Selain Segar, 6 Minuman Ini Bisa Bantu untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan tubuh

Senin 10 Juni 2024, 19:45 WIB
Ilustrasi jus jeruk adalah salah satu minuman segar yang membantu tingkatkan kekebalan tubuh (Sumber : Pexels.com/@Pixabay)

Ilustrasi jus jeruk adalah salah satu minuman segar yang membantu tingkatkan kekebalan tubuh (Sumber : Pexels.com/@Pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dari virus musiman, cuaca buruk, dan infeksi lainnya, penting memberi tubuh makanan dan minuman sehat tertentu.

Kebanyakan orang langsung mengkonsumsi vitamin C ketika mereka ingin membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat. Namun, vitamin C bukanlah satu-satunya cara untuk melawan infeksi karena ada berbagai jenis minuman segar dan sehat yang bisa bantu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

Berikut 6 minuman sehat dan segar yang bisa bantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sebagaimana dikutip dari laman healthshots:

Baca Juga: 7 Cara Menghindari Lonjakan Kadar Gula Darah Setelah Makan Malam

1. Teh hijau

Minuman pertama adalah Teh hijau yang terkenal karena memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah kemampuan dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Minuman ini kaya akan antioksidan, terutama katekin seperti epigallocationchin gallate (EGCG), yang telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, serta membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif dan radikal bebas, yang dapat merusak sel dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

2. Limun Jahe

Jahe adalah bahan alami lainnya dengan khasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa jahe mengandung senyawa bioaktif seperti gingerol, yang memiliki sifat anti inflamasi serta antioksidan kuat, sehingga dapat membantu mengurangi peradangan, meningkatkan respon imun, meringankan gejala pilek, dan sakit tenggorokan.

Untuk membuat limun jahe, campurkan perasan lemon segar dengan parutan jahe dan air. Tambahkan juga pemanis dengan madu. Minuman ini tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi juga memberikan rasa yang menyegarkan dan tajam, menjadikannya minuman yang nikmat untuk dinikmati kapan saja sepanjang hari.

Baca Juga: Bebas Diabetes, 5 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi

3. Smoothie Jeruk

Buah jeruk seperti jeruk, lemon, dan grapefruit kaya akan vitamin C dan antioksidan, nutrisi penting yang dikenal karena sifatnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Vitamin C diketahui dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang penting untuk melawan infeksi. Bahkan juga bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Anda bisa menyiapkannya sebagai smoothie atau minuman dengan kombinasi buah jeruk favorit dan mencampurkan dengan air, lalu tambahkan sedikit madu atau mint untuk meningkatkan rasanya.

4. Jus Buah Bit

Meski kurang dikenal, tapi Jus Buah Bit sangat efektif untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bit adalah buah dengan sumber antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang baik. Karena di dalamnya kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, folat, mangan, zat besi, serta fitonutrien seperti betalains.

Nutrisi ini mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan meningkatkan sirkulasi darah yang sehat dan mengurangi peradangan.

Baca Juga: 6 Sayuran Ini Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Cek Alasannya!

5. Susu Kunyit

Susu kunyit, sering disebut sebagai susu emas karena mengandung kurkumin, yang merupakan senyawa dengan sifat anti inflamasi dan antioksidan cukup kuat.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Immunology menemukan bahwa kurkumin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memodulasi aktivasi sel T, sel B, dan makrofag. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, minuman ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Minuman Beri

Buah beri seperti blueberry, strawberry, dan raspberry kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Jenis buah ini memang sangat tinggi vitamin C serta flavonoid, yang bisa membantu mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang dialami.

Bahkan, Flavonoid telah terbukti memodulasi aktivitas sel kekebalan tubuh, meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh. Selain itu, minum jus berry juga dapat meningkatkan pencernaan dengan melancarkan buang air besar secara teratur dan mencegah sembelit.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi, Polisi Selidiki Penyebabnya

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist