7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Kamis 23 Februari 2023, 20:00 WIB
7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul. | (Sumber : Wikipedia - Instagram/@ncdpapl.)

7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul. | (Sumber : Wikipedia - Instagram/@ncdpapl.)

SUKABUMIUPDATE.com - Bunga Wijaya Kusuma adalah salah satu tanaman yang memiliki daya tarik tersendiri dibanding dengan tanaman lainnya. Terlebih bagi para kolektor, bunga Wijaya Kusuma sering dijadikan hiasan rumah karena bentuknya yang indah dan menarik.

Wijaya Kusuma sendiri sering dianggap asli dari Indonesia, padahal bunga ini berasal dari Meksiko dan Amerika Utara. Bunga Wijaya Kusuma masuk ke tanah air lewat pedagang tiongkok pada masa kerajaan Majapahit.

Bunga Wijaya Kusuma dikenal sebagai Ratu Malam, karena bunga cantik ini hanya mekar pada malam hari saja. Bunga Wijaya Kusuma hanya mekar dalam waktu hitungan jam saja dan itu terjadi pada malam hari.

Baca Juga: 7 Fakta Bunga Wijaya Kusuma, Bunga Hias yang dijuluki ‘Ratu Malam’

Bunga ini mempunyai bentuk yang indah serta dapat mengeluarkan aroma yang wangi. Meski terlihat indah, bunga Wijaya Kusuma sering dikaitkan dengan hal-hal mistis dan mitos sejak dahulu kala.

Keistimewaan Bunga Wijaya Kusuma

Konon, bunga yang memiliki nama latin Epiphyllium Oxypetalum ini adalah bunga kesukaan para raja dan ratu zaman dahulu. Warna serta kelopak yang cantik menjadi alasan mengapa para raja dan ratu menyukai bunga ini. Para raja sering menjadikan bunga wijaya kusuma ini sebagai hadiah romantis untuk sang ratu.

Baca Juga: Serahkan Diri, Sopir Truk yang Tewaskan Pemotor di Jembatan Pamuruyan Sukabumi

Dalam cerita pewayangan, Kembang Wijaya Kusuma ini dikenal sebagai senjata Prabu Kresna yang memiliki kekuatan untuk menghidupkan orang yang sudah mati, dan menyembuhkan orang sakit. Karena itu, bunga ini juga disebut bunga kehidupan.

Diceritakan, Prabu Kresna menghidupkan kembali Bambang Sabekti dengan mengusapkan bunga wijaya kusuma ke hidung dan seluruh tubuhnya. Bambang Sabekti yang telah mati dengan luka di sekujur tubuhnya setelah berperang melawan Tegamukti, Kumbaradenda dan pasukannya, seketika hidup kembali. Bahkan luka di tubuh Bambang Sabekti hilang tak berbekas.

Selain memiliki keistimewaan di atas, Bunga Wijaya Kusuma juga memiliki beberapa mitos menarik yang masih dipercaya oleh banyak orang, berikut faktanya yang dikutip via Akurat.co.

Mitos Bunga Wijaya Kusuma

1. Bukan Floral Endemik Indonesia

Banyaknya mitos yang beredar mengenai bunga wijaya kusuma membuat, sehingga sering dikira sebagai tanaman endemik Indonesia. Faktanya, bunga ini awalnya berasal dari wilayah Venezuela, Amerika Serikat.

Baca Juga: Misteri Mbak Ayu, Penghuni Tegal Si Awat-awat di Leuweung Hideung Cibitung Sukabumi

Menurut catatan sejarah, tanaman ini pertama kali dibawa oleh para pedagang China asal Tiongkok yang masuk pada zaman kerajaan Majapahit melalui jalur laut.

2. Lambang Kemakmuran

Keberadaan bunga ini di zaman kerajaan dulu terbilang langka dan sulit ditemukan. Sehingga, bila suatu kerajaan ditumbuhi oleh Bunga Wijaya Kusuma, maka kerajaan tersebut dipandang sebagai kerajaan yang makmur.

Selain sebagai lambang kemakmuran bagi kerajaan, bunga wijaya kusuma juga memiliki makna romantis. Mitos yang beredar bahwa bunga wijaya kusuma kerap dijadikan kado dari para raja kepada ratunya. Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan upaya para raja dalam menemukan bunga langka itu.

3. Pembawa Keberuntungan

Bunga Wijaya Kusuma juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Khususnya dalam hal rezeki bagi yang memelihara bunga tersebut. Mitos yang beredar di kalangan masyarakat Jawa ini didasari oleh makna nama Wijaya Kusuma.

Baca Juga: Terima 14 Jahitan, Pelajar Sukabumi Korban Pembacokan Butuh Rp 20 Juta untuk Operasi

Wijaya memiliki arti kemenangan, sedangkan Kusuma memiliki arti tegak. Maka wijaya kusuma bermakna kemenangan mutlak layaknya yang dimiliki seorang raja. Sehingga, pemilik bunga ini disebut akan mendapatkan keberuntungan yang berlimpah.

4. Mendatangkan Jodoh

Mitos lain mengenai bunga Wijaya Kusuma yang masih dipercaya hingga saat ini adalah bunga ini dipercaya mampu mendatangkan jodoh. Hal ini juga masih berkaitan dengan adanya mitos mengenai makna romantis bunga wijaya kusuma di era kerajaan zaman dahulu.

Mustika bunga dipercaya mampu membuka aura pemiliknya, sehingga mudah memikat lawan jenis dan memperlancar bertemu jodoh. Maka dari itu, pemilik harus melihat Bunga Wijaya Kusuma mekar agar sang pemilik segera mendapatkan jodoh.

5. Meningkatnya Derajat

Bukan hanya membuat pemiliknya mendapatkan jodoh, Bunga Wijaya Kusuma juga disebut mampu mendatangkan hal-hal positif lainnya kepada pemiliknya. Salah satunya ialah mampu meninggikan derajat seseorang.

Baca Juga: Singgung Kasus Debt Collector, Kapolres Bakal Sikat Premanisme di Sukabumi

Pemilik Bunga Wijaya Kusuma disebut akan lebih terpandang dan bersinar. Beredarnya mitos ini berkaitan dengan mitos sebelumnya bahwa Wijaya Kusuma menjadi bunga yang disukai oleh raja dan ratu, bahkan hingga mampu melambangkan kemakmuran kerajaan.

6. Penangkal Kesialan dan Gangguan Mistis

Bunga Wijaya Kusuma juga erat kaitannya dengan hal mistis. Bunga ini dipercaya mampu melindungi pemiliknya dari kesialan. Bukan hanya menghilangkan kesialan yang telah ada dalam diri, bunga ini juga melindungi agar pemiliknya tidak diberi kesialan.

Mitos mistis lainnya ialah Bunga Wijaya Kusuma dipercaya bisa menjadi pelindung dari gangguan gaib. Sehingga, pemilik bunga ini akan terhindar dari gangguan-gangguan makhluk yang tidak kasat mata atau bahkan kejahatan gaib.

7. Bunga Kesayangan Ratu Pantai Selatan

Mitos bunga Wijaya Kusuma yang terakhir ialah mitos di masyarakat Jawa bahwa Bunga Wijaya Kusuma dianggap sebagai tanaman kesayangan Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Baca Juga: Malam Jumat Tiba, Inilah 5 Amalan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW

Bahkan, masyarakat Jawa mempercayai bahwa Bunga Wijaya Kusuma simbol dari Nyi Roro Kidul. Maka dari itu, eksistensi bunga yang mekar malam tersebut khusus sebagai persembahan sesajen untuk Nyi Roro Kidul dan bukan untuk ditanam.

Itulah deretan keistimewaan dan mitos Bunga Wijaya Kusuma yang masih beredar di masyarakat. Kira-kira apa mitos yang masih kamu percaya hingga saat ini?

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment21 Februari 2024, 09:15 WIB

Jual 2 Mobil Cuma Dapat 10 Suara, Dede Sunandar Beda Nasib dengan Komeng

Dede Sunandar gagal nyaleg, hanya dapat 10 suara dari hasil jual 2 mobil.
Dede Sunandar gagal nyaleg, hanya dapat 10 suara dari hasil jual 2 mobil. (Sumber : Instagram/@dede_sunandar).
Sehat21 Februari 2024, 09:00 WIB

8 Makanan Terbaik untuk Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer dan Demensia

Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia.
Ilustrasi Berry - Menurut beberapa penelitian, sejumlah makanan dipercaya mampu mengurangi seseorang terkena risiko penyakit Alzheimer dan Demensia. (Sumber : pexels.com /@Josh Sorenson).
Life21 Februari 2024, 08:00 WIB

Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan

Berikut ini kepribadian seseorang dilihat dari cara mereka mengetik pesan singkat
Ilustrasi - Sering Gunakan Emoji? Kepribadian Seseorang Dilihat dari Caranya Mengetik Pesan (Sumber : Freepik/tirachardz)
Produk21 Februari 2024, 07:25 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi Tembus Rp90 Ribu Per Kg

Pedagang ungkap penyebab semakin pedasnya harga cabai di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024.
Harga cabai mahal di Pasar Parungkuda Sukabumi jelang bulan Ramadan 2024. Pedagang ungkap penyebabnya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Februari 2024, 07:00 WIB

Harganya Seringkali Mahal, Simak 10 Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag

Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan
Berikut ini cara menanam cabai rawit di polybag agar berhasil panen dengan memuaskan (Sumber : Freepik/Racool_studio)
Food & Travel21 Februari 2024, 06:00 WIB

Resep Roti Telur Lipat Korea, Inspirasi Sarapan Enak untuk Anak-anak

Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak.
Roti Telur Lipat Korea adalah pilihan sarapan yang mudah, bergizi, dan lezat untuk anak-anak. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan).
Science21 Februari 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 21 Februari 2024, Cek Daerah Mana Saja yang Hujan!

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 21 Februari 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya | Foto: Pixabay
Life21 Februari 2024, 05:00 WIB

Doa Malam Nisfu Sya’ban dari Nabi Yunus AS, Amalkan Sebanyak 3 Kali

Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan.
Ilustrasi - Doa Nabi Yunus di malam Nisfu Sya'ban ini dianjurkan diamalkan. | (Sumber : Pixabay.com)
Nasional20 Februari 2024, 22:52 WIB

KPU Sebut Ada Kesalahan Data Pileg di 4.167 TPS dan Pilpres di 1.223 TPS

KPU mengungkapkan adanya kesalahan data pemilihan legislatif atau pileg di 4.167 Tempat Pemungutan Suara atau TPS di Indonesia.
Konferensi pers KPU soal perkembangan Pemilu 2024. (Sumber : KPU RI)
Nasional20 Februari 2024, 22:30 WIB

Perpres Publisher Rights Resmi Disahkan Presiden Jokowi, Ini Harapan AMSI

AMSI mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengesahkan Perpres Publisher Rights.
Pengesahan Perpres Publisher Rights diumumkan oleh Presiden Jokowi dihadapan para pimpinan perusahaan media dan organisasi jurnalis pada puncak peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta. (Sumber : Istimewa)