Selalu Dianggap Sepele! Padahal 5 Makanan Ini Kaya Purin dan Penyebab Asam Urat

Kamis 09 Mei 2024, 14:30 WIB
Pelajari makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dimakan untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat. (Sumber : Instagram/@jeroan.jagoan)

Pelajari makanan apa yang harus dihindari dan apa yang harus dimakan untuk mencegah kambuhnya penyakit asam urat. (Sumber : Instagram/@jeroan.jagoan)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat merupakan salah satu bentuk radang sendi yang menyebabkan persendian bengkak dan kaku. Sebenarnya tubuh dan makanan memiliki zat yang disebut asam urat yang biasanya larut dalam aliran darah.

Bagi sebagian orang yang mungkin memiliki kecenderungan, asam urat tidak larut sepenuhnya. Sebaliknya, ia menumpuk membentuk kristal seperti jarum. Ketika kristal-kristal tersebut menumpuk di persendian, maka terjadilah penyakit asam urat.

Asam urat sangat menyakitkan, dan makanan tertentu dapat memperburuknya. Asam urat yang kambuh bisa disebabkan oleh daging merah dan makanan lainnya. Namun, ada juga makanan yang bisa membantu mencegahnya. Inilah yang perlu diketahui tentang bagaimana pola makan mempengaruhi asam urat.

Baca Juga: 2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Bagaimana Makanan Mempengaruhi Asam Urat?

Makanan yang Anda makan dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam darah Anda. Kadar yang tinggi dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya kristal-kristal ini, sehingga menyebabkan flare-up. Kadar asam urat yang rendah dapat membantu mencegah serangan asam urat.

Makanan tinggi purin cenderung meningkatkan kadar asam urat Anda. Purin adalah molekul yang membentuk DNA Anda dan menjalankan fungsi lainnya. Anda memerlukan purin dalam jumlah tertentu dalam makanan Anda, tetapi jangan terlalu banyak.

Kadar purin yang tinggi tidak hanya meningkatkan risiko asam urat, tetapi juga tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal, dan sindrom metabolik. Namun, beberapa makanan justru bisa menurunkan risiko asam urat.

Baca Juga: Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Berikut ini ada beberapa makanan yang harus Anda tinggalkan jika tidak ingin terjadi serangan asam urat.

Makanan Yang Harus Dihindari

1. Daging Merah

Daging merah adalah contoh utama makanan yang mengandung purin tingkat tinggi. Daging merah yang harus dihindari seperti daging sapi, domba, dan babi.

Tubuh Anda memecah purin menjadi asam urat. Akibatnya, kadar darah Anda meningkat, yang meningkatkan kemungkinan terbentuknya kristal di persendian Anda, yang menyebabkan kambuhnya penyakit.

Daging merah memiliki jumlah dua purin yang disebut hipoksantin dan adenin lebih tinggi dibandingkan makanan pada umumnya. Kedua purin tersebut terbukti meningkatkan risiko asam urat.

Baca Juga: 2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

2. Bir

Alkohol, secara umum, menempatkan Anda pada risiko lebih tinggi terkena serangan asam urat, menurut ulasan yang diterbitkan pada tahun 2017 di Journal of Advanced Research. Namun, bir memiliki risiko paling tinggi memperburuk gejala asam urat dibandingkan minuman keras dan anggur.

Penyedia layanan kesehatan biasanya menyarankan Anda untuk tidak mengonsumsi alkohol selama penyakit asam urat kambuh.

3. Makanan Laut

Makanan laut telah lama dikaitkan dengan risiko asam urat yang lebih tinggi seperti daging merah. Jika Anda menderita asam urat atau berisiko terkena asam urat, sebaiknya membatasi jenis-jenis asam urat berikut ini:

  • Teri
  • Sarden
  • Kerang
  • Kerang
  • Ikan trout
  • Tuna

Makanan laut ini hampir semuanya kaya akan purin dan dapat menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh meningkat. Asam urat ini dapat dengan mudah menyebabkan penumpukan dan semakin memperburuk gejala asam urat.

Baca Juga: Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

4. Minuman Manis

Purin bukanlah alasan Anda harus membatasi minuman manis; gula adalah. Fruktosa, khususnya, dapat meningkatkan kadar asam urat, sehingga meningkatkan kemungkinan kambuhnya asam urat.

Kurangi minuman yang dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi , seperti soda non-diet atau minuman "buah". Pemanis pada minuman tersebut akan merangsang tubuh untuk memproduksi asam urat lebih banyak.

5. Daging Jeroan

Produk hewani secara umum cenderung tinggi purin, namun beberapa jeroan memiliki kadar purin yang sangat tinggi. Seperti halnya daging merah, purin adenin dan hipoksantin juga tinggi pada kelompok makanan ini.

Baca Juga: Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Jeroan, seperti hati, ginjal, jantung, babat, hati, usus, ampela, sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Daging ini dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah Anda. Membatasi asupan daging-dagingan ini dapat mengurangi kemungkinan kambuhnya asam urat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 12:15 WIB

5 Tata Krama yang Perlu Diajarkan pada Anak agar Menjadi Orang Baik saat Dewasa

Tata Krama sejatinya persoalan dasar yang mesti diajarkan kepada anak sejak kecil. Dalam hal ini, orang tua sudah harus mengajarinya agar terbiasa saat dewasa
Ilustrasi - Tata Krama yang harus diajarkan orang tua kepada anak sejak kecil (Sumber : Pexels.com/@Ketutsubiyanto)
Bola20 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Final Championship Series, Persib Bandung Main Kandang Lebih Dulu

Persib Bandung akan memainkan laga kandang lebih dulu di Final Championship Series.
Persib Bandung akan memainkan laga kandang lebih dulu di Final Championship Series. (Sumber : x/@MaduraUnitedFC/@persib).
Life20 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Alasan Kenapa Orang Tua Tak Boleh Memanjakan Anak, Ini Dampaknya

Memanjakan anak adalah pola asuh yang sebaiknya dihindari oleh orang tua. Ini akan membahayakan bagi perkembangan psikologis dan karakter anak ketika dewasa nanti
Alasan Memanjakan Anak Tidak Disarankan kepada Orang Tua (Sumber : Pexels.com/@kampusproduction)
Internasional20 Mei 2024, 11:44 WIB

Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

Kementerian Luar Negeri RI belum memberikan pernyataan atas kejadian ini.
Presiden Iran Ebrahim Raisi dikabarkan meninggal dalam kecelakaan helikopter. | Foto: Istimewa
Kecantikan20 Mei 2024, 11:30 WIB

10 Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat, Gampang Banget!

Selalu gunakan sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk flek hitam.
Ilustrasi. Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat (Sumber : Pexels/RonLach)
Life20 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Perlakukan Orang Tua yang Merusak Kejiwaan dan Mental Anak, Yuk Hindari!

Orang tua sesungguhnya perlu menghindari perlakukan buruk di hadapan anaknya. Sebab dampaknya berbahaya bagi perkembangan si kecil
Ilustrasi Perlakuan orang tua yang tidak boleh dilakukan kepada anak-anaknya (Sumber : Pexels.com/@augustderichelieu)
Nasional20 Mei 2024, 11:06 WIB

Tidak Semua! Daftar 19 Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan tidak menanggung semua jenis penyakit, termasuk operasi.
(Foto Ilustrasi) Berdasarkan Permenkes Nomor 28 Tahun 2014, hanya beberapa operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan. | Foto: Freepik
Life20 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam, Apa Kamu Memilikinya?

Kerendahan hati menunjukkan bahwa seseorang tidak sombong atau terlalu bangga akan dirinya. Sikap ini membuat orang lebih mudah didekati dan disukai.
Ilustrasi - Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam. (Sumber : Pexels/TuấnKiệtJr.)
Sukabumi20 Mei 2024, 10:33 WIB

Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Kota Sukabumi: Semangat Menuju Indonesia Emas 2045

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen untuk mengenang perjuangan para pendiri bangsa dan membangkitkan semangat untuk melanjutkan cita-cita mereka.
Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Senin (20/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life20 Mei 2024, 10:30 WIB

5 Kebiasaan Buruk Perusak Ketenangan Batin yang Harus Dihindari Setiap Hari

Kebiasaan tertentu buruk yang tanpa disadari sering dilakukan dapat merusak ketenangan batin seseorang. Makanya, perlu hati-hati dalam melakukan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari
Ilustrasi seseorang yang hidupnya tidak tenang karena memiliki kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@anthonishkrabaproduction