10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Senin 27 Mei 2024, 10:00 WIB
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba

Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba

SUKABUMIUPDATE.com - Mendisiplinkan balita bisa menjadi hal rumit dan tantangan tersendiri ketika anak-anak pada usia ini mulai mengeksplorasi kemandirian mereka dan mencoba menemukan identitas mereka.

Namun, mereka memiliki kemampuan berpikir dan berkomunikasi yang terbatas pada usia ini. Oleh karena itu, orang tua wajib mendidik balita tentang perilaku yang baik. Mendisiplinkan anak pada usia yang tepat dapat membentuk karakter Si Kecil.

Namun mendisiplinkan balita tidak berarti membatasinya pada serangkaian aturan dan memberikan hukuman. Orang tua perlu menyadari bahwa anak-anak pada dasarnya suka bertualang dan oleh karena itu Anda tidak boleh menghentikan mereka untuk bereksperimen dan bereksplorasi.

Baca Juga: 10 Dampak Negatif Memukul Anak untuk Mendisiplinkannya, Hindari Yah Bund!

Disiplin seharusnya menjadi cara untuk mengarahkan dan melatih balita untuk menerapkan perilaku yang baik. Untuk mendisiplinkan anak, orang tua harus mencoba memberikan penguatan positif ketika balita melakukan perilaku yang tidak pantas.

Bagi kebanyakan orang tua, mendisiplinkan anak bukanlah pekerjaan mudah. Tentu saja membesarkan dan mendisiplinkan anak tidak pernah mudah, namun dengan usaha yang keras pasti Anda bisa berhasil.

Nah, berikut beberapa strategi berguna untuk mendisiplinkan balita yang nakal, dihimpun dari laman parenting.firstcry.

Baca Juga: 10 Kesalahan Orang Tua dalam Mendisiplinkan Anak, Yuk Hindari Bund!

1. Bersikaplah Konsisten

Sebagai orang tua, Anda harus tidak pernah gagal dalam pendekatan Anda saat mencoba mendisiplinkan anak Anda. Jika respons Anda terhadap suatu keadaan terus berubah, Anda mungkin akan membingungkan balita Anda dengan sinyal yang beragam.

Balita mungkin memerlukan pengingat dan pemeriksaan terus-menerus untuk menghentikan pola perilaku buruk mereka dan mengadopsi cara berperilaku yang lebih baik. Menetapkan rutinitas untuk balita Anda akan memberinya rasa aman yang diperlukan untuk berperilaku tenang dan pantas.

Ini berarti mengikuti jadwal yang konsisten untuk waktu makan, waktu bermain, tidur siang, dan waktu tidur. Persiapkan dia terlebih dahulu untuk setiap perubahan dalam rutinitas untuk mencegah kemungkinan terjadinya keributan atau amukan di kemudian hari.

Baca Juga: 10 Kesalahan Orang Tua Saat Mendisiplinkan Anak, Jangan Mempermalukannya!

2. Identifikasi Pemicunya

Mengenali penyebab umum atau pola perilaku balita Anda mungkin akan sangat membantu dalam menanganinya secara efektif. Jika balita lapar atau mengantuk, ia akan gelisah. Dengan perencanaan yang matang sebelumnya, usahakan untuk menghindari semua potensi pemicu tersebut.

Misalnya, jangan merencanakan perjalanan ke pasar jika balita Anda mengantuk. Salah satu cara yang baik untuk mendisiplinkan anak adalah dengan tidak memprovokasi dia ketika suasana hatinya sedang tidak baik.

3. Mengembangkan Rasa Diri

Coba libatkan balita Anda dalam aktivitas yang bisa Anda lakukan bersama seperti membereskan mainannya, memasak makanannya, mandi, atau berpakaian. Hal ini dapat membangun rasa penting dalam dirinya karena dia pasti akan menikmati perhatian Anda. Daripada memberikan arahan kepada balita Anda, berikanlah tanggung jawab.

Misalnya, minta dia memutuskan apakah dia ingin mengenakan pakaian hitam atau merah untuk pesta ulang tahun. Memberikan pilihan kepada balita Anda mungkin menyampaikan pesan bahwa Anda menghargai perasaannya dan dia berhak menyampaikan pendapatnya dalam situasi tertentu.

Baca Juga: 9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

4. Pertimbangkan Perspektif Balita Anda

Anak-anak mungkin mengalami kesulitan mengungkapkan ketidaksenangan mereka dengan cara yang tepat. Mereka mungkin mengamuk untuk menunjukkan ketidaksetujuan mereka dalam situasi tertentu.

Contohnya, jika Anda mengambil bolanya sambil mengatakan waktu bermain telah usai namun dia ingin bermain lebih banyak dan Anda tetap menolaknya, maka dia mungkin akan menunjukkan kekesalannya dengan menangis sekeras-kerasnya.

Melihat berbagai hal dari sudut pandang balita Anda dapat membantu Anda mencegah kehancuran yang akan datang. Dalam situasi seperti ini, pahami sudut pandangnya dan temukan cara agar Anda dapat mempertahankan sudut pandangnya dan juga sudut pandang Anda.

5. Mengalihkan Perhatiannya

Balita biasanya memiliki rentang perhatian yang pendek. Anda dapat memanfaatkan rentang perhatian balita yang pendek untuk mengalihkan perhatiannya dengan aktivitas menarik saat ia mengamuk. Mengarahkan balita Anda ke aktivitas produktif dapat membantunya melupakan amukannya.

6. Penguatan Rasa Positif

Usahakan untuk menghargai perilaku baik balita Anda yang mungkin mendorongnya untuk mengulanginya. Misalnya, pujilah tingkah lakunya yang baik di meja atau cara dia merapikan ruangan.

Ketika Anda mengapresiasinya, dia akan senang dan mengerti bahwa dia telah berbuat baik. Hal ini akan mendorongnya untuk berbuat lebih baik dan lebih baik lagi.

7. Gunakan Bahasa yang Benar

Saat tidak menyetujui perilaku balita Anda yang tidak dapat diterima, ingatlah bahasa dan nada bicara Anda. Kehilangan kendali dan membentak balita Anda mungkin bukan ide yang baik. Hal ini hanya akan memperburuk perilaku buruknya.

Tentu saja, Anda mungkin marah, tetapi luangkan waktu untuk menenangkan diri sebelum berbicara dengan anak Anda. Pendekatan terbaik adalah dengan menggunakan nada tegas untuk mengutuk tindakan tersebut tetapi tidak untuk anak tersebut. Jika Anda ingin mendisiplinkan anak Anda, Anda harus menjaga nada bicara Anda.

8. Mengekspresikan Kasih Sayang

Sentuhan orang tua memenuhi kebutuhan anak akan kasih sayang dan rangsangan fisik serta membuatnya merasa aman. Sentuhan pengasuhan dapat membantu memenuhi kebutuhan balita Anda akan kasih sayang dan rasa aman secara fisik.

Orang tua yang memilih pendekatan pengasuhan saat berinteraksi dengan balitanya akan mendorong keterikatan yang sehat dan perilaku yang baik. Ekspresikan cinta Anda secara bebas dengan memeluk, memeluk, mencium, atau sekadar menggendong balita Anda.

Sentuhan pengasuhan juga dapat meningkatkan pertumbuhan fisik dan perkembangan intelektual balita Anda yang sehat secara keseluruhan.

9. Abaikan

Kadang-kadang mengabaikan perilaku balita yang tidak tepat dapat membantu meredakan situasi stres. Cobalah bersabar dan biarkan suasana hatinya yang buruk berlalu. Dia mungkin akhirnya merasa lelah berteriak ketika menyadari bahwa dia tidak mendapatkan perhatian yang dicari.

Nantinya, dia akan menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepada Anda. Terkadang, berdiam diri juga mendisiplinkan anak.

10. Mencontohkan Perilaku

Balita biasanya meniru orang dewasanya. Mereka mempelajari tanggapan mereka terhadap situasi setelah melihat reaksi orang tua mereka. Misalnya cara Anda memperlakukan orang lain, cara Anda mengelola stres, cara Anda mengatasi perasaan negatif, anak Anda diam-diam mengamati Anda dan akan berperilaku sama.

Berhati-hatilah dengan perilaku Anda dan cobalah memberikan contoh yang tepat untuk ditiru oleh anak Anda. Menjadi teladan yang konstruktif bagi balita Anda dapat menjadi cara terbaik untuk mendisiplinkan anak Anda dan menanamkan perilaku baik dalam dirinya.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay