Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Kamis 02 Mei 2024, 20:30 WIB
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).

Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).

SUKABUMIUPDATE.com - Berbeda dengan kebanyakan kondisi penyakit lainnya, asam urat hampir selalu menyerang atau memburuk di malam hari. Saat bersiap-siap untuk tidur atau mencoba untuk tidur, tiba-tiba merasakan sakit yang berdenyut-denyut di daerah kaki.

Bagi banyak orang, rasa sakitnya sangat parah sehingga mereka kesulitan untuk tidur dan asam urat dapat membuat persendian menjadi peka bahkan pada sentuhan sekecil apa pun. 

Parahnya, ketika kurang tidur, gejala peradangan tidak kunjung membaik. Bagaimanapun, tidur adalah saat tubuh kita melakukan banyak penyembuhan. Itulah sebabnya, mengapa sangat penting mempelajari cara menghentikan sakit asam urat di malam hari. 

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Asam Urat Secara Alami, Sehat dan Dijamin Efektif

Ini tidak hanya akan mengurangi gejala puncak Anda, tetapi juga memberi tubuh Anda istirahat yang sangat dibutuhkan.

Apa itu asam urat?

Asam urat adalah salah satu bentuk radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Sendi yang paling umum terkena adalah jempol kaki, namun sendi lain, seperti pergelangan tangan, pergelangan kaki, lutut, dan jari tangan, juga bisa terkena.

Episode asam urat disebabkan oleh kristalisasi asam urat yang tiba-tiba, menyebabkan persendian terasa nyeri dan bengkak. Episode biasanya berlangsung antara 3 hingga 14 hari. Jika tidak diobati, asam urat menjadi kronis dan menyebabkan kerusakan sendi permanen. 

Baca Juga: Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Cara Menghentikan Sakit Asam Urat di Malam Hari

Mengapa asam urat terjadi pada malam hari?

Gejala yang muncul sering kali terjadi pada malam hari. Penyakit asam urat terjadi ketika ada penumpukan kristal asam urat di sendi, yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh pola makan, obat-obatan, atau faktor genetik. 

Dengan asam urat yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat, mengapa penyakit ini memburuk di malam hari? 

Memang bisa terjadi kapan saja sepanjang hari, namun ada banyak alasan mengapa malam hari meningkatkan efek kadar asam urat yang ada, antara lain:

 

  • Dehidrasi: Banyak orang mengalami dehidrasi saat tidur, sehingga menyebabkan pembentukan kristal asam urat di persendian.

 

  • Tingkat kortison turun: Kortison adalah steroid alami yang bertanggung jawab untuk mengatasi peradangan. Pada siang hari, levelnya meningkat; Namun, kortison turun saat kita tidur, sehingga meningkatkan rasa sakit akibat peradangan.

 

  • Perubahan pernapasan: Saat tidur, pola pernapasan melambat sehingga mengurangi kadar karbondioksida yang dihembuskan. Kadar ini meningkat dalam darah, memicu pembentukan kristal asam urat.

 

  • Mengurangi suhu tubuh: Tubuh kita menurunkan suhunya saat tidur, sehingga meningkatkan produksi kristal asam urat. Kita juga cenderung lebih menyukai ruangan yang lebih sejuk, dan ekstremitas kita adalah titik paling keren. 

Baca Juga: Hidup Bersama Diabetes Tak Perlu Panik, 12 Langkah Sehat untuk Mengelola Gula Darah

Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Pada malam hari, Anda tidak mungkin dapat segera mencari pertolongan medis. Jika Anda pernah mengalami sebelumnya, gunakan obat yang diresepkan oleh dokter Anda  pastikan obat tersebut sesuai dengan tanggal yang ditentukan. 

Jika tidak, Anda memerlukan pengobatan sederhana yang dapat memberikan bantuan segera, berikut adalah beberapa caranya yang dihimpun dari laman footandanklecentersofsj.

1. Angka kaki Anda

Menopang kaki diatas bantal atau guling akan langsung meredakan nyeri. Dengan mengurangi sebagian aliran dan tekanan darah, Anda meminimalkan gejala peradangan. Idealnya, kaki harus berada di atas jantung Anda untuk meredakan pembengkakan dan nyeri.

