Gula Darah Tinggi di Malam Hari: 5 Tips Ini Bantu untuk Menstabilkan Kadarnya

Jumat 10 Mei 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi - Dengan menyadari bahwa Anda rentan terhadap gula darah tinggi di malam hari, Anda dapat berupaya mengidentifikasi pemicu dan memitigasi risikonya. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)

Ilustrasi - Dengan menyadari bahwa Anda rentan terhadap gula darah tinggi di malam hari, Anda dapat berupaya mengidentifikasi pemicu dan memitigasi risikonya. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda penderita diabetes tidur dengan kondisi gula darah tinggi bisa jadi sangat tidak nyaman. Cara terbaik untuk mengatasinya di malam hari adalah dengan rutin menjaga keseimbangan gula darah sepanjang hari.

Gula darah tinggi terjadi ketika kadar glukosa darah terlalu tinggi. Meskipun ini merupakan gejala diabetes yang umum diketahui, Anda tetap bisa mengalami gula darah tinggi meskipun Anda tidak menderita diabetes.

Diabetes terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup atau terkadang tidak menghasilkan insulin. Insulin adalah hormon yang dibuat di pankreas yang membantu mengatur kadar gula darah dan menyimpan kelebihan glukosa untuk energi.

Kadar glukosa berubah sepanjang hari dan sehubungan dengan kapan terakhir kali Anda makan. Jika glukosa darah Anda lebih tinggi dari 130 miligram per desiliter (mg/dL) saat berpuasa, 180 mg/dL kira-kira dua jam setelah makan, atau lebih tinggi dari 200 mg/dL saat diuji secara acak, Anda dianggap menderita hiperglikemia.

Bagaimana Gula Darah Tinggi Mempengaruhi Tidur

Gejala gula darah tinggi yang mungkin Anda alami di malam hari bisa membuat Anda sulit tidur, termasuk tertidur dan tertidur. Tergantung pada kapan Anda makan sebelum tidur, sistem pencernaan Anda mungkin membangunkan Anda pada jam-jam tertentu.

Masalah terkait ini dikenal dengan fenomena fajar, yaitu saat Anda bangun dengan gula darah tinggi di pagi hari. Makanan yang Anda makan di malam hari mungkin sedikit berkontribusi terhadap hal ini.

Gula Darah Tinggi di Malam Hari

1. Periksa Gula Darah Anda Sebelum Tidur

Mengutip laman diatribe, apabila sudah tinggi, maka kadar gula darah Anda mungkin tetap tinggi sepanjang malam. Untuk mengatasi hal ini, Anda sebaiknya mulai dengan menyesuaikan waktu makan malam Anda dan apa saja kandungannya, serta berapa banyak insulin waktu makan yang Anda konsumsi untuk menutupinya.

Hindari makan banyak menjelang waktu tidur. Kunci untuk tetap berada dalam kisaran tersebut sepanjang malam adalah rendah karbohidrat, makan malam lebih awal, dan tidak ngemil setelah makan malam.

Pertimbangkan untuk makan lebih sedikit atau makan camilan saja dibanding makan berat di malam hari dan mengonsumsi lebih banyak insulin basal untuk menutupi makan malam Anda.

2. Periksa Gula Darah Anda Pada Malam Hari, Antara Tengah Malam dan Jam 3 Pagi

Jika Anda berada dalam kisaran tersebut sebelum tidur tetapi memiliki kadar glukosa tinggi antara tengah malam dan jam 3 pagi, Anda mungkin perlu menyesuaikan dosis dan waktu insulin basal Anda.

Jika kadar gula darah Anda rendah selama jangka waktu tersebut, Anda mungkin akan mengalami peningkatan kembali gula darah tinggi di kemudian hari, hal ini biasanya dikaitkan dengan koreksi kadar gula darah yang rendah secara berlebihan.

Bicarakan dengan tim dokter Anda tentang insulin malam hari yang optimal untuk Anda. Anda mungkin perlu menyesuaikan insulin untuk menghindari gula darah rendah di awal dan gula darah tinggi di kemudian hari.

Jika Anda menggunakan insulin basal, lihat apakah Anda bisa mendapatkan pompa insulin atau sistem pengiriman insulin otomatis (AID). Sistem AID akan secara otomatis menyesuaikan dosis insulin basal Anda sepanjang malam untuk membantu menjaga kadar glukosa Anda tetap stabil.

