2 Cara Menghilangkan Rasa Sakit Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

Minggu 05 Mei 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat  dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)

Ilustrasi - Pengobatan rumahan terbaik untuk meringankan rasa sakit akibat asam urat dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)

SUKABUMIUPDATE.com - Apabila Anda sering merasa tidak bisa bergerak karena rasa sakit yang tiba-tiba dan berdenyut-denyut di persendian, terutama di jempol kaki, Anda mungkin menderita serangan asam urat.

Berkembangnya jenis radang sendi yang umum ini juga dapat menyebabkan sendi yang terkena terasa bengkak, nyeri tekan, dan hangat saat disentuh. Dihimpun dari laman womansworld, berikut ada pengobatan rumahan untuk menghilangkan rasa sakit asam urat dalam waktu 10 menit.

Apa itu Asam Urat?

Asam urat adalah bentuk radang sendi yang paling umum dan terjadi ketika peradangan pada sendi menyebabkan gejala seperti kemerahan, nyeri tekan, dan bengkak.

Baca Juga: Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Asam urat disebabkan oleh kelebihan asam urat dalam tubuh, yang mengendap di persendian dan menyebabkan radang sendi yang bersifat intermiten, jelas “Theodore R. Fields, MD , spesialis asam urat dan ahli reumatologi di Rumah Sakit Bedah Khusus di New York., NY.”

Beberapa pemicu terbesar serangan asam urat menurut Dr. Fields:

  • Trauma atau cedera pada persendian
  • Dehidrasi
  • Mengonsumsi makanan pemicu yang tinggi purin

Berapa Lama Serangan Asam Urat Berlangsung?

Asam urat adalah suatu kondisi kronis yang secara teknis belum ada obatnya. Namun pengobatan yang konsisten dapat membantu menghilangkan kekambuhan sepenuhnya.

Baca Juga: Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Lamanya serangan asam urat bervariasi dan bergantung pada seberapa cepat Anda mengobatinya. Fields mencatat bahwa gejalanya paling buruk pada hari pertama atau kedua kambuhnya penyakit, karena peradangan meningkat dengan cepat. Jika Anda segera mengobati serangan asam urat, serangan asam urat akan mereda dalam hitungan hari.

Obat Asam Urat dalam Waktu 10 Menit

1. Teh Jahe

Ilustrasi. Resep Teh Jahe Kunyit, Minuman Menenangkan dan Menyehatkan | Foto: FreepikIlustrasi. Teh Jahe Kunyit, Minuman Menenangkan dan Menyehatkan. | Foto: Freepik.

Istirahat 10 menit untuk mengonsumsi teh jahe dapat secara signifikan mengurangi rasa sakit yang kambuh. Faktanya, minum hingga 4 cangkir teh jahe setiap hari dapat menenangkan peradangan asam urat serta obat resep, menurut sebuah penelitian di Annals of Biological Research.

Penghargaan diberikan kepada senyawa anti-inflamasi 6-Gingerol, yang menurunkan penanda peradangan dan pembengkakan serta resep NSAID indometasin, tanpa efek samping seperti mulas dan sakit perut.

Cara mengonsumsinya cukup seduh satu kantong teh jahe atau 1 jahe segar ke dalam secangkir air panas selama 5 hingga 10 menit, lalu teguk untuk mendapatkan manfaatnya.

Tambahkan perasan jus lemon ke cangkir teh. Penelitian dalam Annals of the Rheumatic Diseases menunjukkan bahwa lemon menetralkan asam urat yang bersirkulasi dalam tubuh, sehingga meningkatkan efek teh dalam melawan asam urat.

2. Mengoleskan Es

Ilustrasi - Es batu untuk menghilangkan atau meringankan sakit dari asam urat. | Freepik.com.Ilustrasi - Es batu untuk menghilangkan atau meringankan sakit dari asam urat. | Freepik.com.

Mengoleskan es secara menyeluruh selama sekitar 10 menit setiap kali dapat meringankan rasa sakit akibat asam urat,” kata Dr. Fields.

Buktinya dalam sebuah studi di Journal of Rheumatology menemukan bahwa orang yang mengalami serangan asam urat yang menggunakan es mengalami penurunan rasa sakit 43% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak menggunakan perawatan pendinginan.

Es meredakan peradangan menyakitkan yang memperburuk serangan asam urat. Cukup letakkan kompres es di atas sendi yang sakit dan terkena selama 10 menit. Ulangi 3 hingga 4 kali sehari, atau sesuai kebutuhan.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat13 Juni 2024, 20:00 WIB

4 Langkah Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Didiagnosis Pradiabetes

Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan.
Ilustrasi - Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan. (Sumber : Freepik.com).
Sehat13 Juni 2024, 19:45 WIB

Bolehkah Ngemil Saat Diabetes? Inilah 9 Camilan Sehat Ramah Kadar Gula Darah

Mengelola kadar gula darah ketika sedang terkena diabetes memanglah tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang senang ngemil dan selalu perlu camilan.
Ilustrasi Penderita diabetes tetap bisa ngemil dengan camilan sehat ramah kadar gula darah (Sumber : Freepik.com/@8photo)