Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Jumat 03 Mei 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi - Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)

Ilustrasi - Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat bisa dikatakan sejenis radang sendi yang rasanya sangat menyakitkan. Biasanya penyakit ini menyerang satu sendi dalam satu waktu dan seringkali di area kaki yakni jempol kaki. 

Namun, penyakit ini juga bisa menyerang area sendi lainnya seperti siku, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan lutut. Kondisi ini dapat terjadi pada orang dengan hiperurisemia (kadar asam urat tinggi dalam darahnya). 

Asam urat tercipta ketika tubuh memecah purin, bahan kimia yang secara alami ditemukan di dalam tubuh dan terdapat dalam beberapa makanan.  Asam urat melewati periode kambuh, ketika gejala memburuk.

Dihimpun dari verrywellhealt, berikut akan kami jelaskan mengenai gejala, penyebab, pengobatan dan cara pencegahannya.

 

Gejala Asam Urat

Serangan asam urat, juga disebut serangan asam urat, bisa sangat menyakitkan. Hal ini mungkin terjadi secara tiba-tiba, sering kali membangunkan seseorang di tengah malam karena rasa sakit yang hebat dan perasaan seperti sendi yang terkena terbakar.  

Gejala tambahan serangan asam urat mungkin termasuk: 

  • Kemerahan
  • Pembengkakan
  • Kekakuan
  • Area sendi terasa lembut

Serangan asam urat biasanya mencapai puncaknya 12–24 jam setelah dimulai. Setelah itu, penyakit ini perlahan-lahan akan mulai membaik, bahkan tanpa pengobatan. Anda akan pulih dari serangan dalam waktu satu atau dua minggu.

Setelah serangan ini mereda, gejala mungkin tidak muncul selama beberapa waktu. Anda bahkan mungkin hanya mengalami satu atau dua flare per tahun. Asam urat juga bisa menjadi kondisi kronis yang berulang bagi sebagian orang.

 

Penyebab Asam Urat Bergejolak

Penyebab penyakit asam urat adalah terlalu banyaknya asam urat dalam tubuh, sehingga menyebabkan kristal asam urat terbentuk dan menumpuk di persendian, cairan, dan jaringan tubuh. Hiperurisemia tidak selalu menyebabkan asam urat, dan hiperurisemia tanpa asam urat biasanya tidak memerlukan pengobatan apa pun.

  • Kelebihan berat badan
  • Memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti gagal jantung kongestif
  • Minum terlalu banyak alkohol
  • Makan atau minum makanan tinggi gula fruktosa
  • Makan makanan tinggi purin, termasuk daging merah, daging organ, dan beberapa jenis makanan laut, seperti kerang, ikan teri , sarden, dan tuna 
  • Mengonsumsi makanan tinggi purin
  • Cedera sendi, seperti jempol kaki terbentur
  • Dehidrasi

 

Mengobati Asam Urat

Ada berbagai pengobatan yang tersedia untuk mengatasi asam urat. Namun, ketika Anda sedang kambuh, Anda sebaiknya fokus untuk meredakan serangan asam urat secepat mungkin. 

Jika Anda sedang mengonsumsi obat untuk menurunkan kadar asam urat, Anda harus terus meminumnya selama serangan asam urat. Contohnya termasuk Zyloprim (allopurinol) dan Uloric (febuxostat) yang diresepkan oleh dokter. 

Anda juga dapat mempertimbangkan pengobatan rumahan untuk mengatasi serangan asam urat untuk meringankan ketidaknyamanan Anda. 

  • Mengistirahatkan sendi yang terkena, coba angkat sendi yang terkena. Berjalan dengan tongkat dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi yang nyeri.
  • Kompres sendi yang terkena dengan es untuk meredakan pembengkakan dan meredakan ketidaknyamanan
  • Makan ceri atau minum jus ceri asam: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ceri asam dapat menurunkan kadar asam urat dan mengurangi lamanya serangan asam urat. 
  • Tidak makan makanan bermasalah seperti tinggi purin
  • Menghindari alkohol 

 

Cara Mencegah Asam Urat

Anda mungkin tidak bisa memprediksi kapan serangan asam urat akan menyerang berikutnya. Namun tindakan untuk mencegah serangan di masa depan dapat dilakukan, seperti dengan melakukan hal berikut: 

  • Sesuaikan pola makan Anda: Makanlah makanan yang sehat dan seimbang yang mencakup buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Hindari makanan dan minuman yang dapat meningkatkan kadar asam urat, seperti daging merah, kerang, dan alkohol. 
  • Minum banyak cairan: Anda sebaiknya minum banyak cairan, terutama air putih, untuk menghindari dehidrasi. Hindari minuman manis yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi karena dapat meningkatkan potensi kambuhnya asam urat.
  • Jaga asupan alkohol Anda tetap rendah: Bir dan anggur dapat meningkatkan risiko serangan asam urat. Semakin sedikit alkohol yang Anda minum, semakin rendah risiko serangan. 
  • Menurunkan berat badan: Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan beberapa kilogram saja dapat mengurangi jumlah asam urat dalam darah Anda, yang berarti lebih sedikit kambuhnya asam urat. Berat badan yang lebih sedikit juga dapat mengurangi tekanan pada persendian Anda.
  • Olahraga: Meningkatkan tingkat aktivitas Anda membantu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko kondisi seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, yang umum terjadi pada penderita asam urat. Tentu saja, Anda sebaiknya tidak berolahraga saat mengalami asam urat yang kambuh.
  • Minum obat asam urat Anda secara teratur: Dokter pastinya telah meresepkan obat asam urat, Anda sebaiknya meminumnya secara teratur untuk mencegah serangan asam urat. Dosis yang hilang meningkatkan risiko kambuhnya penyakit.



AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Nasional12 Juli 2024, 19:02 WIB

Bahlil Yakin Bandara di IKN Siap Beroperasi sebelum 17 Agustus 2024

Menurut Bahlil, bandara itu bakal menjadi salah satu fasilitas bagi para tamu yang akan mengikuti kegiatan upacara di IKN.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi pembangunan Bandara VVIP IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, 1 November 2023. Sumber Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden