7 Kebiasaan Pada Pola Hidup Ini Ampuh Turunkan Darah Tinggi, Terapkan Segera!

Minggu 26 Mei 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi. Terapkan kebiasaan berikut ini agar bisa turunkan tekanan darah tinggi dengan mudah. Sumber foto : Freepik/@freepik

Ilustrasi. Terapkan kebiasaan berikut ini agar bisa turunkan tekanan darah tinggi dengan mudah. Sumber foto : Freepik/@freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Tekanan darah tinggi merupakan pengaruh dari gaya dan pola hidup yang kurang sehat. Kebiasaan buruk dalam makan juga sangat mempengaruhi tubuh kita.

Kebiasaan pada pola hidup yang kurang memperhatikan kesehatan dapat mempengaruhi tekanan darah pada tubuh, apalagi bagi penderita hipertensi.

Menurunkan tekanan darah secara alami dapat dilakukan dengan mengadaptasi atau mengubah pola gaya hidup tertentu. Hal ini tentunya perlu kebiasaan yang dirubah agar berkesinambungan.

Baca Juga: Penampilan Menarik, Ini 9 Gaya Hidup yang Membuat Orang Iri dengan Kita

Mengutip dari artikel di laman tuasaude.com yang diunggah pada 5 Juni 2023, kebiasaan sehat penting bagi semua orang, namun hal ini terutama bermanfaat bagi mereka yang memiliki tekanan darah di atas rata-rata.

Menerapkan gaya hidup sehat juga dapat membantu mencegah berkembangnya hipertensi pada orang dengan tingkat tekanan darah normal. Berikut kebiasaan yang dimaksud: 

  1. Menjaga Berat Badan

Menurunkan dan menjaga berat badan yang sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ada hubungan positif antara berat badan dan tekanan darah, karena orang yang kelebihan berat badan seringkali juga menderita tekanan darah tinggi. 

  1. Menerapkan Pola Makan DASH

DASH adalah jenis diet yang kaya akan buah-buahan, sayuran berdaun hijau, makanan gandum utuh, dan produk susu, seperti yogurt alami dan keju putih.

Diet ini rendah lemak, gula, dan daging merah. Diet DASH terbukti secara ilmiah membantu penurunan berat badan dan pengendalian tekanan darah.

Baca Juga: Cara Membuat Infused Water Jeruk Sunkist untuk Menurunkan Gula Darah, Bikinnya Simpel!

  1. Mengonsumsi Garam Hanya 6 Gram Per Hari

Untuk mengatur tekanan darah secara alami, sangat penting untuk membatasi asupan garam harian Anda, yaitu kurang dari 6 gram per hari (kira-kira satu sendok teh garam sehari). Penting juga untuk membaca label dan menghitung jumlah garam dalam makanan kemasan. 

  1. Berolahraga 5 Kali Seminggu

Berolahraga setidaknya 30 menit hingga 1 jam sehari, lima kali seminggu, sangat penting untuk mengelola tekanan darah tanpa obat. Olahraga teratur dapat mengurangi pembacaan rata-rata Anda sebesar 7 hingga 10 mmHg, yang cukup untuk mengurangi pengobatan dosis tinggi.

  1. Berhenti Merokok

Merokok menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan dapat menyebabkan penurunan fungsi pembuluh darah. Zat dalam asap tembakau menyempitkan pembuluh darah sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah. 

Baca Juga: 8 Penampilan yang Membuat Orang Lain Iri dengan Kita, Prestasi hingga Popularitas

  1. Meningkatkan Asupan Kalium dan Magnesium

Meskipun hal ini belum memiliki bukti pasti, tampaknya peningkatan asupan kalium dan magnesium, terutama melalui pola makan, mungkin terkait dengan pengendalian tekanan darah yang lebih baik.

Mineral-mineral ini sangat penting untuk berfungsinya sistem saraf, pembuluh darah, dan otot jantung secara optimal.

  1. Manajemen Stres

Tingkat kecemasan dan stres yang tinggi merangsang produksi hormon seperti adrenalin dan kortisol, yang meningkatkan detak jantung dan mengontraksikan pembuluh darah. Semua faktor ini dapat meningkatkan tekanan darah.

