Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia

Kamis 16 Maret 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi. Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia (Sumber : Instagram/@jrv.imagination)

Ilustrasi. Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia (Sumber : Instagram/@jrv.imagination)

SUKABUMIUPDATE.com - Media asing di laman Listverse.com telah merilis daftar 10 Tempat Menyeramkan di Dunia. Artikel ini diterbitkan hari ini, 5 tahun lalu, tepatnya pada 16 Maret 2018 dengan judul "10 Creepy Places Around The World You Don’t Want To Visit".

Menariknya nama "Palabuhanratu Sukabumi" masuk di deretan 10 tempat tersebut. Lebih detail, 10 Tempat Menyeramkan di Dunia ini diantaranya Takakanonuma Greenland Amusement Park di Jepang, Cinco Saltos di Argentina, Dragsholm Castle di Denmark, Palabuhanratu Sukabumi di Indonesia dan Gunung Everest.

Kemudian ada Quinta Da Juncosa di Portugal, Akershus Fortress di Norwegia, Hellingly Hospital, The Reina Sofia Museum And The University Of Cordova di Madrid dan Calcasieu Parish Courthouse di Louisiana.

Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di DuniaIlustrasi. Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia (Sumber : Instagram/@jrv.imagination)

Palabuhanratu Sukabumi dekat sekali dengan cerita Nyi Roro Kidul sehingga masuk di deretan Tempat Menyeramkan di Dunia tersebut.

Mitos Nyi Roro Kidul dan Pantai Palabuhanratu Sukabumi

Nyi Roro Kidul diceritakan sebagai putri Prabu Silwangi dan Putri Kadita. Dia menjadi legenda yang dikenal sebagai Ratu Pantai Selatan (Samudra Hindia) di Indonesia, setelah bunuh diri dengan melompat dari tebing dan mendarat di lautan dan tenggelam.

Versi lain dari cerita mengatakan bahwa dia tidak tenggelam tetapi secara ajaib berubah menjadi dewi lautan. Konon, Ratu penguasa pantai selatan ini menghantui bagian laut tertentu di wilayah tersebut.

Namun sampai saat ini, informasi tentang keabsahan asal-usul Nyi Roro Kidul masih menjadi misteri dan diperdebatkan oleh sebagian orang.

Mitos Nyi Roro Kidul kian tersebar mulai dari Kamar 308, larangan berbaju hijau di pantai, hingga aneka bunga favorit ratu penguasa pantai selatan ini.

Jika seseorang pergi berenang di sini (memakai warna pilihan sang putri: hijau), dia akan menarik mereka ke bawah air dan menenggelamkannya. Mitos Nyi Roro Kidul lain yang kerap dikenal adalah ia datang menghantui Kamar 308 di Hotel Samudra Beach di Palabuhanratu (alias Palabuhanratu).

Kamar 308 Nyi Roro Kidul di Palabuhanratu SukabumiKamar 308 Nyi Roro Kidul di Palabuhanratu Sukabumi (Sumber : Instagram/@tijanatimebomb)

Dikatakan bahwa Soekarno, presiden pertama Indonesia, memberikan instruksi untuk membiarkan kamar hotel khusus ini terbuka untuk arwahnya. Ruangan itu telah diubah menjadi tempat pemujaan Putri Laut Selatan, dengan furnitur hijau sport, lemari pakaian hijau, dan beberapa potret Nyi Roro Kidul.

Selain itu, jika melihat cerita horor Nyi Roro Kidul dari berbagai film, ratu penguasa pantai selatan ini dikisahkan amat sangat menyukai bunga. Dirangkum dari berbagai sumber via ladiestory.id ada 5 Bunga yang Disukai Nyi Roro Kidul, yaitu:

1. Bunga Melati

Bunga melati adalah bunga beraroma wangi dan indah dipandang mata. Nyi Roro Kidul konon tak hanya menyukai bunga tersebut, ia bahkan suka memakan bunga melati mentah.

Bunga MelatiBunga Melati | Foto : Dok/SU

Tujuannya agar Nyi Roro Kidul bisa terlihat tetap cantik dan awet muda.

2. Bunga Kantil

Sama seperti mitos bunga melati, Nyi Roro Kidul diceritakan adalah ratu yang sangat menyukai bunga kantil. Aroma sedap kembang kantil konon selalu dibarengi dengan kehadirannya.

Tak jarang, ketika ada kembang kantil sebagian masyarakat percaya menjadi tanda hadirnya Nyi Roro Kidul.

3. Bunga Kamboja

Bunga favorit Nyi Roro Kidul yang ketiga adalah Bunga Kamboja. Bunga Kamboja memiliki warna yang indah. Perpaduan antara warna kuning dan putih ini membuat bunga ini menjadi salah satu bunga favorit Nyi Roro kidul.

4. Bunga Mawar

Keempat, bunga favorit Nyi Roro Kidul adalah bunga mawar. Warnanya yang merah dan putih bersih, membuat bunga satu ini disukai oleh sosok Nyi Roro Kidul. Nyi Roro Kidul biasanya menggunakan bunga mawar sebagai perhiasan.

Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di DuniaIlustrasi. Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia (Sumber : Instagram/@jrv.imagination)

Mulai dari diselipkan di rambut, telinga hingga menempelkan di pakaiannya, bak dandanan kembang desa nan cantik. Tetapi terlepas dari mitos Nyi Roro Kidul, bunga mawar bahkan kini identik dengan simbol kasih sayang dan romantisme pasangan keksih.

5. Bunga Sedap Malam

Terakhir, bunga favorit yang konon disukai Nyi Roro Kidul adalah bunga sedap malam. Seperti namanya, aroma Bunga Sedap Malam hanya bisa tercium wanginya ketika malam hari tiba.

Konon, Nyi Roro Kidul menyukainya karena bunga sedap malam merupakan bunga berwarna kehijauan. Ya, seperti mitos yang beredar, warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

Bunga Sedap Malam - Nyi Roro Kidul | Mitos Tanda Datangnya Mahluk HalusBunga Sedap Malam, Kesukaan Nyi Roro Kidul | (Sumber : Instagram/@grosirbibitbunga - Instagram/@rizalorez)

Selain 5 bunga-bunga tadi, Nyi Roro Kidul juga kerap dikaitkan dengan 'bunga setaman'. Ini bermulai dari kebiasaan Nyi Roro Kidul yang gemar menggunakan bunga ini untuk ritual hingga campuran air untuk mandi.

Bunga setaman adalah campuran aneka bunga mulai dari bunga mawar merah dan putih, melati serta kantil dan kenanga.

Sumber: listverse.com | ladiestory.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)
Sukabumi23 April 2024, 19:08 WIB

Kuli Bongkar Muat asal Cicurug Sukabumi Meninggal saat Kerja di Area Pabrik Isotonik

Kuli bongkar muat asal Cicurug Sukabumi meninggal saat menurunkan material gula di area TPS Pabrik Isotonik.
Ilustrasi meninggal dunia. (Sumber : Istimewa)
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)