Bagaimana Hukum Puasa Ramadan Bagi Ibu Menyusui? Ini Penjelasannya

Senin 13 Maret 2023, 21:30 WIB
Ilustrasi. Berikut hukum puasa Ramadan bagi ibu menyusui serta tips untuk ibu menyusui saat menjalankan ibadah puasa | Foto: Pexels/Mart Production

Ilustrasi. Berikut hukum puasa Ramadan bagi ibu menyusui serta tips untuk ibu menyusui saat menjalankan ibadah puasa | Foto: Pexels/Mart Production

SUKABUMIUPDATE.com - Tak lama lagi umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadan dimana di bulan istimewa tersebut diwajibkan untuk berpuasa.

Menjalankan ibadah puasa Ramadan merupakan hal wajib bagi setiap kaum Muslim. Pasalnya ibadah puasa menjadi salah satu yang menjadi rukun Islam.

Tapi bagaimana hukum puasa Ramadan bagi ibu menyusui, apakah boleh tidak menjalankan puasa Ramadan? Mengingat ada beberapa golongan orang yang diperbolehkan tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Hukum Puasa Ramadan Bagi Ibu Menyusui

Melansir dari Tempo.co, menurut Irsyad Rafi yang mengacu pada Madzhab Syafi’i dalam Jurnal Bidang Kajian Islam berjudul ‘Golongan yang Mendapatkan Rukhsah dalam Ibadah Puasa dan Konsekuensi Hukumnya’, Allah SWT memberi keringanan (rukhsah) puasa Ramadan bagi golongan tertentu.

Baca Juga: Qadha Puasa Digantikan oleh Orang Lain, Apakah Boleh? Ini Jawabannya

Kelompok tersebut meliputi seseorang yang sedang di perjalanan jauh (safar), menderita penyakit, mengalami paksaan, lupa, bodoh, situasi yang sulit dihindari, dan adanya kekurangan.

Salah satu fatwa Syaikh al-Utsaimin dan al-Jassas dalam kitab Ahkam al-Quran menyebutkan bahwa wanita hamil dan menyusui sesungguhnya tidak termasuk penyebab (udzur) yang mendapatkan kemudahan untuk tidak berpuasa. Apabila wanita hamil dan menyusui dalam kondisi prima, kuat, serta tidak berdampak pada anak. Maka diwajibkan bagi dirinya untuk melaksanakan puasa Ramadan.

Sedangkan wanita hamil pada trimester pertama mengalami muntah, didiagnosis menderita suatu penyakit jika meneruskan puasa menurut tenaga medis, atau ibu menyusui ASI (Air Susu Ibu) eksklusif selama 6 bulan yang dikhawatirkan kualitas ASI-nya menurun. Maka dengan mempertimbangkan mudharatnya, lebih baik wanita tersebut hendaknya berbuka.

Baca Juga: Bagaimana Hukum Telat Qadha Puasa Ramadan? Simak Penjelasannya di Sini

Hukum puasa Ramadan bagi ibu menyusui atau wanita hamil yang hanya mengkhawatirkan kesehatan dirinya saja, bukan si anak, juga diperbolehkan tidak berpuasa. Sebagaimana dalil yang diriwayatkan oleh Ibnu Qudamah dan Imam Nawawi. Namun, wanita tersebut harus memperoleh konsekuensi.

Ada beberapa perbedaan pendapat terkait hukum tidak berpuasa bagi ibu menyusui atau wanita hamil. Imam Abu Hanifah mewajibkan kelompok wanita tersebut untuk mengganti puasa (qadha) sesuai jumlah hari yang ditinggalkan. Pendapat kedua, sejumlah ulama meminta wanita itu untuk membayar fidyah saja sesuai riwayat Ibnu Abbas berikut.

Artinya, “Wanita hamil atau menyusui yang takut terhadap kondisi anaknya, boleh keduanya berbuka (tidak berpuasa) dan wajib membayar fidyah”.

Pendapat ketiga mengharuskan ibu menyusui atau wanita hamil untuk mengqadha disertai membayar fidyah sekaligus. Dalil kewajiban tersebut didasarkan oleh perkataan Ibnu Abbas dan Ibnu Umar. Kedua wanita dari kelompok hamil atau menyusui harus membayar fidyah apabila meninggalkan puasa. Serta mereka juga harus mengqadha puasa jika berbuka saat masih Ramadan.

Baca Juga: Bus Palabuhanratu Bogor Terperosok di Jalan Alternatif Tenjo Ayu Sukabumi

Tips Puasa Ramadan Bagi Ibu Menyusui

Meski diperbolehkan tidak menjalankan Puasa Ramadan, ibu menyusui juga bisa tetap memilih menjalankan ibadah puasa. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar kondisi tubuh tetap fit dan tidak berpengaruh pada kualitas ASI untuk bayi.

Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surabaya Ira Purnamasari, memberikan sejumlah kiat supaya kesehatan dan ibadah puasa Ramadan saling seimbang yang dikutip dari laman um-surabaya.ac.id.

  • Memastikan ibu menyusui mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, termasuk mengganti karbohidrat kompleks agar kadar gula darah stabil.
  • Memilih pangan mengandung protein tinggi dan sedikit lemak, seperti telur ayam maupun ikan.
  • Mengonsumsi sayur dan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral.
  • Hindari makanan terlalu manis, makanan instan, dan berkafein.

Baca Juga: Seperti Ada Mukjizat, Cerita Bidan Desa Rawat Bayi yang Dibuang di Cicurug Sukabumi

Lebih lanjut, Ira juga menambahkan keterangan terkait ibu menyusui yang dianjurkan untuk membatalkan puasa. Yakni apabila mendapati gejala anak sering rewel, buang air kecil lebih dari enam kali sehari, anak terlihat lemas, sembelit, dan berat badan turun.

Serta jika ibu mengalami kondisi haus berlebihan, pusing, sulit berkonsentrasi, keringat dingin, jantung berdebar, atau penglihatan menjadi berkunang-kunang.

Dengan demikian, hukum puasa Ramadan bagi ibu menyusui adalah diperbolehkan untuk meninggalkan atau tetap dilaksanakan. Asalkan, ibu merasa sanggup untuk menunaikan ibadah puasa. Namun, diharuskan memperhatikan segala aspek, yakni kondisi kesehatan ibu dan bayi.

Sumber: Tempo.co/Nia Heppy | Melynda Dwi Puspita

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)
Life27 April 2024, 17:30 WIB

Perhatikan Bahasa Tubuhnya! 6 Cara Mengetahui Gerak-Gerik Orang Berbohong saat Berbicara

Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya.
Ilustrasi - Orang yang sedang berbohong akan nampak dari gerak-gerik tubuhnya dan isyarat tertentu sebagai bukti sedang menutupi fakta dari lawan bicaranya. (Sumber : Pexels/Alena Darmel).
Sukabumi27 April 2024, 17:02 WIB

Lomba Cerdas Cermat hingga MHQ, Daftar Juara Pentas PAI di Cidolog Sukabumi

Ada beberapa perlombaan dalam Pentas PAI di Kecamatan Cidolog.
(Foto Ilustrasi) Ratusan SD mengikuti Pentas PAI se-Kecamatan Cidolog, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Pixabay
Keuangan27 April 2024, 17:00 WIB

Selain Pandai Menabung, Ini 6 Ciri Orang yang Bijak dalam Mengelola Uang

Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya.
Ilustrasi - Orang yang bijak dalam mengelola uang akan nampak dari cara mengaturnya dengan baik dn benar serta diperuntukkan demi masa depan cerahnya. (Sumber : Pexels/ Karolina Grabowska).
Sukabumi27 April 2024, 16:43 WIB

Bikin Resah Tengah Malam, Jalan Lingkar Selatan Sukabumi Jadi Arena Balap Liar

Arena atau trek balap liar di jalan raya lingkar selatan ini biasanya berlangsung di sekitar babakan mangkalaya, Gunungguruh Kabupaten Sukabumi.
Balap liar tengah malam di jalan raya lingkar selatan mangkalaya Sukabumi (Sumber: istimewa)
Life27 April 2024, 16:30 WIB

7 Ciri-ciri Orang Baperan di Sekitar Kita, Jangan-jangan Kamu Termasuk?

Orang baperan memang sering ditemui di lingkungan sosial kita. Keberadaannya selalu hadir dengan segala macam persoalan kejiwaannya.
Ilustrasi - Orang baperan memang sering ditemui di lingkungan sosial kita. Keberadaannya selalu hadir dengan segala macam persoalan kejiwaannya. (Sumber : Pexels/Liza Summer).
Nasional27 April 2024, 16:22 WIB

Getaran Hingga Jakarta dan Sukabumi, Gempa M4,8 di Sumur Banten

Koordinator mitigasi gempa bumi dan tsunami BMKG Dr Daryono menyebut episenter gempa ini berada di koordinat 7.14 LS dan 105.35 BT, berlokasi di laut 58 km Barat Daya Sumur, Provinsi Banten.
Parameter gempa sumur banten, Sabtu (27/4/2024) (Sumber: BMKG)
Life27 April 2024, 16:00 WIB

Ketahui Kuncinya! 6 Etika Ngobrol yang Harus Diterapkan Jika Ingin Disegani Orang

Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara.
Ilustrasi - Etika dalam berbicara atau ngobrol dengan orang lain harus diterapkan agar supaya memunculkan keseganan dari pendengar atau lawan bicara. (Sumber : Pexels/fauxels).
Produk27 April 2024, 15:54 WIB

Es Krim Magnum di Inggris dan Irlandia Ditarik Gegara Kandungan Plastik, Ini Kata BPOM

Noorman memastikan tidak ada produk Magnum Almond yang masuk ke Indonesia.
(Foto Ilustrasi) Unilever Plc menarik produk es krim Magnum di Inggris dan Irlandia. | Foto: Pexels
Life27 April 2024, 15:30 WIB

6 Ciri Orang Rakus yang Harus Dihindari di Lingkungan Kita, Yuk Waspada!

Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri
Ilustrasi - Orang rakus memang kerap merugikan, sehingga sudah semenstinya untuk tidak terlalu akrab dengannya. Tentu demi kesehatan mental itu sendiri. (Sumber : Pexels/MART PRODUCTION).