Lebih Dekat dengan Heri Antoni, Wakil Rakyat Kabupaten Sukabumi Kaya Pengalaman

Rabu 22 Februari 2023, 09:19 WIB
Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PAN Heri Antoni. | Foto: YouTube/Sukabumi Update

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi PAN Heri Antoni. | Foto: YouTube/Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Heri Antoni saat ini merupakan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi periode 2019-2024 dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN). Pria kelahiran 1 Oktober 1962 tersebut mulai dikenal di panggung politik Sukabumi setelah dirinya terpilih menjadi anggota legislatif dari daerah pemilihan IV Kabupaten Sukabumi.

Mantan aktivis kampus Institute Pertanian Bogor (IPB) tersebut dua kali terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari daerah pemilihan Cisaat dan 8 kecamatan lainnya, pertama periode 2014-2019 menjabat anggota dewan melalui Pergantian Antar Waktu (PAW) mengganti anggota yang dewan yang meninggal.

Periode keduanya, 2019-2024, Heri terpilih secara bulat mengungguli calon lainnya di Partai Amanat Nasional (PAN) daerah pemilihan IV Sukabumi yang meliputi; Kecamatan Cisaat, Kadudampit, Sukabumi, Gunungguruh, Sukaraja, Sukalarang, Cireunghas, Kebonpedes, dan Gegerbitung.

Baca Juga: DPRD Sukabumi Dorong Proyek Jembatan Pamuruyan Baru Rampung Sebelum Idulfitri

Heri Antoni yang pernah menjadi tenaga pengajar Ilmu Alamiah Dasar di STAI Sukabumi tersebut dalam politik praktis di Sukabumi debutnya dimulai tahun 2003 saat dirinya didaulat untuk mengikuti perhelatan kepala desa di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi. Kemudian pada tahun 2012 ia mencelupkan kakinya lebih dalam di politik dengan menjadi Ketua DPD PAN Kecamatan Cisaat.

Politik, menurut Heri Antoni, seperti pisau atau sarana saja, pisau bisa dipakai mengiris bawang juga bisa dipakai membunuh.

"Politik adalah kekuasan, dengan berkuasa kita bisa mewujudkan mimpi dan kebaikan untuk masyarakat. Dengan kekuasaan kita bisa menghadirkan hadits Rasulullah "khairunnas anfa'uhum linnas", tanda tangan kita bisa memberikan manfaat pada 2,8 juta masyarakat Sukabumi sekaligus, atau sebaliknya bisa mendzalimi," katanya.

Sesuai dengan keahlian dan pengalamanya dalam bidang agrobisnis, lulusan fakultas perikanan IPB angkatan 1982 dan pernah menjadi konsultan di bidang pertanian tersebut kini memilih terlibat di Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi yaitu komisi yang membidangi perekonomian dan keuangan.

Secara khusus komisi III membidangi: keuangan daerah, retribusi dan perpajakan, lembaga keuangan bukan bank, perusahaan daerah dan perusahaan patungan. penanaman modal, perindustrian, perdagangan dan koperasi, pertanian tanaman pangan, perikanan dan kelautan, serta peternakan, kehutanan dan perkebunan.

Penggagas berdirinya LSM LAPPAN (Lembaga Pemerhati Penggunaan Anggaran Negara) tersebut tentunya sangat khatam dengan alur kebijakan keuangan pemerintah daerah.

Baca Juga: Musrenbang Sukabumi, DPRD Bicara Relevansi Usulan Program dengan Visi Bupati

Jejak Heri Antoni di Sukabumi

Pria kelahiran Prabumulih, Sumatera Selatan, itu kini tidak nampak seperti seorang rantau. 30 tahun lebih menjadi warga Sukabumi menjadikan dirinya paham bagaimana bersosial dan berkeluarga dengan masyarakat Sukabumi

Alkisah "awalnya ikut isteri ke Sukabumi karena bertugas menjadi Pegawai Negeri Sipil di Pemda Sukabumi," kata Heri Antoni.

Sebagai aktivis Heri kemudian berbaur dengan berbagai kalangan di Sukabumi dan sempat mendirikan Sekolah Teknologi Bahari di Cimaja, Cisolok serta pernah mengajar di beberapa sekolah lainnya.

Berdomisili di Kompleks GOR Cisaat RT 03/03 Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat. Heri Antoni mengaku dekat dan sering berinteraksi dengan petani Sukabumi.

"Untuk bisa menyelami kehidupan para petani itu hanya bisa jika ikut serta menjadi pelakunya," jelasnya.

Kehidupan Keluarga

Mendapatkan tambatan hati semasa kuliah dengan latar sama-sama aktvis kampus. Heri menyebut istri tercintanya yang saat ini menjabat Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi itu dulu pasangan setia di kepanitaan kegiatan kampus.

Dari pernikahannya dengan istri tercinta Dedah Herlina, Heri Antoni dikaruniai 4 orang anak. Dari keempat putra-putrinya, tiga di antaranya sudah menikah.

(Advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:00 WIB

10 Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali

Mengelola perasaan sedih dan mencapai kebahagiaan bisa menjadi perjalanan yang panjang.
Ilustrasi. Cara Menghilangkan Rasa Sedih Agar Hidup Bahagia Kembali (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Sukabumi25 April 2024, 18:49 WIB

Menghadapi Situasi yang Mengecewakan, Simak 4 Alasan Mengapa Anak Bertingkah Seperti Ini

Meskipun menangani anak-anak Anda yang bertingkah bisa menjadi tantangan di saat-saat yang panas, yakinlah bahwa semua anak akan bertingkah pada satu waktu atau yang lain
Ilustrasi alasan mengapa anak bertingkah | Foto : Freepik/@freepik
Sehat25 April 2024, 18:38 WIB

7 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Anak-anak, Yuk Bunda Cari Tahu

Apel mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan kalium.
Ilustrasi manfaat apel bisa meningkatkan kesehatan otak.( Sumber Foto: pexels.com/ @Mareefe )
Bola25 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Borneo FC: Duel Dua Tim Papan Atas!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi25 April 2024, 18:09 WIB

Disingkat Berkah, Motto Camat Baru Waluran Sukabumi Dongkrak Potensi Alam

Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi menggelar halal bihalal dan pisah sambut dari camat lama Ali Murtado ke camat baru Supendi, di aula kantor Kecamatan Waluran, Kamis (25/4/2024)
Pisah sambut camat Waluran Kabupaten Sukabumi dari Ali Murtado ke Supendi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 April 2024, 18:08 WIB

Rapat Dinas dan Halal Bihalal, Dinkes Sukabumi Perkuat Kerjasama Tingkatkan Layanan

Rapat Dinas dan Halal Bihalal Dinkes Kabupaten Sukabumi ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kadinkes Kabupaten Agus Sanusi saat menyampaikan arahan dalam rapat dinas sekaligus halal bihalal yang dibuka Bupati Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)