2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Minggu 05 Mei 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)

Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda sering merasa tidak bisa bergerak karena rasa sakit yang tiba-tiba dan berdenyut-denyut di persendian, terutama di jempol kaki, Anda mungkin menderita serangan asam urat.

Berkembangnya jenis radang sendi yang umum ini juga dapat menyebabkan sendi yang terkena terasa bengkak, nyeri tekan, dan hangat saat disentuh. Dihimpun dari laman womansworld, berikut ada pengobatan rumahan untuk menghilangkan rasa sakit asam urat dalam waktu 10 menit.

Apa itu Asam Urat?

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang paling umum dan terjadi ketika peradangan pada sendi menyebabkan gejala seperti kemerahan, nyeri tekan, dan bengkak.

Baca Juga: Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Asam urat disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam tubuh, yang mengendap di persendian dan menyebabkan radang sendi yang bersifat intermiten, jelas “Theodore R. Fields, MD , spesialis asam urat dan ahli reumatologi di Rumah Sakit Bedah Khusus di New York., NY.”

Beberapa pemicu terbesar serangan asam urat menurut Dr. Fields:

  • Trauma atau cedera pada persendian
  • Dehidrasi
  • Mengonsumsi makanan pemicu yang tinggi purin

Berapa Lama Serangan Asam Urat Berlangsung?

Asam urat adalah suatu kondisi kronis yang secara teknis belum ada obatnya. Namun pengobatan yang konsisten dapat membantu menghilangkan kekambuhan sepenuhnya.

Baca Juga: Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Lamanya serangan asam urat bervariasi dan bergantung pada seberapa cepat Anda mengobatinya. Fields mencatat bahwa gejalanya paling buruk pada hari pertama atau kedua kambuhnya penyakit, karena peradangan meningkat dengan cepat. Jika Anda segera mengobati serangan asam urat, serangan asam urat akan mereda dalam hitungan hari.

Obat Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

1. Teh Jahe

Ilustrasi. Resep Teh Jahe Kunyit, Minuman Menenangkan dan Menyehatkan | Foto: FreepikIlustrasi. Teh Jahe Kunyit, Minuman Menenangkan dan Menyehatkan. | Foto: Freepik.

Istirahat 10 menit untuk mengonsumsi teh jahe dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit yang kambuh. Faktanya, minum hingga 4 cangkir teh jahe setiap hari dapat menenangkan peradangan asam urat serta obat resep, menurut sebuah penelitian di Annals of Biological Research.

Penghargaan diberikan kepada senyawa anti-inflamasi 6-Gingerol, yang menurunkan penanda peradangan dan pembengkakan serta resep NSAID indometasin, tanpa efek samping seperti mulas dan sakit perut.

Cara mengonsumsinya cukup seduh satu kantong teh jahe atau 1 jahe segar ke dalam secangkir air panas selama 5 hingga 10 menit, lalu teguk untuk mendapatkan manfaatnya.

Tambahkan perasan jus lemon ke cangkir teh. Penelitian dalam Annals of the Rheumatic Diseases menunjukkan bahwa lemon menetralkan asam urat yang bersirkulasi dalam tubuh, sehingga meningkatkan efek teh dalam melawan asam urat.

2. Mengoleskan Es

Ilustrasi - Es batu untuk menghilangkan atau meringankan sakit dari asam urat. | Freepik.com.Ilustrasi - Es batu untuk menghilangkan atau meringankan sakit dari asam urat. | Freepik.com.

Mengoleskan es secara menyeluruh selama sekitar 10 menit setiap kali dapat meringankan rasa sakit akibat asam urat,” kata Dr. Fields.

Buktinya dalam sebuah studi di Journal of Rheumatology menemukan bahwa orang yang mengalami serangan asam urat yang menggunakan es mengalami penurunan rasa sakit 43% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak menggunakan perawatan pendinginan.

Es meredakan peradangan menyakitkan yang memperburuk serangan asam urat. Cukup letakkan kompres es di atas sendi yang sakit dan terkena selama 10 menit. Ulangi 3 hingga 4 kali sehari, atau sesuai kebutuhan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi18 Mei 2024, 21:43 WIB

Tertimpa Bangunan Akibat Longsor, Kronologi Tewasnya Penjaga Ponpes di Sukabumi

Meninggalnya Jaenudin pertama kali diketahui oleh tenaga pengajar dan santri.
Petugas di lokasi longsor Ponpes Yaspida, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Nasional18 Mei 2024, 21:07 WIB

Sempat Dirawat, Tokoh Pers Salim Said Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Prof Salim Said dikonfirmasi oleh istrinya, Herawaty.
Salim Said meninggal dunia. | Foto: Istimewa/Ranahriau.com
Sehat18 Mei 2024, 21:00 WIB

Nyeri Dada, 7 Gejala Tak Biasa Kolesterol Tinggi Pada Pria di Malam Hari

Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari.
Ilustrasi - Gejala tak biasa kolesterol tinggi bisa muncul pada pria di malam hari. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi18 Mei 2024, 20:53 WIB

Jumat Berbagi, Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi Bagikan 100 Porsi Makanan

Yuniar Budi Satrio menekankan pentingnya berbagi dengan sesama.
Kegiatan Jumat Berbagi Srikandi PLN dan YBM PLN Sukabumi. | Foto: PLN
Sehat18 Mei 2024, 20:00 WIB

Galau Asam Urat Sering Kambuh? Cobain 6 Makanan Ini untuk Mengobatinya

Asam urat yang menyerang tubuh akan membuat si penderitanya merasa terganggu dan tersiksa.
Ilustrasi. Beberapa makanan ini ampuh untuk mengatasi asam urat. (Sumber : Freepik/lifeforstock)
Life18 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Terbaik Mendisiplinkan Anak Agar Menjadi Penurut dan Tidak Berontak

Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut.
Ilustrasi - Mendisiplinkan anak adalah cara terbaik agar mereka dapat patuh dan menjadi penurut. (Sumber : Pexels.com/@Kampus Production)
Sukabumi Memilih18 Mei 2024, 18:56 WIB

Koalisi Harapan Baru Sukabumi, Relawan Deklarasi Iyos Somantri untuk Pilkada 2024

Iyos mengatakan komunikasi dengan beberapa partai politik terus dilakukan.
Iyos Somantri dimintai keterangan oleh wartawan setelah deklarasi di salah satu hotel di Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Bola18 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Bali United, Siapakah yang Lolos ke Final?

Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024.
Berikut adalah link live streaming Persib Bandung vs Bali United di Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi18 Mei 2024, 18:04 WIB

Penjaga Ponpes di Kadudampit Sukabumi Tewas Akibat Longsor

Polisi berkoordinasi dengan pengurus RT/RW setempat dan Ponpes Yaspida.
Petugas dan warga di lokasi longsor di Kampung Renged RT 10/03 Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (18/5/2024). | Foto: Istimewa
Life18 Mei 2024, 18:00 WIB

5 Doa untuk Membolak Balikan Hati Seseorang, Bisa Bikin Luluh!

Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras.
Ilustrasi berdoa. - Doa membolak balikan hati seseorang ini dapat diamalkan kepada orang yang kita cintai atau kepada mereka yang memiliki hati yang keras. | (Sumber : Foto: Freepik.com)