Itulah sederet kebiasaan yang jika diterapkan pada pola hidup akan ampuh untuk turunkan tekanan darah tinggi dan membuat kita terhindar dari resiko hipertensi.

Sumber : tuasaude.com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik18 Juli 2024, 11:30 WIB

Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue

Promotor konser grup band Sheila on 7, Antara Suara dan GoldLive mengumumkan adanya perubahan venue yang lebih besar untuk tur ‘Tunggu Aku Di’ di beberapa kota di Indonesia, serta ada penambahan tiket.
Antusias Penggemar Tinggi, Konser Sheila on 7 Tambah Tiket dan Pindah Venue (Sumber : Instagram/@sheilaon7)
Sukabumi18 Juli 2024, 11:11 WIB

Tekan Risiko Bencana, BPBD Kota Sukabumi Pangkas Pohon di Citamiang

Petugas BPBD menggunakan sejumlah alat khusus untuk memangkas batang pohon.
Petugas BPBD memangkas pohon di lingkungan asrama Koramil 0607-02 Kota Sukabumi Selatan, Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 11:00 WIB

Orang Stres Akibat Harga Diri Rendah, Cek Penyebab & Cara Mengatasinya

Merasa rendah diri dan mengalami stres adalah tantangan yang berat, tetapi dengan pendekatan yang tepat, seseorang dapat mengembangkan rasa percaya diri dan meningkatkan kesejahteraan emosional mereka.
Ilustrasi. Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Keuangan18 Juli 2024, 10:40 WIB

Total Rp 9,1 Miliar, RS Bunut Sukabumi Mulai Kembalikan Uang Hasil Temuan BPK

Pembayaran ganda Rp 7,9 miliar ini terjadi pada 581 karyawan ASN sepanjang 2023.
Plt Direktur UOBK RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi atau RS Bunut Yanyan Rusyandi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Aplikasi18 Juli 2024, 10:14 WIB

Layanan Iklan Digital Terbaik di Jombang? Cek lantarandigital.co.id!

Di era digital seperti sekarang, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari informasi, produk, atau layanan.
Ilustrasi. | Foto: Pixabay
Sukabumi18 Juli 2024, 10:01 WIB

Warga Curugkembar Sukabumi Tewas Tersetrum, Pegang Pohon Bambu yang Menempel Kabel

Ketika membersihkan rerumputan dan ilalang, korban melihat ada pohon bambu.
Pohon bambu yang dipegang korban sebelum meninggal tersetrum di Kampung Cieundeur RT 03/01 Desa Mekartanjung, Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life18 Juli 2024, 10:00 WIB

8 Ciri Inner Child Terluka, Tidak Terlihat Tapi Dampaknya Sungguh Nyata

Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil.
Ilustrasi - Inner child adalah bagian dari diri kita yang terhubung dengan masa kanak-kanak. Di dalamnya terdapat emosi, kenangan, dan pengalaman yang tersimpan sejak kecil. (Sumber : Freepik.com)
Inspirasi18 Juli 2024, 09:30 WIB

We Are Hiring! Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini!

We Are Hiring! Untuk kamu yang tertarik, Yuk Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini!
Ilustrasi. Karyawan. We Are Hiring! Cek Info Loker Jakarta untuk Lulusan S1 Ini! (Sumber : Freepik/@cookie_studio)
Life18 Juli 2024, 09:00 WIB

11 Tips Mengobati Mental Anak yang Sering Dimarahi, Bunda Lakukan Hal Ini!

Mengobati mental anak yang sering dimarahi memerlukan pendekatan yang penuh kasih sayang, kesabaran, dan konsistensi.
Ilustrasi. Mengobati mental anak yang sering dimarahi memerlukan pendekatan yang penuh kasih sayang, kesabaran, dan konsistensi. | Foto: Pixabay
Life18 Juli 2024, 08:30 WIB

12 Ciri Orang Stres Karena Harga Diri Rendah, Apa Kamu Mengalaminya?

Stres karena rendah diri dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan seseorang.
Ilustrasi. Ciri Orang Stres Karena Rendah Diri (Sumber : Freepik/@freepik)