10 Strategi Untuk Mengatasi Kebiasaan Yang Tidak Sehat, Yuk Cobain

Jumat 07 Juni 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi merokok adalah salah satu kebiasaan tidak sehat perlu dihindar dengan strategi (Sumber : pixabay.com/@akitoyamada61)

Ilustrasi merokok adalah salah satu kebiasaan tidak sehat perlu dihindar dengan strategi (Sumber : pixabay.com/@akitoyamada61)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengatasi kebiasaan yang tidak sehat memerlukan pendekatan terstruktur dan komitmen kuat. Karena hal ini sering kali terbentuk dari rutinitas sehari-hari yang dilakukan berulang kali tanpa disadari.

Untuk mengubah kebiasaan ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasinya secara spesifik. Ini berarti memahami sepenuhnya kebiasaan yang ingin diubah, kapan kebiasaan tersebut biasanya terjadi, dimana melakukannya, dan mengapa melakukannya.

Misalnya, jika kebiasaan tidak sehat tersebut adalah merokok. Penting untuk mencatat setiap kali Anda merokok, situasi apa yang memicunya, dan perasaan yang dirasakan ketika melakukannya.

Baca Juga: 9 Kategori Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Dengan pemahaman yang mendalam tentang kebiasaan tersebut, Anda bisa mulai merencanakan langkah-langkah untuk mengubahnya. Bahkan identifikasi awal merupakan pondasi penting untuk strategi-strategi berikutnya yang akan membantu dalam perjalanan menuju pola hidup lebih sehat.

Berikut beberapa strategi yang dapat membantu untuk mengubah pola hidup lebih sehat dirangkum dari berbagai sumber:

1. Identifikasi Kebiasaan

Kenali kebiasaan tidak sehat yang ingin diubah. Buat catatan tentang kapan, di mana, dan mengapa kebiasaan tersebut muncul.

2. Tentukan Tujuan Spesifik

Tetapkan tujuan secara jelas dan spesifik. Misalnya, jika kebiasaan tidak sehat adalah makan makanan cepat saji, tentukan berapa kali dalam seminggu ingin mengurangi konsumsi makanan tersebut.

3. Pahami Pemicu

Identifikasi pemicu kebiasaan tidak sehat dapat berupa stres, kebosanan, atau situasi sosial tertentu. Dengan memahami pemicu, Anda bisa mencari cara untuk menghindari dan menghadapinya dengan cara yang lebih sehat.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Memiliki Luka Batin, Apakah Kamu Salah Satunya?

4. Ganti dengan Kebiasaan Sehat

Kebiasaan buruk bisa digantikan dengan mencari alternatif yang lebih sehat, seperti jika Anda cenderung merokok saat stres, cobalah melakukan latihan pernapasan atau berjalan-jalan di sekitar rumah selama 30 menit.

5. Mulai dengan Langkah Kecil

Mulailah perubahan kecil yang dapat dicapai dan ditingkatkan seiring waktu. Misalnya, jika ingin mengurangi konsumsi gula, mulailah dengan mengurangi satu sendok gula dari kopi setiap hari.

6. Pantau Kemajuan

Buat jurnal atau gunakan aplikasi untuk memantau kemajuan Anda agar dapat melihat progres yang mungkin bisa memberikan motivasi tambahan.

7. Dukungan Sosial

Cari dukungan dari teman, keluarga, atau kelompok pendukung. Karena mereka dapat memberikan dorongan dan bantuan saat Anda merasa sulit.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

8. Konsisten dan Sabar

Perubahan tidak terjadi dalam semalam. Konsistensi adalah kunci, dan kesabaran sangat penting. Jika Anda merasa tidak mampu, jangan menyerah tapi coba evaluasi apa yang salah dan coba lagi.

9. Hadiahkan Diri Sendiri

Jangan lupa untuk memberikan penghargaan pada diri sendiri akan setiap kemajuan yang dicapai. Ini bisa dalam bentuk kecil, seperti waktu luang tambahan atau aktivitas menyenangkan.

10. Cari Bantuan Profesional

Jika kebiasaan tidak sehat sangat sulit diatasi, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari profesional seperti psikolog, konselor, atau pelatih kesehatan.

Dengan strategi ini, bisa membuat perubahan positif yang berkelanjutan dalam hidup.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 14:00 WIB

Tidak Melulu Soal IQ, Ini 3 Ciri-ciri Umum Anak Berbakat Dilihat Dari Sifatnya

Meski ada kesamaan dalam hal bakat, penting untuk diingat bahwa ini bukanlah definisi yang bisa diterapkan untuk semua orang. Beberapa anak mungkin berbakat dalam banyak bidang dan yang lain berbakat dalam satu bidang tertentu.
Ilustrasi ciri anak berbakat yang bisa dilihat dari sifatnya (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)
Life15 Juni 2024, 13:30 WIB

Bagaimana Sekolah Bisa Mengidentifikasi Anak Berbakat? Berikut 4 Tes yang Dapat Dilakukan

Sekolah dapat mengidentifikasi anak berbakat dengan beberapa cara dibawah ini, karena dengan cara ini sekolah bisa menentukan dengan mudah untuk bisa menyesuaikan dengan anak berbakat
Ilustrasi pihak sekolah bisa mengidentifikasi anak-anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Katerina Holmes)
Life15 Juni 2024, 13:00 WIB

2 Jenis Tes Utama Bakat yang Bisa Dilakukan Pada Anak, Yuk Simak Agar Orang Tua Paham

Bakat pada anak perlu diuji dengan cara tertentu, agar nantinya orang tua lebih paham dan anak lebih terarah untuk kedepannya
Ilustrasi tes yang bisa dilakukan orang tua untuk menentukan anak berbakat atau tidak (Sumber : Pexels.com/@MART PRODUCTION)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:47 WIB

30 Paket Sabu Ditemukan di Cicurug Sukabumi, Pemiliknya Kabur

Sebanyak 30 paket sabu ditemukan di semak-semak di sekitar Perumahan Gedung Putih RT 5/5, Kampung Purwasari, Desa Purwasari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi
Penemuan 30 paket sabu di Desa Purwasari Cicurug Sukabumi | Foto : Ist
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)