4 Hantu Sunda Lelembutan: Kuntilanak hingga Nyi Roro Kidul Jurig Populer

Kamis 11 Mei 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi. Nyi Roro Kidul Jurig Populer, Jenis Hantu Sunda Lelembutan (Sumber : Instagram/@jrv.imagination)

Ilustrasi. Nyi Roro Kidul Jurig Populer, Jenis Hantu Sunda Lelembutan (Sumber : Instagram/@jrv.imagination)

SUKABUMIUPDATE.com - Tak hanya Hantu Sunda lelembut, ada juga Dedemit lelembutan yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat tanah Pasunda. Diantaranya Jurig Kuntianak, Pocong, Tuyul dan Nyi Roro Kidul.

Artikel spesial malam jumat kali ini akan membahas secara ringkas tentang Hantu Sunda jenis lelembutan tersebut. Namanya sajian wawasan kearifan lokal mistis berbasis urban legend.

Baca Juga: Kenali 8 Bahasa Tubuh Pria Cuek, Tanda-tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Informasi kemudian dilansir dari penelitian Hantu Sunda oleh Hilmy Ahmad Muzaki pada tahun 2019. Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia itu meneliti tentang "Perancangan Informasi Jurig Sunda Populer Melalui Media Buku Ensiklopedia".

Hantu Sunda Lelembutan: Kuntilanak hingga Nyi Roro Kidul Jurig Populer

1. Jurig Kuntilanak

Ilustrasi. Hantu Sunda PerempuanIlustrasi. Hantu Sunda Perempuan

Jurig Kuntilanak atau dikenal Kuntilanak adalah makhluk halus/gaib yang dipercaya oleh masyarakat Sunda berasal dari wanita yang meninggal ketika sedang hamil atau pada saat proses melahirkan.

Cerita folklore atau urban legend yang ada dimasyarakat Indonesia menyebutkan Jurig Kuntilanak muncul pertama kali di pulau Kalimantan yakni provinsi Pontianak. Hal ini kemudian menjadi alasan provinsi tersebut dinamakan Pontianak.

Jurig Kuntilanak merupakan salah satu Jurig paling populer atau terkenal di kalangan masyarakat Sunda, Indonesia hingga dunia. Buktinya, ada sebuah riset yang ditulis oleh peneliti Jerman bersama dengan peneliti Indonesia untuk membongkar Asal Usul Mbak Kunti ini.

Penelitian tersebut berjudul "Kuntilanak: Ghost Narratives and Malay Modernity in Pontianak, Indonesia", dan dipublikasikan dalam Journal of the Humanities and Social Sciences of Southeast Asia pada 2020. Peneliti adalah orang Jerman bernama Timo Duille, dari Department for Southeast Asian Studies, Bonn University, Bonn, Germany.

2. Jurig Pocong

Menilik sejarah penyebab munculnya Jurig Pocong di Indonesia yakni diawali oleh mitos yang berada di tanah Jawa. Disebutkan Jurig Pocong muncul dikarenakan belum dilepaskannya tali yang mengikat pada kepala dan kaki jenazah yang dikuburkan.

Konon, hal itu menyebabkan jiwa yang ada dalam jasad terperangkap, alhasil Jurig Pocong bergentayangan. Arwah pocong akan meminta manusia untuk membuka tali tersebut.

3. Tuyul/Kecit

Tuyul adalah Hantu Sunda atau Jurig yang berperan sebagai mahkluk halus untuk pesugihan.

Tuyul digambakan sebagai sosok anak kecil dengan kepala botak atau gundul. Beberapa sumber juga menyebutkan Tuyul sebagai anak kecil dengan kulit kuning agak perak dan hidup normal seperti biasa.

Cerita mitos yang berkembang di masyarakat Sunda, Jurig Tuyul merupakan Jurig yang senang bermain. Oleh sebab itu, untuk menangkal Jurig Tuyul masyarakat biasanya menggunakan Keuyeup Sawah (Kepiting Sawah/Sungai) yang diletakan di setiap sudut rumah.

Konon, ketika Jurig Tuyul menginginkan untuk memasuki rumah, mereka akan terganggu. Keuyeup Sawah berfungsi sebagai distraksi si Tuyul, yaitu membuat Hantu Sunda ini lupa dengan tugasnya dan memilih bermain dengan Keuyeup Sawah. Lucu dan unik memang kepercayaan masyarakat Sunda ini!

4. Nyi Roro Kidul

Bukan Nyi Roro! Kanjeng Ratu Kidul Roh Suci Dewa Pemimpin Gaib Pantai SelatanNyi Roro Kidul

Terakhir, Nyi Roro Kidul dipercaya oleh sebagain masyarakat Sunda sebagai ratu penguasa laut selatan. Laut ini terletak di sekitar pesisir pantai selatan dan memiliki kerajaan dengan lokasi di Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat.

Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai sosok bak seorang ratu dengan wajah yang cantik dan menggunakan pakaian gaya keraton berwarna hijau.

Sumber: Jurnal UNIKOM

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay