Teh Hijau: Manfaatnya untuk Meningkatkan Umur Panjang, Kolesterol dan Mengelola Gula Darah

Selasa 07 Mei 2024, 19:45 WIB
Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Antioksidan dalam teh hijau mungkin memberikan manfaat, seperti melindungi kesehatan tulang, otak, dan jantung Anda. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Teh hijau adalah sumber antioksidan dan kafein yang memiliki beberapa manfaat. Penelitian telah menemukan bahwa manfaat kesehatan dari teh hijau mungkin termasuk mengurangi kecemasan dan stres, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi tekanan darah tinggi hingga kolesterol.

Nutrisi Teh Hijau

Dalam 8 ons teh hijau yang diseduh mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 2,37
  • Lemak: 0g
  • Natrium: 2,37mg
  • Karbohidrat: 0g
  • Serat: 0g
  • Gula tambahan: 0g
  • Protein: 0,52 gram

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari mengonsumsi teh hijau, dihimpun dari laman health.

1. Mengurangi Kecemasan dan Stres

Teh hijau mengandung asam amino yang disebut L-theanine, ini dapat mengurangi kecemasan dan stres serta membantu Anda tambah rileks. Teh hijau memiliki salah satu konsentrasi L-theanine tertinggi dibandingkan teh hitam, oolong, dan teh putih.

Penelitian telah menemukan bahwa menambah 200–400 miligram L-theanine setiap hari membantu mengurangi kecemasan dan stres.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2019 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 200 miligram L-theanine sehari selama empat minggu mengalami peningkatan kecemasan, depresi, dan tidur yang lebih besar dibandingkan mereka yang menggunakan plasebo.

2. Bantu Melindungi Terhadap Penurunan Kognitif

Meminum teh hijau dapat membantu melindungi tubuh terhadap penyakit neurodegeneratif tertentu, seperti Alzheimer dan Parkinson. Teh hijau memiliki konsentrasi antioksidan tinggi yang dapat melindungi terhadap kerusakan sel yang meningkatkan risiko penyakit kronis.


Penurunan kognitif adalah salah satu gejala pertama penyakit Alzheimer dan bentuk demensia terkait lainnya.

3. Membantu Mendukung Kesehatan Tulang

Teh hijau dapat menurunkan risiko osteoporosis , penyakit tulang yang meningkatkan risiko patah tulang pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Orang pascamenopause mempunyai risiko paling tinggi terkena osteoporosis.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi antioksidan dalam teh hijau dapat meningkatkan pembentukan tulang dan perlindungan terhadap pengeroposan massa tulang.

4. Meningkatkan Umur Panjang

Mengonsumsi teh hijau dapat membantu hidup sehat dan panjang umur. Teh hijau merupakan sumber polifenol, atau senyawa tumbuhan yang berperan sebagai antioksidan. Penelitian menemukan bahwa polifenol memiliki efek anti penuaan, seperti:

  • Mengurangi peradangan
  • Meminimalkan stres oksidatif, atau kerusakan sel akibat zat berbahaya yang dapat meningkatkan risiko penyakit
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan

5. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2020 menemukan, bahwa mereka yang mengonsumsi teh hijau dapat membantu menurunkan LDL ("jahat") dan kolesterol total.

6. Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan L-theanine dalam teh hijau dapat meningkatkan daya ingat. Sebuah penelitian yang diterbitkan tahun 2014 menunjukan bahwa ekstrak teh hijau bisa meningkatkan memori kerja di antara 12 sukarelawan sehat.

7. Dapat Mengelola dan Mencegah Diabetes Tipe 2

Teh hijau dipercaya dapat membantu mengelola dan mencegah diabetes tipe 2. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh hijau membantu mengurangi resistensi insulin.

Resistensi insulin sendiri menyebabkan sel-sel dalam tubuh kurang menerima insulin dibandingkan biasanya. Insulin merupakan hormon yang membantu sel tubuh mengubah gula menjadi energi.

8. Menurunkan Risiko Stroke

Stroke adalah salah satu penyebab utama kematian dan kecacatan di kalangan orang dewasa di Amerika Serikat. Penelitian menemukan bahwa minum teh hijau mungkin menjadi salah satu cara untuk membantu mencegah risiko stroke.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2023 menemukan bahwa mengonsumsi teh hijau dalam jumlah sedang, atau sekitar 17–34 ons, setiap hari dapat mengurangi risiko stroke setidaknya 21%.

9. Mendukung Penurunan Berat Badan

Beberapa bukti menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Teh hijau merupakan sumber katekin, antioksidan yang membantu memecah lemak.

Katekin dapat meningkatkan laju metabolisme Anda, yang membantu Anda membakar lebih banyak kalori, seperti saat berolahraga.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Teh hijau dapat melindungi kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah . Penelitian menemukan bahwa minum teh hijau menurunkan tekanan darah secara signifikan, terutama pada orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung dan stroke karena merusak lapisan arteri sehingga meningkatkan risiko penumpukan plak. Akibatnya, arteri menyempit sehingga membatasi aliran darah ke jantung dan otak.

Penelitian menemukan bahwa teh hijau dapat menurunkan tekanan darah karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan tersebut membantu mengurangi peradangan dan melebarkan pembuluh darah, sehingga mendukung aliran darah yang sehat.

 

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 Mei 2024, 20:15 WIB

Industri Retail Pakaian Sukabumi Terus Berkembang, PLN Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya

Pada tahun 2024, PT Doosan Jaya Sukabumi kembali mengajukan permohonan penambahan daya menjadi 1.730 kVA.
PLN Sukabumi Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel19 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kategori Makanan Agar Sakit Asam Urat Tidak Menganggu Tidur, Konsumsi Yuk!

Dengan memilih kategori makanan-makanan ini, penderita asam urat dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan mendukung tidur yang lebih nyenyak.
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 19:27 WIB

Tetap dan Tepat, Filosofi Logo Achmad Fahmi Menuju Pilkada Kota Sukabumi 2024

Kontinuitas menunjukkan Achmad Fahmi berkomitmen melanjutkan program dan kebijakan yang sudah berjalan baik pada masa sebelumnya.
Achmad Fahmi resmi dideklarasikan oleh DPD PKS Kota Sukabumi sebagai bakal calon Wali Kota Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Nasional19 Mei 2024, 19:09 WIB

Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Tangerang Selatan Sempat Hilang Kontak

Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor registrasi PK-IFP tersebut memiliki rute Tanjung Lesung-Pondok Cabe.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber Foto : Akun X TMC Polda Metro Jaya)
Life19 Mei 2024, 19:00 WIB

15 Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Lakukan!

Inilah Sederet Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Pernah Lakukan!
Ilustrasi. Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang (Sumber : Pexels/KeiraBurton)
Sukabumi19 Mei 2024, 18:28 WIB

Kawanan Monyet Resahkan Warga Nagrak Sukabumi, Masuk Warung hingga Kejar Anak Kecil

Kawanan monyet liar memasuki permukiman warga Kampung Kubang RT 03/RW05, Desa Cisarua, Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024).
Tangkapan layar video kawanan monyet ekor panjang memasuki warung warga di Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Memohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat

Berikut bacaan doa memohon kebahagiaan hidup kepada Allah SWT yang bisa diamalkan umat muslim.
Ilustrasi - Bacaan Doa Memohon Kebahagiaan Hidup di Dunia dan Akhirat. (Sumber : pexels.com/@Monstera Production)
Nasional19 Mei 2024, 17:31 WIB

Pesawat Latih Jatuh di BSD Tangerang Selatan, 3 Orang Tewas

Pesawat latih jatuh di BSD Tangerang Selatan. Tiga orang dikabarkan meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 17:04 WIB

BPJS Kesehatan Soal Isu Data Fiktif Kepesertaan JKN yang Dikeluhkan Bupati Sukabumi

BPJS Kesehatan angkat bicara terkait isu data fiktif kepesertaan JKN yang dikeluhkan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kepala BPJS Kesehatan cabang Sukabumi Dwi Surini. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Musik19 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Espresso Sabrina Carpenter yang Viral di TikTok

Lagu Espresso Sabrina Carpenter sudah ditonton sebanyak lebih dari 61 juta kali dan banyak dijadikan backsound music video viral di TikTok.
Ilustrasi. Official Video Lagu Espresso Sabrina Carpenter (Sumber : YouTube/SabrinaCarpenter)