7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Kamis 23 Februari 2023, 20:00 WIB
7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul. | (Sumber : Wikipedia - Instagram/@ncdpapl.)

7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul. | (Sumber : Wikipedia - Instagram/@ncdpapl.)

SUKABUMIUPDATE.com - Bunga Wijaya Kusuma adalah salah satu tanaman yang memiliki daya tarik tersendiri dibanding dengan tanaman lainnya. Terlebih bagi para kolektor, bunga Wijaya Kusuma sering dijadikan hiasan rumah karena bentuknya yang indah dan menarik.

Wijaya Kusuma sendiri sering dianggap asli dari Indonesia, padahal bunga ini berasal dari Meksiko dan Amerika Utara. Bunga Wijaya Kusuma masuk ke tanah air lewat pedagang tiongkok pada masa kerajaan Majapahit.

Bunga Wijaya Kusuma dikenal sebagai Ratu Malam, karena bunga cantik ini hanya mekar pada malam hari saja. Bunga Wijaya Kusuma hanya mekar dalam waktu hitungan jam saja dan itu terjadi pada malam hari.

Baca Juga: 7 Fakta Bunga Wijaya Kusuma, Bunga Hias yang dijuluki ‘Ratu Malam’

Bunga ini mempunyai bentuk yang indah serta dapat mengeluarkan aroma yang wangi. Meski terlihat indah, bunga Wijaya Kusuma sering dikaitkan dengan hal-hal mistis dan mitos sejak dahulu kala.

Keistimewaan Bunga Wijaya Kusuma

Konon, bunga yang memiliki nama latin Epiphyllium Oxypetalum ini adalah bunga kesukaan para raja dan ratu zaman dahulu. Warna serta kelopak yang cantik menjadi alasan mengapa para raja dan ratu menyukai bunga ini. Para raja sering menjadikan bunga wijaya kusuma ini sebagai hadiah romantis untuk sang ratu.

Baca Juga: Serahkan Diri, Sopir Truk yang Tewaskan Pemotor di Jembatan Pamuruyan Sukabumi

Dalam cerita pewayangan, Kembang Wijaya Kusuma ini dikenal sebagai senjata Prabu Kresna yang memiliki kekuatan untuk menghidupkan orang yang sudah mati, dan menyembuhkan orang sakit. Karena itu, bunga ini juga disebut bunga kehidupan.

Diceritakan, Prabu Kresna menghidupkan kembali Bambang Sabekti dengan mengusapkan bunga wijaya kusuma ke hidung dan seluruh tubuhnya. Bambang Sabekti yang telah mati dengan luka di sekujur tubuhnya setelah berperang melawan Tegamukti, Kumbaradenda dan pasukannya, seketika hidup kembali. Bahkan luka di tubuh Bambang Sabekti hilang tak berbekas.

Selain memiliki keistimewaan di atas, Bunga Wijaya Kusuma juga memiliki beberapa mitos menarik yang masih dipercaya oleh banyak orang, berikut faktanya yang dikutip via Akurat.co.

Mitos Bunga Wijaya Kusuma

1. Bukan Floral Endemik Indonesia

Banyaknya mitos yang beredar mengenai bunga wijaya kusuma membuat, sehingga sering dikira sebagai tanaman endemik Indonesia. Faktanya, bunga ini awalnya berasal dari wilayah Venezuela, Amerika Serikat.

Baca Juga: Misteri Mbak Ayu, Penghuni Tegal Si Awat-awat di Leuweung Hideung Cibitung Sukabumi

Menurut catatan sejarah, tanaman ini pertama kali dibawa oleh para pedagang China asal Tiongkok yang masuk pada zaman kerajaan Majapahit melalui jalur laut.

2. Lambang Kemakmuran

Keberadaan bunga ini di zaman kerajaan dulu terbilang langka dan sulit ditemukan. Sehingga, bila suatu kerajaan ditumbuhi oleh Bunga Wijaya Kusuma, maka kerajaan tersebut dipandang sebagai kerajaan yang makmur.

Selain sebagai lambang kemakmuran bagi kerajaan, bunga wijaya kusuma juga memiliki makna romantis. Mitos yang beredar bahwa bunga wijaya kusuma kerap dijadikan kado dari para raja kepada ratunya. Hal tersebut dilakukan untuk menunjukkan upaya para raja dalam menemukan bunga langka itu.

