TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Mengenal Planet Neptunus: Es Raksasa di Tata Surya yang Miliki 14 Bulan

Senin 27 Jun 2022, 21:00 WIB
Mengenal Planet Neptunus: Es Raksasa di Tata Surya yang Miliki 14 Bulan

SUKABUMIUPDATE.com - Neptunus adalah planet terjauh dari matahari dan salah satu dari dua "raksasa es" di tata surya. 

Planet biru yang dingin ini berjarak sekitar 30 kali lebih jauh dari matahari daripada Bumi dan membutuhkan waktu sekitar 165 tahun Bumi untuk menyelesaikan satu orbit tunggal di sekitar bintang kita.

photoPlanet Neptunus - (NASA)</span

Neptunus berputar di sekitar porosnya lebih cepat dari Bumi, jadi satu hari di Neptunus hanya sekitar 16 jam Bumi.

Dan inilah beberapa hal yang harus kamu tahu tentang Planet Neptunus yang kami rangkum dari Live Science.

Baca Juga :

Kapan Neptunus Ditemukan?

Para ilmuwan menemukan Neptunus pada tahun 1846, setelah mereka melakukan perhitungan orbit untuk Uranus yang mengindikasikan ada planet tak dikenal yang mempengaruhi gravitasi Uranus.

Menurut Natural History Museum, Neptunus tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, tetapi para peneliti dapat mengkonfirmasi keberadaan planet ini menggunakan teleskop. 

Sementara menurut NASA, para astronom sebelumnya telah melihat Neptunus melalui teleskop pada awal 1612, tetapi belum mengidentifikasinya sebagai planet.

Waktu yang Dibutuhkan untuk Sampai ke Neptunus

Neptunus adalah planet kedelapan dari matahari dan planet terakhir di tata surya, sejak para ilmuwan menurunkan Pluto dari status planet penuh menjadi planet kerdil pada tahun 2006. Melansir dari space.com, Neptunus juga merupakan planet terjauh di tata surya dari Bumi dan mengorbit pada jarak antara 2,7 miliar mil (4,3 miliar kilometer) dan 2,9 miliar mil (4,7 miliar km) dari planet bumi, tergantung dimana kedua planet berada di orbitnya,


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini