10 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Indonesia, Penuh Makna dan Suka Cita

Sabtu 25 Februari 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi - 10 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Indonesia, Penuh Makna dan Suka Cita. | (Sumber : Instagram/@ridwankamil.)

Ilustrasi - 10 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Indonesia, Penuh Makna dan Suka Cita. | (Sumber : Instagram/@ridwankamil.)

SUKABUMIUPDATE.com - Ramadan adalah salah satu bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Menjelang Ramadan, biasanya terdapat tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat di tanah air.

Tradisi unik menyambut Ramadan ini bahkan sudah dilakukan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia secara turun temurun. Mereka melestarikan tradisi menyambut Ramadan sejak dahulu kala.

Tradisi menyambut Ramadan di Indonesia ini memang terbilang unik. Masyarakat merayakannya dengan cara berbagi makanan, pesta rakyat, saling maaf-maafan, silaturahmi dan lainnya.

Hingga saat ini tradisi menyambut Ramadan masih terus dilakukan oleh masyarakat Indonesia dan seakan hal tersebut menjadi tradisi yang mesti dilaksanakan setiap tahunnya.

Berikut 10 tradisi unik menyambut bulan Ramadan di Indonesia yang dikutip via Akurat.co.

1. Papajar

Papajar adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Muslim Sunda khususnya di daerah Sukabumi dan Cianjur Jawa Barat. Konon, masyarakat dari kedua daerah ini sudah melakukan tradisi Papajar sejak abad ke 16.

Kata Papajar berasal dari mapag pajar (fajar), yang berarti fajar Ramadan. Istilah dalam bahasa Sunda ialah masyarakat saling membawa makanan dengan lauk pauk yang beragam dan kemudian saling berbagi dalam menyambut bulan Ramadan.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Tradisi Papajar ini dilakukan di penghujung bulan Sya’ban. Masyarakat Sunda melakukan tradisi Papajar secara turun temurun dan hampir setiap tahunnya tradisi ini tak pernah terlewatkan.

2. Meugang

Meugang adalah tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Aceh. Tradisi menyambut ramadan ini lahir sejak masa Kerajaan Aceh, yakni sekitar tahun 1607-1636 Masehi. Kala itu, Sultan Iskandar Muda memotong hewan dalam jumlah besar dan membagikan dagingnya kepada seluruh rakyat Aceh sebagai ungkapan rasa syukur dan tanda terima kasih kepada rakyatnya.

Tradisi ini pun mulai mengakar di antara masyarakat dan dilaksanakan dalam menyambut hari-hari besar umat Islam hingga saat ini. Meugang dilakukan sebagai tradisi menyambut Ramadan dengan memasak daging dalam jumlah besar dan menyantapnya bersama keluarga, kerabat, dan anak-anak yatim piatu.

Baca Juga: Korban Tewas Jadi Dua, Kronologi Kecelakaan Motor di Waluran Sukabumi

Tak jarang daging yang sudah dimasak dibagikan masjid untuk dimakan oleh tetangga dan warga lain, sehingga semua orang dapat merasakan kebahagiaan melalui sedekah dan kebersamaan.

3. Balimau

Tradisi menyambut Ramadan yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat, ini memiliki makna untuk membersihkan diri sebelum memasuki bulan yang suci. Balimau dilakukan di aliran sungai atau tempat pemandian dengan menggunakan jeruk nipis karena msayarakat terdahulu belum mengenal sabun mandi.

Balimau dilakukan dengan mengguyurkan air yang sudah dicampur dengan jeruk nipis, rempah-rempah, dan ramuan bunga ke sekujur badan. Menggosok seluruh bagian badan hingga dirasa sampai bersih. Tradisi ini adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan juga menjadi ajang silaturahmi.

