Benarkah Bisa Memperpanjang Umur? Ini 5 Manfaat Lari Setiap Hari Bagi Kesehatan

Jumat 07 Juni 2024, 20:45 WIB
Ilustrasi manfaat lari setiap hari bagi kesehatan sampai bisa membuat umur panjang (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)

Ilustrasi manfaat lari setiap hari bagi kesehatan sampai bisa membuat umur panjang (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)

SUKABUMIUPDATE.com - Menjadi salah satu latihan kardio terbaik, lari dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan fisik dan mental, menunda penuaan dini, dan kualitas hidup yang lebih baik.

Manfaat lari bagi kesehatan tentunya perlu Anda ketahui, mengingat rutinitas murah meriah ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang ingin sehat.

Tanpa perlu ke gym, melakukan lari setiap hari dan menjadi rutinitas ternyata juga berpengaruh sangat baik bagi kesehatan, terutama melatih tubuh agar tetap bugar.

Dikutip dari healthshots.com, berikut 5 manfaat lari setiap hari bagi kesehatan yang patut Anda ketahui:

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

1. Dapat Membantu Memperpanjang Umur

Salah satu manfaat paling signifikan dari berlari setiap hari adalah potensinya bisa membantu memperpanjang umur.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa berlari, bahkan selama 5-10 menit sehari dalam kecepatan lambat, dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dini secara signifikan karena semua penyebab, termasuk penyakit kardiovaskular.

Pasalnya, lari dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan menurunkan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu, yang pada akhirnya berkontribusi pada hidup lebih lama dan lebih sehat.

2. Membakar Kalori

Lari adalah cara terbaik untuk membakar kalori dan menjaga berat badan tetap sehat. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology, berlari secara teratur dikaitkan dengan berat badan yang lebih rendah, lingkar pinggang lebih kecil, dan risiko obesitas lebih rendah.

Dengan melakukan aktivitas aerobik intensitas tinggi ini, Anda dapat mengatur nafsu makan, mengurangi lemak perut, dan memperlancar penurunan berat badan. Selain itu, berlari meningkatkan laju metabolisme, yang berarti terus membakar kalori bahkan saat sedang istirahat.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

3. Memperkuat Tulang dan Persendian

Bertentangan dengan kesalahpahaman bahwa lari merusak persendian, berlari teratur justru dapat memperkuat tulang dan persendian Anda seiring berjalannya waktu. Gerakan berulang saat melakukan olahraga ini bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

Lari jangka panjang dikaitkan dengan kepadatan mineral tulang yang lebih tinggi, terutama pada tulang yang menahan beban, seperti lutut, pergelangan kaki, dan pinggul di tubuh bagian bawah.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lari merupakan latihan kardiovaskular yang ampuh memperkuat otot jantung, meningkatkan sirkulasi darah, dan menurunkan tekanan darah.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh American College of Cardiology, seorang pelari reguler memiliki resiko kematian dari segala sebab sebanyak 29 persen lebih rendah, bisa jauh kematian akibat penyakit jantung, seperti serangan jantung sekitar 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bukan pelari.

Dengan rutin melakukan aktivitas aerobik seperti lari, Anda dapat menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan gangguan kardiovaskular lainnya.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

5. Mengurangi Stres

Selain manfaat kesehatan yang diperoleh seperti meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot, membantu penurunan berat badan, lari juga bisa meningkatkan suasana hati melalui pelepasan endorfin.

Lari dipercaya dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Ini adalah salah satu latihan paling sederhana namun efektif apabila dilakukan secara rutin setiap hari.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay