Mengenal Anjak Priatama Sukma, Wakil Rakyat Sukabumi dengan DNA Politik yang Kuat

Rabu 22 Maret 2023, 15:00 WIB
Anjak Priatama Sukma, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi 2019-2024 | Foto : dok.sukabumiupdate

Anjak Priatama Sukma, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi 2019-2024 | Foto : dok.sukabumiupdate

SUKABUMIUPDATE.com - Anjak Priatama Sukma, S.Sos, M.Si namanya cukup terkenal dalam perbincangan politik dan parlemen Sukabumi. Pria yang lahir di Sukabumi, 13 September 1982 itu hingga kini tercatat sudah tiga periode menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS).

Anjak Priatama Sukma, yang oleh lingkaran karibnya biasa dipanggil Mang Anjak merupakan sosok politisi muda - yang - jika merunut jejak-jejaknya selama ini di parlemen cukup terlihat menyumbang warna dinamis pada sketsa kebijakan pemerintah kabupaten Sukabumi, setidaknya dalam tiga episode terakhir.

Mantan aktivis kampus Universitas Pasundan Bandung tersebut debut politik fraktisnya dimulai pada 2009 dengan mendaftar sebagai calon anggota legislatif dari daerah pemilihan VI. Diusianya yang relatif muda, Mang Anjak berhasil melenggang ke kursi parlemen.

"pada periode pertama itu saya diamanahi sebagai anggota komisi I, sebuah komisi yang berkelindan dengan pemerintahan, pelayanan publik, sangat birokratis, alhamdulillah kita berhasil menggoalkan perda P3K waktu itu,". cerita Mang Anjak seperti dalam cuplikan podcast sukabumiupdate.com.

Perda P3K (Program Partisipasi Pembangunan Kecamatan) sejatinya merupakan sebuah peraturan yang mewadahi sejumlah usulan pastisipasi publik ditingkat kecamatan, dalam perda itu dipastikan setiap kecamatan memiliki sebuah pagu anggaran untuk pembangunan di wilayahnya.

Berbicara teori partisipasi publik, menurut Mang Anjak secara praktik memang tidak semudah yang dibayangkan. "ternyata gak mudah, apa yang dikenal di bangku kuliah tentang prinsip partsipasi dalam pembangunan, secara praktik, ada banyak prakondisi, kukltur, struktur, anggaran, pemahaman dan latar belakang yang tidak sama antar masyarakat, yang membuat 'kata patisipasi' susah dilaksanakan," ulasnya.

Pada permilu 2014, Mang Anjak yang pernah menjadi staf pengajar di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) itu kembali terpilih menjadi wakil rakyat dari dapil yang sama, yaitu dapil yang membawahi 8 kecamatan, diantaranya; Waluran, Jampangkulon, Surade, Cimanggu, Kalibundeur, Ciracap, Ciemas, Cibitung dan Tegalbuleud.

"konon katanya disitu (dapil VI) basis sosial saya kuat, padahal sebenarnya hubungan saya tidak terlalu kuat, tapi karena keluarga saya banyak disitu, akhirnya terbantu," ujar Anjak mengungkap kenapa kemudian dirinya memilih wilayah pajampangan ketimbang wilayah dimana ia berdomisili di kecamatan Cisaat.

Dan, kini pada pada periode ketiga, setelah kembali lolos ke Jajaway melalui pemilu 2019, lulusan magister politik Universitas Indonesia itu dengan amanah yang kemudian diembankan dipundaknya sebagai Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi. Secara khusus komisi III membidangi: keuangan daerah, retribusi dan perpajakan, lembaga keuangan bukan bank, perusahaan daerah dan perusahaan patungan. penanaman modal, perindustrian, perdagangan dan koperasi, pertanian tanaman pangan, perikanan dan kelautan, serta peternakan, kehutanan dan perkebunan, terus mewarnai kebijakan-kebijakan pembangunan daerah.