3. Pembawa Keberuntungan

Bunga Wijaya Kusuma juga dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Khususnya dalam hal rezeki bagi yang memelihara bunga tersebut. Mitos yang beredar di kalangan masyarakat Jawa ini didasari oleh makna nama Wijaya Kusuma.

Baca Juga: Terima 14 Jahitan, Pelajar Sukabumi Korban Pembacokan Butuh Rp 20 Juta untuk Operasi

Wijaya memiliki arti kemenangan, sedangkan Kusuma memiliki arti tegak. Maka wijaya kusuma bermakna kemenangan mutlak layaknya yang dimiliki seorang raja. Sehingga, pemilik bunga ini disebut akan mendapatkan keberuntungan yang berlimpah.

4. Mendatangkan Jodoh

Mitos lain mengenai bunga Wijaya Kusuma yang masih dipercaya hingga saat ini adalah bunga ini dipercaya mampu mendatangkan jodoh. Hal ini juga masih berkaitan dengan adanya mitos mengenai makna romantis bunga wijaya kusuma di era kerajaan zaman dahulu.

Mustika bunga dipercaya mampu membuka aura pemiliknya, sehingga mudah memikat lawan jenis dan memperlancar bertemu jodoh. Maka dari itu, pemilik harus melihat Bunga Wijaya Kusuma mekar agar sang pemilik segera mendapatkan jodoh.

5. Meningkatnya Derajat

Bukan hanya membuat pemiliknya mendapatkan jodoh, Bunga Wijaya Kusuma juga disebut mampu mendatangkan hal-hal positif lainnya kepada pemiliknya. Salah satunya ialah mampu meninggikan derajat seseorang.

Baca Juga: Singgung Kasus Debt Collector, Kapolres Bakal Sikat Premanisme di Sukabumi

Pemilik Bunga Wijaya Kusuma disebut akan lebih terpandang dan bersinar. Beredarnya mitos ini berkaitan dengan mitos sebelumnya bahwa Wijaya Kusuma menjadi bunga yang disukai oleh raja dan ratu, bahkan hingga mampu melambangkan kemakmuran kerajaan.

6. Penangkal Kesialan dan Gangguan Mistis

Bunga Wijaya Kusuma juga erat kaitannya dengan hal mistis. Bunga ini dipercaya mampu melindungi pemiliknya dari kesialan. Bukan hanya menghilangkan kesialan yang telah ada dalam diri, bunga ini juga melindungi agar pemiliknya tidak diberi kesialan.

Mitos mistis lainnya ialah Bunga Wijaya Kusuma dipercaya bisa menjadi pelindung dari gangguan gaib. Sehingga, pemilik bunga ini akan terhindar dari gangguan-gangguan makhluk yang tidak kasat mata atau bahkan kejahatan gaib.

7. Bunga Kesayangan Ratu Pantai Selatan

Mitos bunga Wijaya Kusuma yang terakhir ialah mitos di masyarakat Jawa bahwa Bunga Wijaya Kusuma dianggap sebagai tanaman kesayangan Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Baca Juga: Malam Jumat Tiba, Inilah 5 Amalan yang Dianjurkan Nabi Muhammad SAW

Bahkan, masyarakat Jawa mempercayai bahwa Bunga Wijaya Kusuma simbol dari Nyi Roro Kidul. Maka dari itu, eksistensi bunga yang mekar malam tersebut khusus sebagai persembahan sesajen untuk Nyi Roro Kidul dan bukan untuk ditanam.

Itulah deretan keistimewaan dan mitos Bunga Wijaya Kusuma yang masih beredar di masyarakat. Kira-kira apa mitos yang masih kamu percaya hingga saat ini?

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat19 Maret 2024, 09:00 WIB

Nasi Merah: Nutrisi dan Manfaatnya untuk Mengontrol Gula Darah

Saat mengonsumsi nasi merah, penting untuk memperhatikan ukuran porsi Anda dan memadukannya dengan lemak sehat dan protein tanpa lemak untuk meminimalkan lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Meski beras merah tinggi karbohidrat, namun mengandung serat dan nutrisi penting lainnya untuk mengontrol gula darah. (Sumber : Freepik.com/@topntp26).
Nasional19 Maret 2024, 08:11 WIB

Hati-hati! Perusahaan Telat Bayar THR akan Didenda 5 Persen

Meski telah didenda 5 persen, tak menghapus kewajiban untuk membayarkan THR.
(Foto Ilustrasi) Kemnaker akan memberikan denda bagi perusahaan yang tak mematuhi kewajiban THR Idul Fitri 2024. | Foto: Istimewa
Kecantikan19 Maret 2024, 08:00 WIB

7 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang yang Memiliki Kulit Mulus dan Bersinar

Ada sejumlah rahasia dibalik kecantikan wanita jepang yang memiliki kulit mulus.
Ilustrasi - Ada sejumlah rahasia dibalik kecantikan wanita jepang yang memiliki kulit mulus. (Sumber : Unsplash.com/@Lau keith).
Sehat19 Maret 2024, 07:00 WIB

Banyak Minum Air Putih, Simak 9 Cara Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Berikut ini beberapa cara mencegah serangan asam urat yang sering kambuh salah satunya dengan memulai gaya hidup sehat
Ilustrasi - Banyak Minum Air Putih, Simak 9 Cara Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh Sumber: Freepik/@freepik
Sehat19 Maret 2024, 06:00 WIB

Apakah Anda Punya Salah Satunya? Ini 9 Ciri Orang yang Mudah Terserang Asam Urat

Berikut ini beberapa ciri-ciri orang yang mudah terserang asam urat, waspada jika anda memiliki salah satunya
Ilustrasi - Apakah Anda Punya Salah Satunya? Ini 9 Ciri  Orang yang Mudah Terserang Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik)
Science19 Maret 2024, 05:30 WIB

Prakiraan Cuaca Jabar 19 Maret 2024, Banyak Daerah Cerah Berawan Saat Pagi

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 19 Maret 2024
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 19 Maret 2024 (Sumber : Freepik/timolina)
Life19 Maret 2024, 05:00 WIB

Jangan Sia-siakan! Bulan Ramadan Waktunya Berdoa Karena Doa-doa Sangat Mustajab

Bulan Ramadan adalah waktu terbaik untuk berdoa memohon keinginan kepada Allah SWT.
Ilustrasi - Bulan Ramadan adalah waktu terbaik untuk berdoa memohon keinginan kepada Allah SWT. (Sumber : pexels.com/@Monstera Production).
Jawa Barat19 Maret 2024, 02:48 WIB

KPU Tetapkan 4 Calon Anggota DPD RI Jawa Barat Raih Suara Terbanyak, Komeng Tembus 5,4 Juta

Rapat pleno terbuka perhitungan suara hasil Pemilu DPD RI oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jawa Barat telah mengesahkan hasil rekapitulasi calon anggota DPD. Senin, (18/3/2024).
4 calon anggota DPD RI dari Jawa Barat dengan perolehan suara terbanyak (Alfiansyah Komeng, Aanya Rina Casmayanti, Jihan Fahira, dan Agita Nurfianti) | Foto : Sukabumi Update
Nasional19 Maret 2024, 01:09 WIB

Mirip Jusuf Kalla, Pengamat Sebut Gibran Berpeluang Jadi Ketua Umum Golkar

Gibran Rakabuming Raka disebut bisa menjadi Ketua Umum Golkar seperti Jusuf Kalla. Hal itu disampaikan pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari
Gibran Rakabumi Raka saat bersama Ketua Umum Airlangga Hartanto dan Abu Rizal Bakrie | Foto : Faktualnews.co
Sukabumi19 Maret 2024, 00:48 WIB

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Selasa 19 Maret di Sukabumi, Jangan Lupa Doa Hari ke 8 Ramadhan

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi bersama Dewan Hisab Rukyat (DHR) telah merilis jadwal imsakiyah dan buka puasa untuk seluruh wilayah Sukabumi dan sekitarnya.
Jadwal Imsak dan Buka Puasa Selasa 19 Maret di Sukabumi, Jangan Lupa Doa Hari ke 8 Ramadhan | Foto : Pixabay