Gula Darah Tinggi di Malam Hari: 5 Tips Ini Bantu untuk Menstabilkan Kadarnya

Jumat 10 Mei 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi - Dengan menyadari bahwa Anda rentan terhadap gula darah tinggi di malam hari, Anda dapat berupaya mengidentifikasi pemicu dan memitigasi risikonya. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)

Ilustrasi - Dengan menyadari bahwa Anda rentan terhadap gula darah tinggi di malam hari, Anda dapat berupaya mengidentifikasi pemicu dan memitigasi risikonya. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi Anda penderita diabetes tidur dengan kondisi gula darah tinggi bisa jadi sangat tidak nyaman. Cara terbaik untuk mengatasinya di malam hari adalah dengan rutin menjaga keseimbangan gula darah sepanjang hari.

Gula darah tinggi terjadi ketika kadar glukosa darah terlalu tinggi. Meskipun ini merupakan gejala diabetes yang umum diketahui, Anda tetap bisa mengalami gula darah tinggi meskipun Anda tidak menderita diabetes.

Diabetes terjadi ketika tubuh Anda tidak dapat memproduksi cukup atau terkadang tidak menghasilkan insulin. Insulin adalah hormon yang dibuat di pankreas yang membantu mengatur kadar gula darah dan menyimpan kelebihan glukosa untuk energi.

Kadar glukosa berubah sepanjang hari dan sehubungan dengan kapan terakhir kali Anda makan. Jika glukosa darah Anda lebih tinggi dari 130 miligram per desiliter (mg/dL) saat berpuasa, 180 mg/dL kira-kira dua jam setelah makan, atau lebih tinggi dari 200 mg/dL saat diuji secara acak, Anda dianggap menderita hiperglikemia.

Bagaimana Gula Darah Tinggi Mempengaruhi Tidur

Gejala gula darah tinggi yang mungkin Anda alami di malam hari bisa membuat Anda sulit tidur, termasuk tertidur dan tertidur. Tergantung pada kapan Anda makan sebelum tidur, sistem pencernaan Anda mungkin membangunkan Anda pada jam-jam tertentu.

Masalah terkait ini dikenal dengan fenomena fajar, yaitu saat Anda bangun dengan gula darah tinggi di pagi hari. Makanan yang Anda makan di malam hari mungkin sedikit berkontribusi terhadap hal ini.

Gula Darah Tinggi di Malam Hari

1. Periksa Gula Darah Anda Sebelum Tidur

Mengutip laman diatribe, apabila sudah tinggi, maka kadar gula darah Anda mungkin tetap tinggi sepanjang malam. Untuk mengatasi hal ini, Anda sebaiknya mulai dengan menyesuaikan waktu makan malam Anda dan apa saja kandungannya, serta berapa banyak insulin waktu makan yang Anda konsumsi untuk menutupinya.

Hindari makan banyak menjelang waktu tidur. Kunci untuk tetap berada dalam kisaran tersebut sepanjang malam adalah rendah karbohidrat, makan malam lebih awal, dan tidak ngemil setelah makan malam.

Pertimbangkan untuk makan lebih sedikit atau makan camilan saja dibanding makan berat di malam hari dan mengonsumsi lebih banyak insulin basal untuk menutupi makan malam Anda.

2. Periksa Gula Darah Anda Pada Malam Hari, Antara Tengah Malam dan Jam 3 Pagi

Jika Anda berada dalam kisaran tersebut sebelum tidur tetapi memiliki kadar glukosa tinggi antara tengah malam dan jam 3 pagi, Anda mungkin perlu menyesuaikan dosis dan waktu insulin basal Anda.

Jika kadar gula darah Anda rendah selama jangka waktu tersebut, Anda mungkin akan mengalami peningkatan kembali gula darah tinggi di kemudian hari, hal ini biasanya dikaitkan dengan koreksi kadar gula darah yang rendah secara berlebihan.

Bicarakan dengan tim dokter Anda tentang insulin malam hari yang optimal untuk Anda. Anda mungkin perlu menyesuaikan insulin untuk menghindari gula darah rendah di awal dan gula darah tinggi di kemudian hari.

Jika Anda menggunakan insulin basal, lihat apakah Anda bisa mendapatkan pompa insulin atau sistem pengiriman insulin otomatis (AID). Sistem AID akan secara otomatis menyesuaikan dosis insulin basal Anda sepanjang malam untuk membantu menjaga kadar glukosa Anda tetap stabil.

Bagi sebagian orang, camilan kecil sebelum tidur (dengan dosis insulin kecil, jika sesuai) dapat membantu menstabilkan kadar glukosa sepanjang malam dan menghindari rasa tinggi di pagi hari.

3. Periksa Gula Darah Anda Saat Anda Bangun

Jika Anda berada dalam kisaran tersebut sebelum tidur dan antara tengah malam hingga jam 3 pagi, namun memiliki gula darah tinggi di pagi hari, Anda mungkin mengalami fenomena fajar atau kehabisan insulin (atau obat lain).

Jika Anda menggunakan insulin, Anda mungkin perlu menunda waktu pemberian dosis dasar hingga sedekat mungkin dengan waktu tidur. Atau, Anda dapat meningkatkan kecepatan basal Anda dengan pompa insulin mulai sekitar jam 3 pagi.

Jika Anda menderita diabetes tipe 2, bicarakan dengan ahli kesehatan Anda tentang obat penurun glukosa untuk memastikan rencana pengobatan Anda mengatasi hiperglikemia semalaman.

4. Camilan Malam Hari Sebelum Tidur untuk Mengatur Gula Darah

Camilan malam hari terbaik untuk mengatur gula darah mengandung kombinasi protein, lemak sehat, dan porsi karbohidrat kompleks yang terbatas, yaitu yang mengandung serat. Bagi sebagian orang, camilan sehat sebelum tidur membantu mencegah perubahan glukosa di malam hari.

Dengan mengonsumsi camilan kecil yang penuh protein dan lemak sehat (dan rendah karbohidrat), tubuh Anda mungkin akan lebih mampu menghindari rasa mabuk dalam semalam namun jika Anda menggunakan insulin, pastikan untuk menutupi karbohidrat dalam camilan Anda meskipun itu hanya memerlukan insulin dosis kecil.

Ada banyak camilan yang dapat Anda coba antara lain:

Segenggam kacang: Menurut Departemen Pertanian AS, secangkir kacang campur tanpa garam mengandung sekitar 23 gram protein, 79 gram lemak, 32 gram karbohidrat, dan 10,5 gram serat.

Keju rendah lemak dan kerupuk gandum utuh: Satu porsi 100 gram (3,5 ons) keju cheddar rendah lemak mengandung sekitar 24 gram protein, 7 gram lemak, dan 2 gram karbohidrat. Satu porsi kerupuk gandum utuh dalam 100 gram mengandung sekitar 10,5 gram protein, 14 gram lemak, 70 gram karbohidrat, dan 10 gram serat.

Sebuah apel dan selai kacang: 100 gram apel (atau lebih dari setengah apel berukuran sedang) mengandung sekitar 0,41 gram protein, 14 gram karbohidrat, tanpa lemak, dan 2 gram serat. Satu sendok makan (16 gram) selai kacang mengandung sekitar 3,6 gram protein, 3,5 gram karbohidrat, 8 gram lemak, dan 0,8 gram serat.

Yoghurt Yunani: 100 gram yogurt Yunani polos tanpa lemak mengandung sekitar 3 gram gula, 10 gram protein, kurang dari setengah gram lemak, 3 gram karbohidrat, dan tanpa serat. Anda bisa menambahkan sedikit rasa manis dengan buah.

Yogurt: Baik Yunani atau biasa, yogurt terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 14% jika dikonsumsi setiap hari, menurut ulasan tahun 2017.

Popcorn: Satu porsi popcorn dengan dua sendok makan keju Parmesan parut mengandung sekitar 157 kalori, 5,5 gram lemak, 20 gram karbohidrat, 3,5 gram serat, dan 7,5 gram protein.

5. Menjaga Kadar Gula Darah di Siang Hari

Menjaga kadar gula darah yang sehat di siang hari merupakan cara yang baik untuk mencegah gula darah tinggi di malam hari. Itu berarti berolahraga secara teratur, mengonsumsi obat diabetes dalam jumlah yang tepat jika Anda menggunakannya, dan mengelola tingkat stres.

Kurang tidur sendiri kemungkinan merupakan salah satu faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2, sehingga penting untuk menjaga siklus tidur yang sehat sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih31 Mei 2024, 00:01 WIB

KPU Pastikan Gunakan Kembali Sirekap untuk Pilkada 2024

KPU sedang menyusun daftar perbaikan untuk fitur di Sirekap agar bisa digunakan kembali pada Pilkada 2024.
Aplikasi sirekap Pemilu dipakai kembali KPU di Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 23:25 WIB

3 Kampus di Sukabumi Raih Peringkat Perguruan Tinggi Terpopuler Versi UniRank

UniRank merilis sebanyak 596 Perguruan Tinggi yang memenuhi kriteria seleksi. Dari sejumlah tersebut, tiga diantaranya Perguruan Tinggi yang ada di Sukabumi.
Kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi30 Mei 2024, 23:20 WIB

Nabung Rp30 Ribu Selama 10 Tahun, Tukang Batu Asal Sukabumi Wujudkan Mimpi Naik Haji

Cerita Abad, tukang batu asal Surade Sukabumi sisihkan penghasilan selama 10 tahun agar bisa mewujudkan mimpinya naik haji.
Kisah tukang batu asal Surade Sukabumi bernama Abad (66 tahun). Menanti hingga 10 tahun untuk bisa mewujudkan mimpinya naik haji. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 22:46 WIB

Replika Gigi Megalodon Surade Sukabumi Hilang dan Patah

Replika ini dibuat sesuai dengan apa yang ditemukan oleh masyarakat Desa Gunung Sungging, bahkan giginya disesuaikan dengan jumlah yang ditemukan, yakni sebanyak 242 buah berjejer pada rahang atas dan bawah.
Replika fosil rahang Megalodon, giginya hilang dan patah | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi30 Mei 2024, 22:30 WIB

Rawan Kecelakaan, PU Pasang Rambu Peringatan di Jalan Amblas Simpenan Sukabumi

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu memasang sejumlah rambu peringatan di jalan amblas yang berada di Simpenan Sukabumi.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pasang rambu peringatan di ruas jalan amblas di Simpenan. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat30 Mei 2024, 22:02 WIB

Kisah Adu Kesaktian Mbah Karang Bolong Melawan Jawara Jongos VOC di Pesisir Sukabumi

Pantai Karang Bolong yang berada diperbatasan Desa Cidahu Kecamatan Cibitung dan Desa Sukatani Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menjadi saksi pertempuran sengit antara pasukan Belanda dengan keturunan kerajaan Cirebon.
Ilustrasi pertempuran antara Rd.Mas Martanagara alias Mbah Partadilaga atau Mbah Karang Bolong dengan Mbah Brojonoto terjadi dipesisir Pantai Karang Bolong | Foto : Dok Okezone dari Antara
Sukabumi30 Mei 2024, 21:23 WIB

Bahagianya Mak Paraji Warga Surade Sukabumi, Motor Kembali Usai Digondol Maling

Mak Paraji Dede Sumiati kehilangan motor saat tengah diparkirkan di dalam rumah, pada 29 April 2024 lalu. Saat terbangun pada waktu Subuh, motornya sudah hilang digondol maling.
Dede Sumiati (55 tahun) yang berprofesi sebagai Paraji saat mengambil motornya di Mapolres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 21:06 WIB

Sembunyikan Sabu di Bungkus Jajanan dan Sedotan, Pria asal Wardoy Sukabumi Ditangkap

Polisi menangkap pengedar narkotika di Wardoy Sukabumi. Sembunyikan sabu di bungkus jajanan dan sedotan.
Barang bukti sabu seberat 10.28 gram yang diamankan polisi dari pria asal Wardoy Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 20:45 WIB

Merasa Kehilangan Motor? Silakan Cek di Mapolres Sukabumi, Berikut Ini Jenisnya

Polres Sukabumi berhasil mengamankan sebanyak 21 unit sepeda motor berbagai merek yang merupakan hasil dari tindak pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).
Motor hasil curian diamankan di Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 20:35 WIB

Bertemakan Kearifan Lokal, SDN Cimanggah I Sukabumi Asah Kreativitas Murid Lewat Gelar Karya P5

Murid SDN Cimanggah I Sukabumi gelar karya P5, bentuk implementasi kurikulum merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Gelar Karya P5 di SDN Cimanggah I Kota Sukabumi. (Sumber : Website Pemkot Sukabumi)