Bagi sebagian orang, camilan kecil sebelum tidur (dengan dosis insulin kecil, jika sesuai) dapat membantu menstabilkan kadar glukosa sepanjang malam dan menghindari rasa tinggi di pagi hari.

3. Periksa Gula Darah Anda Saat Anda Bangun

Jika Anda berada dalam kisaran tersebut sebelum tidur dan antara tengah malam hingga jam 3 pagi, namun memiliki gula darah tinggi di pagi hari, Anda mungkin mengalami fenomena fajar atau kehabisan insulin (atau obat lain).

Jika Anda menggunakan insulin, Anda mungkin perlu menunda waktu pemberian dosis dasar hingga sedekat mungkin dengan waktu tidur. Atau, Anda dapat meningkatkan kecepatan basal Anda dengan pompa insulin mulai sekitar jam 3 pagi.

Jika Anda menderita diabetes tipe 2, bicarakan dengan ahli kesehatan Anda tentang obat penurun glukosa untuk memastikan rencana pengobatan Anda mengatasi hiperglikemia semalaman.

4. Camilan Malam Hari Sebelum Tidur untuk Mengatur Gula Darah

Camilan malam hari terbaik untuk mengatur gula darah mengandung kombinasi protein, lemak sehat, dan porsi karbohidrat kompleks yang terbatas, yaitu yang mengandung serat. Bagi sebagian orang, camilan sehat sebelum tidur membantu mencegah perubahan glukosa di malam hari.

Dengan mengonsumsi camilan kecil yang penuh protein dan lemak sehat (dan rendah karbohidrat), tubuh Anda mungkin akan lebih mampu menghindari rasa mabuk dalam semalam namun jika Anda menggunakan insulin, pastikan untuk menutupi karbohidrat dalam camilan Anda meskipun itu hanya memerlukan insulin dosis kecil.

Ada banyak camilan yang dapat Anda coba antara lain:

Segenggam kacang: Menurut Departemen Pertanian AS, secangkir kacang campur tanpa garam mengandung sekitar 23 gram protein, 79 gram lemak, 32 gram karbohidrat, dan 10,5 gram serat.

Keju rendah lemak dan kerupuk gandum utuh: Satu porsi 100 gram (3,5 ons) keju cheddar rendah lemak mengandung sekitar 24 gram protein, 7 gram lemak, dan 2 gram karbohidrat. Satu porsi kerupuk gandum utuh dalam 100 gram mengandung sekitar 10,5 gram protein, 14 gram lemak, 70 gram karbohidrat, dan 10 gram serat.

Sebuah apel dan selai kacang: 100 gram apel (atau lebih dari setengah apel berukuran sedang) mengandung sekitar 0,41 gram protein, 14 gram karbohidrat, tanpa lemak, dan 2 gram serat. Satu sendok makan (16 gram) selai kacang mengandung sekitar 3,6 gram protein, 3,5 gram karbohidrat, 8 gram lemak, dan 0,8 gram serat.

Yoghurt Yunani: 100 gram yogurt Yunani polos tanpa lemak mengandung sekitar 3 gram gula, 10 gram protein, kurang dari setengah gram lemak, 3 gram karbohidrat, dan tanpa serat. Anda bisa menambahkan sedikit rasa manis dengan buah.

Yogurt: Baik Yunani atau biasa, yogurt terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 14% jika dikonsumsi setiap hari, menurut ulasan tahun 2017.

Popcorn: Satu porsi popcorn dengan dua sendok makan keju Parmesan parut mengandung sekitar 157 kalori, 5,5 gram lemak, 20 gram karbohidrat, 3,5 gram serat, dan 7,5 gram protein.

5. Menjaga Kadar Gula Darah di Siang Hari

Menjaga kadar gula darah yang sehat di siang hari merupakan cara yang baik untuk mencegah gula darah tinggi di malam hari. Itu berarti berolahraga secara teratur, mengonsumsi obat diabetes dalam jumlah yang tepat jika Anda menggunakannya, dan mengelola tingkat stres.

Kurang tidur sendiri kemungkinan merupakan salah satu faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2, sehingga penting untuk menjaga siklus tidur yang sehat sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Gadget21 Mei 2024, 03:36 WIB

Calon Pendamping Fahmi di Pilkot Sukabumi Bukan Orang Sembarangan, Ada Adiknya Eks Gubernur

Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kota Sukabumi saat ini tengah menggodok dua nama untuk dipasangkan menjadi wakil wali kota mendampinginya Achmad Fahmi.
Iwan Juanda dan Dida Sembada, 2 nama yang disiapkan PKS untuk mendampingi Achmad Fahmi di Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Ist
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 23:38 WIB

Ratusan PPK Pilkada 2024 Sudah Dilantik, Ini Pesan Ketua Komisi I DPRD Sukabumi

Paoji berharap kepada PPK yang sudah dilantik agar mempersiapkan diri untuk bertugas pada perhelatan Pilkada 2024.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Paoji Nurjaman (tengah) sampaikan pesan untuk ratusan PPK Pilkada 2024 yang baru dilantik. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Mei 2024, 23:24 WIB

Perumdam TJM Palabuhanratu Akan Kuras Intake Air Baku, Cek Jadwal dan Wilayah yang Terdampak

Berikut jadwal dan wilayah yang terdampak dari pengurasan pompa intake air baku oleh Perumdam TJM Sukabumi cabang Palabuhanratu.
Kantor Perumdam TJM Sukabumi Cabang Palabuhanratu. | Foto : Ilyas
Sukabumi20 Mei 2024, 22:48 WIB

Mengenal Kecamatan Kalapanunggal Sukabumi: Sejarah hingga Potensi Wisata

Terletak di kaki Gunung Salak, berikut sejarah hingga potensi wisata di Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi.
Objek wisata Gunung Wayang Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi. | Kredit Foto: Azka Athaya Studios
Sukabumi20 Mei 2024, 22:17 WIB

Sambut Hari Jadi Ke-25, PNM Sukabumi Gotong Royong Bersih-bersih Masjid di Kadudampit

Dalam rangka HUT ke-25, PNM Peduli Bakti Sosial Masjid di Kadudampit Sukabumi
Para karyawan PNM Cabang Sukabumi saat melakukan bersih-bersih masjid Jami Al-Hidayah Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Senin (20/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Science20 Mei 2024, 21:55 WIB

BMKG: Gempa M4,6 Sukabumi akibat Aktivitas Sesar Dasar Laut

BMKG melaporkan getaran gempa M4,6 di Laut Sukabumi ini terasa dari Surade hingga Cianjur Selatan.
Episenter gempa M4,6 di Laut Sukabumi. (Sumber : BMKG)
Sukabumi20 Mei 2024, 21:15 WIB

Gempa Magnitudo 4,6 di Laut Sukabumi, Kagetkan Warga Ciracap

Gempa Magnitudo 4,6 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Senin (20/5/2024), pukul 20.42.24 WIB.
Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life20 Mei 2024, 21:00 WIB

Jangan Malas! Ini 9 Manfaat Rajin Gosok Gigi Sebelum Tidur di Malam Hari

Menggosok gigi sebelum tidur membantu menghilangkan plak, yang merupakan lapisan lengket yang terbentuk dari bakteri.
Ilustrasi. Manfaat Rajin Gosok Gigi Sebelum Tidur di Malam Hari (Sumber : Pexels.com/MiriamAlonso)
Sukabumi20 Mei 2024, 20:44 WIB

Sebelum Hilang, Keluarga Ungkap Gadis Sukabumi Ditawari Main Sinetron di Bogor

Keluarga berharap Nurlela gadis asal Curugkembar Sukabumi yang hilang dua tahun lalu bisa selamat dan pulang ke rumah.
Neneng saat menunjukan Foto lama Nurlela, gadis asal Curugkembar Sukabumi yang hilang. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 20:30 WIB

2 Nama Diusulkan Maju Pilgub Jabar dari PKS, Ini Sosoknya

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), partai yang pernah sukses dengan menempatkan kadernya, Ahmad Heryawan, selama 10 tahun memimpin Jawa Barat itu tentu berharap mendulang kesuksesan yang sama melalui Pilgub 2024.
Dr. K.H. Mohammad Idris, Lc., MA dan Dr. H. Haru Suandharu, S.Si., M.Si, dua nama yang diusulkan PKS maju di Pilgub Jabar 2024 | Foto : ist