Penderita Diabetes, Yuk Hindari 12 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Gula Darah Naik!

Rabu 05 Juni 2024, 15:30 WIB
Ilustrasi. Malas gerak atau kurang aktivitas fisik. Penderita Diabetes, Yuk Hindari Sederet Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Gula Darah Naik! (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Malas gerak atau kurang aktivitas fisik. Penderita Diabetes, Yuk Hindari Sederet Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Gula Darah Naik! (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengelola kadar gula darah adalah hal yang penting bagi kesehatan, terutama bagi mereka yang menderita diabetes atau berada pada risiko tinggi mengembangkan penyakit gula darah tinggi ini.

Beberapa kebiasaan tidak baik dapat menyebabkan kadar gula darah naik atau yang biasa disebut lonjakan gula darah.

Berikut beberapa kebiasaan yang perlu dihindari untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, dirangkum dari berbagai sumber:

Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Lonjakan Gula Darah Naik

1. Konsumsi Makanan Tinggi Gula dan Karbohidrat Olahan

  • Makanan Manis: Mengonsumsi makanan tinggi gula, seperti permen, kue, dan minuman manis, dapat menyebabkan lonjakan gula darah.
  • Karbohidrat Olahan: Makanan seperti roti putih, nasi putih, dan pasta dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang cepat karena mereka cepat dicerna menjadi gula dalam tubuh.

2. Kurang Aktivitas Fisik

  • Gaya Hidup Sedentari: Kurang bergerak atau berolahraga dapat membuat tubuh kurang efisien dalam menggunakan insulin, hormon yang membantu mengatur kadar gula darah.

3. Melewatkan Sarapan

  • Sarapan Penting: Melewatkan sarapan dapat menyebabkan gula darah turun terlalu rendah, yang bisa memicu keinginan makan berlebihan atau memilih makanan tidak sehat kemudian, yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

Baca Juga: 5 Tips Konsumsi Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

4. Stres Kronis

  • Hormon Stres: Stres kronis meningkatkan kadar hormon stres seperti kortisol dan adrenalin, yang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan membuat tubuh kurang sensitif terhadap insulin.

5. Kurang Tidur

  • Gangguan Tidur: Tidur yang tidak cukup atau berkualitas buruk dapat mengganggu regulasi hormon, termasuk insulin, dan meningkatkan kadar gula darah.

6. Mengonsumsi Alkohol Berlebihan

  • Efek Alkohol: Konsumsi alkohol berlebihan dapat mempengaruhi hati, yang berperan dalam mengatur gula darah. Alkohol juga dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah yang tidak terduga.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

7. Dehidrasi

  • Kurang Minum: Dehidrasi dapat menyebabkan gula darah menjadi lebih terkonsentrasi, yang meningkatkan kadar gula darah.

8. Merokok

  • Efek Nikotin: Merokok dapat meningkatkan resistensi insulin, yang berarti tubuh kurang mampu menggunakan insulin dengan efektif, meningkatkan risiko gula darah tinggi.

9. Mengabaikan Pengobatan

  • Kepatuhan terhadap Obat: Tidak mengonsumsi obat sesuai yang diresepkan atau mengabaikan instruksi dokter dapat menyebabkan kontrol gula darah yang buruk.

10. Makan Berlebihan

  • Porsi Makan: Makan dalam porsi besar, terutama makanan tinggi karbohidrat, bisa menyebabkan lonjakan gula darah.

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

11. Mengonsumsi Makanan Tinggi Lemak Jenuh dan Trans

  • Lemak Tidak Sehat: Makanan yang tinggi lemak jenuh dan trans, seperti makanan gorengan dan makanan cepat saji, dapat meningkatkan resistensi insulin.

12. Mengabaikan Kontrol Gula Darah

  • Tidak Memantau Gula Darah: Tidak memantau kadar gula darah secara teratur dapat membuat Anda tidak sadar akan lonjakan atau penurunan gula darah, yang bisa berbahaya.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Tips untuk Mengelola Kadar Gula Darah

  • Makan Seimbang: Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan protein tanpa lemak untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Rutin Berolahraga: Lakukan aktivitas fisik secara teratur untuk membantu tubuh menggunakan insulin lebih efisien sehingga mencegah gula darah naik.
  • Kelola Stres: Praktikkan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau pernapasan dalam untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Tidur Cukup: Pastikan mendapatkan 7-9 jam tidur berkualitas setiap malam untuk mencegah lonjakan gula darah.
  • Minum Air yang Cukup: Tetap terhidrasi dengan baik untuk membantu menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.
  • Hindari Alkohol Berlebihan: Batasi konsumsi alkohol dan pastikan tidak mengonsumsi dalam jumlah besar sekaligus untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Berhenti Merokok: Berhenti merokok dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi risiko komplikasi diabetes.
  • Patuh pada Pengobatan: Ikuti instruksi dokter terkait obat dan perawatan untuk mengelola diabetes.

Baca Juga: Daun Jambu Biji Menurunkan Gula Darah, Ini 2 Cara Simpel Mengolahnya!

Dengan menghindari kebiasaan tidak baik ini dan menggantinya dengan kebiasaan sehat, Anda dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko komplikasi yang terkait dengan gula darah tinggi.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Juni 2024, 22:02 WIB

Terekam CCTV, Pria Dengan Santai Curi Motor di Area Parkir Masjid Cibadak Sukabumi

Aksi pencurian kendaraan motor kembali terjadi. Kali ini terjadi di area parkir Masjid Darul Matin, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi pada Selasa (25/6/2024) sekitar pukul 12.20 WIB.
Pelaku pencurian motor di Masjid Darul Matin, Cibadak, tertangkap kamera CCTV saat melancarkan aksinya pada Selasa (25/6/2024) | Foto : capture video cctv / ibnu sanubari
Sehat25 Juni 2024, 21:00 WIB

Asam Lambung Naik Saat Tidur Sangat Menyiksa, 9 Tips untuk Mencegahnya

Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu.
Ilustrasi - Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur dan sangat mengganggu. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Sukabumi Memilih25 Juni 2024, 20:28 WIB

PPP Jaring 4 Calon Pendamping Asep Japar di Pilkada Sukabumi, Tinggal Persetujuan Koalisi

artai Persatuan Pembangunan (PPP) telah memulai proses penjaringan calon wakil bupati untuk mendampingi Asep Japar, yang merupakan bakal calon bupati dari Partai Golkar dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang.
PPP jaring 4 bakal calon pendamping Asep Japar untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Sehat25 Juni 2024, 20:00 WIB

Memahami 5 Pengaruh Kopi Terhadap Diabetes, Benarkah Picu Lonjakan Gula Darah?

Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah?
Ilustrasi  - Kopi adalah minuman yang sering dikonsumsi bagi sebagian orang, namun apakah mengonsumsinya berpengaruh kepada gua darah? (Sumber : Pexels.com/@Chevanon Photography)
Sukabumi25 Juni 2024, 19:36 WIB

Warga Gembira, Jalan Jampangtengah - Purabaya Sukabumi Akhirnya Diperbaiki

Masyarakat Jampangtengah menyambut gembira realisasi perbaikan  Jampangtengah - Purabaya, tepatnya ruas jalan Bojong Lopang - Cimerang yang sudah lebih dari satu dekade mengalami rusak parah
Perbaikan jalan kabupaten ruas Bojong Lopang - Cimerang Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Gadget25 Juni 2024, 19:30 WIB

RAM Besar dan Performa Gahar, 3 Rekomendasi HP OPPO dengan Harga 2 Jutaan

OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau.
Oppo A78 - OPPO merupakan salah satu pabrikan smartphone yang menyediakan banyak pilihan HP dengan RAM besar dan harga terjangkau. (Sumber : oppo.com).
Life25 Juni 2024, 19:15 WIB

Ingin Turun Berat Badan dengan Lari? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memulainya

Salah satu olahraga yang sering jadi fokus utama bagi orang yang ingin turun berat badan adalah lari. Ya, lari memang merupakan aktivitas fisik yang akan banyak menguras kalori pada tubuh.
Ilustrasi Jika ingin menurunkan berat badan dengan lari, maka perhatikan beberapa hal penting (Sumber : Freepik.com/@master1305)
Life25 Juni 2024, 19:00 WIB

Langsung Tidur Setelah Makan, 10 Kebiasaan Malam Ini Picu Asam Lambung Naik!

Makan besar atau makanan berat kurang dari 2-3 jam sebelum tidur bisa menyebabkan refluks asam di malam hari.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik | Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi25 Juni 2024, 18:54 WIB

HMI Geram: Bawaslu Kota Sukabumi Gelar Bimtek Mewah Di Luar Wilayah Kerja

Keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sukabumi untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis di luar wilayah kerja menuai kecaman dari berbagai pihak, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sukabumi.
HMI Kritisi Bawaslu Kota Sukabumi Gelar BImtek Mewah di luar wilayah kerja | Foto : Bendera HMI
Sehat25 Juni 2024, 18:45 WIB

Asam Lambung Kambuh? Coba 9 Cara Meredakan Refluks Asam Ini di Rumah

Ketika asam lambung naik, maka perut kita akan terasa tidak nyaman. Bisa jadi kembung, mulas, bahkan hingga mual, dan muntah ketika refluks asam naik ke tenggorokan.
Ilustrasi Beberapa cara bisa dilakukan di rumah untuk meredakan asam lambung (Sumber : Freepik.com/@8photo)