6 Cara Mendidik Anak agar Senang Berbagi kepada Orang Lain Sejak Kecil

Jumat 24 Mei 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi cara mendidik anak agar memiliki kepribadian senang berbagi ke orang lain (Sumber : Pexels.com/@Alexgreen)

Ilustrasi cara mendidik anak agar memiliki kepribadian senang berbagi ke orang lain (Sumber : Pexels.com/@Alexgreen)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai makhluk sosial, penting sekali orang tua mengajarkan anak-anaknya untuk memiliki kebiasaan berbagi kepada orang lain, terutama kepada yang membutuhkan pertolongan.

Dengan mengajarkan kebiasaan berbagi, anak akan paham arti dan nilai kebaikan seperti tolong-menolong kepada sesama. Mereka akan punya rasa empati serta simpati untuk membantu satu sama lain ketika mengalami kesulitan.

Lantas bagaimana cara orang mendidik anak untuk terbiasa berbagi kepada sesama? Yuk simak dikutip dari laman alodokter.com!

Baca Juga: 5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

1. Beri Pemahaman Tentang Berbagi

Hal pertama yaitu memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang arti berbagi. Tanamkan pada anak jika berbagi adalah perbuatan baik yang harus dibiasakan dari kecil.

Anak harus diberi pemahaman bahwa berbagi itu merupakan kegiatan tolong-menolong yang bisa mendatangkan kebaikan. Memberikan pemahaman mengenai cara dan arti dari berbagi kepada orang lain sangat penting agar bisa menumbuhkan nilai-nilai kebaikan pada diri anak.

2. Tumbuhkan Sifat Empati

Setelah mendapatkan pemahaman tentang berbagi, anak-anak harus dilatih untuk memiliki sifat empati kepada orang lain. Hal ini penting karena dasar saling menolong berasal dari empati itu sendiri.

Cara menumbuhkan sifat empati pada anak cukup sederhana bisa dengan memberikan contoh ketika orang tua minta tolong kepada si kecil untuk ambilkan gelas.

Jika sang anak mengambil gelas itu, bunda harus katakan padanya bahwa merasa sangat senang dan merasa ditolong olehnya. Hal tersebut juga berlaku ketika anak meminta tolong pada orang tua harus langsung dibantu.

Maka dengan begitu, si anak akan sadar bahwa hidup harus saling tolong-menolong satu sama lain. Tahu juga bahwa memiliki rasa empati sangat penting dalam kehidupan.

Baca Juga: 12 Cara Alami Menyembuhkan Kolesterol dengan Cepat Tanpa Obat

3. Jadilah Teladan Baik untuk Anak

Orang tua adalah contoh awal untuk anaknya. Jadi, dalam berperilaku harus serba hati-hati ketika di hadapan anak-anak. Sebab, si kecil akan selalu meniru sifat, sikap, dan kebiasaan yang diperlihatkan oleh kedua orang tuanya.

Maka dari itu, orang tua sendirilah yang langsung mencontohkan kebiasaan berbagai dihadapan sang anak agar ikut ditiru juga perilakunya.

4. Konsisten Libatkan Anak dalam Berbagi

Cara lain yang mesti orang tua ajarkan kepada anak adalah selalu melibatkannya dalam setiap urusan berbagi apapun, baik saat di rumah maupun di luar. Sebagai contoh, ketika sedang makan bersama orang tua tidak kebagian lauk pauk, maka mintalah sedikit dengan cara baik anak. Tentu saja si kecil akan memberi tanpa pikir panjang.

Dengan terus melibatkan anak dalam urusan berbagi, nanti akan terbiasa sehingga membentuk karakternya sendiri sampai dewasa nanti. Maka dari itu, orang tua jangan pernah berhenti untuk memberikan pengertian dari arti berbagi.

Baca Juga: 6 Makanan Malam yang Bisa Menyebabkan Serangan Asam Urat

5. Beri Pujian Saat Anak Bisa Berbagi

Ketika si kecil sudah bisa menerapkan kebiasaan berbagi, seperti berbagai makanan, minuman, hingga mainan. Maka orang tua harus memberikan pujian dengan mengacungkan ibu jari sambil tersenyum dan mengucapkan terima kasih.

Dengan begitu, si anak akan semakin semangat untuk saling berbagi dan mengerti bahwa melakukan hal tersebut memiliki arti yang penting dalam kehidupannya.

6. Hindari Terlalu Memaksa

Inti dalam mendidik anak-anak jangan pernah mencoba untuk memaksa, membentak, dan memarahinya. Karena semakin keras pola asuhnya akan membuat si kecil semakin sulit untuk mengerti dan menerapkan apa yang diajarkan orang tua.

Jadi, untuk melatih agar anak senang berbagi cukup lakukan ketika sedang dalam situasi tenang dan riang gembira. Bila dia tidak ingin lakukan jangan dipaksakan dan sebaiknya beri pemahaman secara baik-baik.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juni 2024, 12:30 WIB

10 Cara Ampuh yang Dapat Orang Tua Lakukan Untuk Memotivasi Anak Berbakat

Orang tua yang memiliki anak berbakat seringkali kewalahan dan merasa kecewa karena kurangnya prestasi.
Ilustrasi cara ampuh yang orang tua lakukan untuk memotivasi anak berbaka (Sumber : Pexels.com/@jonasmohamadi)
Sukabumi15 Juni 2024, 12:18 WIB

Minta Tolong Netizen! Keluarga Korban Celurit Geng Motor di Sukabumi Cari Pelaku

Keluarga Ardi Aulia Muhammad (21 tahun), pemuda yang jari tangannya nyaris putus disabet celurit geng motor di Nanggeleng Citamiang Kota Sukabumi, Jumat, 14 Juni 2024, butuh pertolongan netizen.
Ilustrasi citizen journalism. Keluarga berharap netizen yang melihat peristiwa itu speak up dan memberikan data tentang para pelaku kepada pihak kepolisian. (Sumber: editorandpublisher.com)
Life15 Juni 2024, 12:00 WIB

Ayah Bunda Harus Tahu, 4 Cara Mengasuh Anak Berbakat Agar Lebih Terarah

Anak berbakat seringkali membuat orang tuanya bingung bahkan merasa dirinya tidak berdaya. Namun jangan khawatir, berikut tips yang bisa diterapkan untuk mengasuh anak berbakat
Ilustrasi cara orang tua dalam mengasuh anak berbakat (Sumber : Pexels.com/@Yan Krukau)
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)