4. Nyorog

Nyorog adalah tradisi menyambut Ramadan yang dilakukan rutin setiap tahunnya oleh masyarakat Betawi. Tradisi ini dilakukan dengan membagikan bingkisan yang berisikan makanan siap saji, seperti sayuran, lauk, nasi, dan lainnya. Bergesernya jaman, isi dari bingkisan ini berubah menjadi makanan atau bahan pokok, seperti kopi, gula, sirup, dan biskuit.

Baca Juga: Lempar Bakso Diduga Isi Sabu ke Lapas Nyomplong Sukabumi, Pelaku Ditangkap

Umumnya berawal dari anggota keluarga termuda yang mengunjungi saudara-saudaranya yang lebih tua dan orang yang dituakan di kampungnya. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk mempererat silaturahmi serta mengetahui kabar keluarga satu sama lain.

5. Dugderan

Dugderan adalah tradisi menyambut Ramadan yang berasal dari Semarang. Tradisi ini sudah dilakukan sejak tahun 1881 yang sampai sekarang masih dilakukan rutin setiap tahunnya. Dugderan biasanya dilakukan dengan adanya pesta rakyat yang meriah.

Bedanya Dugderan zaman sekarang sudah menjadi pesta rakyat yang rangkaian acaranya ada tari-tarian, karnaval, dan tabuh bedug. Di setiap Dugderan pasti Warak Ngendong yang jadi simbol acara ini diarak dan ikut dalam karnaval. Biasanya karnaval akan dimulai dari Balai Kota dan berakhir di Masji Kauman.

6. Suro'baca

Suro’baca tradisi jelang ramadan yang masih terpelihara di Makassar ini selalu dilakukan turun temurun di kalangan suku Bugis. Tradisi ini biasanya dilakukan pada akhir bulan Sya’ban atau H-7 sampai dengan satu hari menjelang bulan Ramadan.

Baca Juga: 10 Keistimewaan Bulan Ramadan yang Perlu Dipahami oleh Umat Muslim

Acara makan bersama sekaligus silahturahmi ini juga biasanya diisi dengan berdoa bersama dan diakhiri dengan ziarah ke makam para leluhur.

7. Grebeg Apem

Grebeg Apem atau dikenal juga sebagai Kirab Apem adalah tradisi menyambut Ramadan yang digelar oleh pemerintah Jawa Timur. Sebanyak ribuan apem dibagikan ke msayarakat, tradisi ini dilakukan sebagai bentuk meminta ampun pada Allah SWT sebelum memasuki bulan Ramadan.

8. Kirab Dandangan

Kirab Dandangan merupakan kirab (festival) yang dilakukan oleh masyarakat Kudus untuk menandai dimulainya ibadah puasa. Istilah dandangan yang diambil dari lantunan suara bedug masjid yang ditabuh ketika memasuki awal bulan Ramadan. Awalnya, tradisi ini dilakukan oleh para santri yang menunggu pengumuman puasa oleh Sunan Kudus di Masjid Menara Kudus.

Melalui tradisi ini dimanfaatkan oleh para pedagang untuk ikut berjualan di sekitar masjid, sehingga kini kirab pun dijadikan momen warga untuk berkumpul sebelum memasuki bulan puasa. Selama kirab berlangsung, desa-desa yang ada di Kudus akan menampilkan kehebatan desa mereka dengan mengarak kerajinan yang mereka buat.

9. Ziarah Kubro

Tradisi Ziarah Kubro sudah menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Muslim Palembang yang tinggal di sepanjang Sungai Musi.Tradisi ini juga diikuti oleh komunitas arab. Diartikan sebagai ziarah kubur adalah kegiatan mengunjungi makam para ulama dan pendiri Kesultanan Palembang Darussalam atau ‘waliyullah’ secara massal. Meski dilaksanakan secara massal, tradisi ini hanya dikhususkan bagi kaum laki-laki.

Tradisi menyambut Ramadan ini biasanya diikuti oleh para peziarah yang mengenakan pakaian serba putih dan melakukan pawai menuju sejumlah titik ziarah di Palembang. Ziarah Kubro berlangsung selama 3 hari berturut-turut dan kerap kali diikuti oleh peziarah yang datang dari kota-kota lain.