"ada beberapa perda yang diinisaiasi komisi III, saat ini masih tahap raperda," tutur Anjak pada medio akhir tahun 2021.

Mendalami DNA Politik Anjak Priatama Sukma

Anjak Priatama Sukma memiliki DNA (darah) politik yang kuat. Karakter politiknya, selain mengalir trah, lingkungan keluarga, pendidikan, bahkan lingkungan pergaulan turut melahirkan dirinya menjadi sosok yang lekat dengan politik.

Ibarat sebuah pepatah arab "kullu ilmin muyassarun lima khuliqo lahu" - "suatu ilmu akan dimudahkan proses mendapatkannya jika diperuntukan bagimu,"

Alkisah, menjadi anak dari seorang pegawai negeri dilingkungan pemerintahan Kabupaten Sukabumi, masa kecil Anjak terbawa pada suasana yang variatif. Tidak heran jika anjak kemudian sering berpindah sekolah mengikuti sang ayah bertugas sebagai camat dan jabatan lainnya. Setidaknya, sejak sekolah dasar hingga sekolah SLTP tercatat 5 kali pindah sekolah.

"Sejak kecil lumayan dinamis, pernah hidup di kota, pernah di desa karena ikut tugas bapak sebagai camat, dan juga beberapa jabatan lainya. Tapi alhamdulillah teman menjadi lebih lebar (banyak) tidak hanya di satu lingkungan," tuturnya.

Lebih dari itu, besar dalam keluarga birokrat, Anjak sejak usia remaja sudah menyaksikan lingkungan dan dinamika politik. Anjak menyebut "secara gak sadar situasi (lingkungan keluarga) itu membentuk saya hari ini sebagai seorang poltisi di Kabupaten Sukabumi,"

"Waktu ayah saya menjadi camat Surade masih terekam dalam ingatan, bagaimana salah satu partai yang didukung birokrasi saat itu, bagaimana mereka mengelola kampanye, menyusun teknik kampanye, memobilisasi masa, termasuk branding, saya juga melihat bagaimana seorang camat harus bergulat dan menyelesaikan berbagai masalah sosial," kenangnya.

Anak kedua dari empat bersaudara itu terbiasa menyaksikan bagaimana dinamika politik dalam keluarga "alhamdulillah Allah memberikan saya kesempatan untuk belajar kepada orang tua, sejak kecil saya belajar terkait (politik) ini," bebernya.

Kemudian, rupanya DNA politik Anjak tidak hanya terbentuk dari keluarga, pilihan pergaulan semasa pendidikan SMA sampai kuliah pun menggiringnya pada penegasan-penegasan dirinya dalam pembentukan identitas politik.

"jadi gini waktu masuk SMA tahun 2000 itu sempat berkenalan dan terpana dengan satu komunitas underground, uniknya karena musik underground ini lirik-liriknya berisi (kritik) sosial politik, justru jadi mempertegas bagaimana cara pandang politik dan idenditas diri," ujar anjak yang sempat meminati musik, namun tidak berlanjut karena rendahnya daya dukung orang tua.

Singkatnya "Hingga kemudian pada saat kuliah, orang lain itu banyak merasa salah mengambil jurusan politik, saya justru sejak awal disitu, sudah tahu apa yang menjadi orientasi dari fakultas fisip yang saya ambil,"

Kelekatan Anjak dalam politik semakin permanen saat lingkungan keluarga memiliki frekuesni yang sama.

"Semua anggota keluarga terlibat di politik, karena, mungkin gak sadar ketika secara formal melihat bagaimana ayah menjadi briokrat (10 tahun menjabat Bupati Sukabumi), sehari-hari kental dan dekat atau terlibat di lingkungan politik. Tentu semua berangkat atas dasar kesadaran, semua terlibat di politik," imbuhnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 April 2024, 19:00 WIB

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung.
Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life19 April 2024, 18:00 WIB

Sedang Alami Luka Batin? Amalkan Doa Kesehatan Mental ini Dari Rasulullah SAW

Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup.
Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup. | Foto : Pixabay