut Profil dan Daftar Lagu Milik Penyanyi IU

IU akan menggelar konser bertajuk H.E.R selama dua hari di Indonesia. Penggemar menyambut antusias kedatangan penyanyi tersebut sampai tiketnya langsung sold out dan menambah kursi.
IU yang akan menggelar konser H.E.R selama dua hari pada tanggal 27-28 April 2024 di ICE BSD, Tangerang. (Sumber Foto: Instagram /@ dlwlrma)