10. Pawai Obor

Dari sekian banyak tradisi menyambut Ramadan yang ada di Indonesia, pawai obor adalah salah satu tradisi yang cukup familiar. Pasalnya, pawai obor adalah tradisi yang umum dilakukan masyarakat setempat bukan hanya dalam menyambut Ramadan, tetapi juga merayakan hari besar dalam Islam.

Baca Juga: Berujung Cerita Horor, Geger Kabar Lelaki Lompat dari Jembatan Sekarwangi Sukabumi

Pawai obor sendiri biasanya dilakukan dengan cara arak-arakan membawa obor yang terbuat dari bambu. Hal ini bertujuan untuk menarik antusiasme masyarakat setempat dalam menyambut bulan penuh rahmat sebulan ke depan. Pawai obor juga menjadi sarana silaturahmi antar warga.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola26 April 2024, 05:12 WIB

Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 2024 usai Menang Dramatis atas Korsel

Fenomenal! Timnas Indonesia berhasil lolos semifinal Piala Asia U-23 2024 usai taklukan Korsel lewat drama adu pinalti.
Rafael Struick (kanan) cetak dua gol untuk Timnas Indonesia U-23 di laga versus Korsel. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Science26 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 26 April 2024, Waspada Hujan Petir di Siang Hari

Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari.
Ilustrasi - Cuaca Jawa Barat dan sekitarnya termasuk Sukabumi pada 26 April 2024, yang berpotensi hujan deras disertai petir pada siang hari. | Foto: Freepik.com/wirestock
Life26 April 2024, 00:02 WIB

5 Manfaat Penerapan Pola Asuh Paralel Pada Anak, Salah Satunya Kurangi Masalah Emosional

Keberhasilan mengasuh anak secara paralel tergantung pada menjaga interaksi dengan mantan Anda seminimal mungkin. Karena pola asuh ini memiliki manfaat baik untuk anak.
Ilustrasi manfaat penerapan pola asuh paralel / Sumber Foto: Freepik/@tirachardz
Sukabumi25 April 2024, 23:51 WIB

Tersambar Petir, Rumah di Nagrak Sukabumi Hangus Terbakar

Berikut kronologi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi. Peristiwa terjadi setelah petir menyambar rumah tersebut.
Kondisi kebakaran rumah di Nagrak Sukabumi akibat tersambar petir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 April 2024, 23:23 WIB

Hujan Deras, Banjir Rendam Jalan Raya dan Belasan Rumah di Cidahu Sukabumi

Dipicu hujan deras, jalan raya dan belasan rumah terendam banjir di Pasirdoton Cidahu Sukabumi.
Kondisi jalan raya Cidahu Sukabumi dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 22:18 WIB

PKB Gagas Poros Ketiga, Siapkan Figur untuk Lawan Asjap dan Iyos di Pilkada Sukabumi

ewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Sukabumi saat ini tengah membuka penjaringan bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan diusung dalam Pilkada 2024.
Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) | Foto : Ist
Bola25 April 2024, 21:54 WIB

Kalahkan Borneo FC 2-1, Persib Segel Runner-up Regular Series Liga 1 2023/2024

Dua gol Persib Bandung atas Borneo FC disumbangkan David da Silva menit 20 dan Ciro Alves (70).
Para pemain Persib merayakan gol ke gawang Borneo FC pada pertandingan pekan ke-33 Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, (Sumber : PERSIB.co.id)
Sukabumi Memilih25 April 2024, 21:39 WIB

Tiga Partai Bahas Draft Koalisi, Sepakat Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Sukabumi 2024, sejumlah elit partai tengah sibuk melakukan komunikasi dengan sesama partai untuk membangun koalisi.
Pertemuan Golkar PPP dan Gerindra membahas draf koalisi | Foto : Ist
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).