6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

Rabu 05 Juni 2024, 20:45 WIB
Ilustrasi Jus Tomat merupakan salah satu minuman terbaik untuk menurunkan kadar gula darah tinggi (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

Ilustrasi Jus Tomat merupakan salah satu minuman terbaik untuk menurunkan kadar gula darah tinggi (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

SUKABUMIUPDATE.com - Tahukah Anda? Bukan hanya apa yang dimakan untuk membuat kadar gula darah tinggi, tetapi apa yang diminum juga berpengaruh.

Saat Anda ingin menurunkan kadar gula darah tinggi, menghindari minuman dengan pemanis gula seperti soda, campuran jus buah, lemon, dan teh manis, adalah hal yang wajib dilakukan.

Namun, ada beberapa minuman lain yang justru memberikan dampak positif pada fungsi metabolisme Anda, dan bisa menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Melansir dari sebuah artikel di laman eatingwell.com yang diunggah pada 30 Mei 2023, ada 6 jenis minuman terbaik untuk menurunkan kadar gula darah tinggi pada tubuh, yaitu sebagai berikut:

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

1. Air Putih

Sulit berdebat soal air putih karena bebas kalori. Tapi, air putih juga memberikan sesuatu yang penting untuk pengendalian gula darah, yaitu hidrasi.

Minum air putih dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang 6% lebih rendah, demikian temuan tinjauan sistematis dan meta-analisis tahun 2021 dalam Diabetes & Sindrom Metabolik: Penelitian & Ulasan Klinis.

Menarik dari air putih dapat meningkatkan volume darah dengan mendorong pelepasan asam amino yang mempengaruhi regulasi gula darah pada tubuh seseorang.

2. Kopi

Baik Anda meminum secangkir kopi berkafein atau tanpa kafein, penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah, menurut penelitian tahun 2019 di jurnal Nutrients.

Sebab, senyawa tumbuhan yang disebut fitokimia dalam kopi dapat mendukung kesehatan sel-sel di hati dan pankreas, yang melindungi terhadap perkembangan perlemakan hati dan menjaga fungsi insulin (pengatur utama gula darah).

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

3. Teh Hitam

Anda bukan peminum kopi? Maka minumlah secangkir teh hitam. Minuman ini juga merupakan minuman yang dikaitkan dengan rendahnya risiko diabetes dan komplikasi diabetes, menurut ulasan tahun 2019 di jurnal Antioksidan.

Senyawa teh hitam membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi stres oksidatif serta peradangan. Beberapa peneliti mengatakan bahwa komponen di dalam teh ini bisa dikembangkan menjadi produk yang suatu hari nanti dapat membantu mengelola diabetes dalam tubuh.

4. Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau telah terbukti menurunkan kadar glukosa darah, berdasarkan meta-analisis tahun 2020 dari 27 uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan di sebuah lembaga Nutrisi & Metabolisme.

Katekin teh dapat menghalangi penyerapan karbohidrat selama pencernaan, juga bisa meningkatkan metabolisme glukosa, dan mengurangi stres oksidatif, yang semuanya dapat membantu menurunkan gula darah Anda.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

5. Susu

Meskipun alternatif susu mungkin sedang tren, protein dalam susu sapi dapat membantu menurunkan respons glukosa darah setelah makan pada penderita diabetes dan mereka yang tidak menderita diabetes, menurut Penelitian dan Ulasan Diabetes/Metabolisme tahun 2018.

Protein ini, termasuk kasein dan whey memperlambat pencernaan serta meningkatkan respons insulin, sehingga memberikan efek positif pada kadar gula darah.

6. Jus Tomat

Untuk minuman ramah gula darah dengan banyak rasa, minumlah jus tomat. Dalam sebuah penelitian tahun 2020 di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, mereka yang minum sekitar 7 ons jus tomat 30 menit sebelum sarapan kaya karbohidrat, mengalami penurunan kadar gula darah setelah makan.

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

Tetap mempertahankan pola makan yang seimbang dengan porsi tepat adalah kunci bebas dari kadar gula darah tinggi. Sehingga cobalah mengadopsi lebih banyak pola hidup dan kebiasaan sehat saat gula darah naik.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Contoh kultur jaringan anggrek dendrobium | Foto : Istimewa
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)