Baca Juga: Diabetes Bukan Akhir Segalanya: 5 Cara Mengelola Gula Darah Tinggi untuk Hidup Sehat

2. Minum obat anti inflamasi

Obat rumahan terbaik adalah obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). NSAID, seperti ibuprofen atau naproxen, tersedia tanpa resep (OTC). Mereka menenangkan nyeri inflamasi, menghilangkan gejala Anda. 

Saat mengonsumsi NSAID untuk episode asam urat, yang terbaik adalah mengonsumsi dosis yang dianjurkan pada interval tertentu. Dengan begitu, Anda tidak bereaksi terhadap rasa sakit tersebut tetapi mencegahnya. 

3. Oleskan es

Es adalah pengobatan yang efektif untuk pembengkakan dan nyeri. Ini akan menenangkan persendian Anda yang pegal dan bengkak. Anda tidak boleh mengoleskan es langsung ke kulit. Sebagai gantinya, bungkus es dengan handuk atau gunakan kompres es. Terapkan hanya untuk jangka waktu singkat 20 menit.

Baca Juga: Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

4. Minum air putih

Jika dehidrasi merupakan faktor utama serangan asam urat di malam hari, minum cairan ekstra sebelum tidur dapat membantu. Berhati-hatilah dengan apa yang Anda minum. Air akan meredakan rasa sakit dan meredakan gejala.

Selain pengobatan segera tersebut, pengobatan asam urat jangka panjang dan perubahan gaya hidup akan memberikan dampak terbesar. Bersama-sama, keduanya dapat mengurangi keparahan dan frekuensi serangan. 

Mempelajari cara menghentikan sakit asam urat di malam hari adalah dengan mengenali tanda-tanda langsungnya dan mengambil tindakan yang efektif dan tegas. Mengangkat sendi, mengompres dengan es, minum air, dan minum obat semuanya akan memberikan bantuan jangka pendek. 

Baca Juga: Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Dalam jangka panjang, pengobatan dan perubahan gaya hidup akan mengurangi serangan asam urat di malam hari, sehingga mengurangi rasa sakit. 



Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 Mei 2024, 18:44 WIB

Dikeluhkan Warga, TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi Ditutup Sementara

DLH Kabupaten Sukabumi dan pihak kelurahan Palabuhanratu sepakat tutup sementara TPS Pangsor Lio.
TPS Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi ditutup sementara usai dikeluhkan warga karena sampah menumpuk. (Sumber : SU/Ilyas)
Life17 Mei 2024, 18:30 WIB

Menebak Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bahasa Cinta yang Diungkapkan

Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun.
Ilustrasi - Kepribadian seseorang dapat diketahui melalui bahasa cinta sekalipun. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Kedua Orang Tua, Sebagai Bentuk Kasih Sayang dari Seorang Anak

Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik.
Ilustrasi doa untuk kedua orangtua - Berdoa untuk orang tua merupakan bentuk bakti dan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan, termasuk nikmat memiliki orang tua yang baik. | (Sumber : Pixabay.com)
DPRD Kab. Sukabumi17 Mei 2024, 17:34 WIB

DPRD Sukabumi Harap PPK Pilkada 2024 Dapat Bekerja dengan Sukses Tanpa Ekses

Usep menjelaskan bahwa kesuksesan PPK adalah kunci dalam menjalankan demokrasi yang baik dan adil untuk memilih pemimpin Kabupaten Sukabumi dan Jawa Barat
Anggota DPRD Usep Wawan berfoto bersama Bupati Sukabumi, Ketua KPU, Forkopimda dan PPK Pilkada 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Musik17 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Saturn Sza yang Viral di TikTok

Lagu Saturn dari Sza banyak diputar sebagai backsound video galau yang  viral di TikTok hingga Instagram.
SZA, penyanyi yang mempopulerkan lagu Kill Bill | Foto: Instagram/@sza
Sehat17 Mei 2024, 16:00 WIB

5 Kunci Sukses Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kembali Kambuh di Masa Depan

Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup.
Ilustrasi - Penderita asam urat dapat memperbaiki gejalanya dan mengurangi frekuensi serangan akut dengan mengikuti langkah-langkah tertentu dalam hal perubahan pola makan dan gaya hidup. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Mei 2024, 15:45 WIB

5 Manfaat Bermain Pura-pura yang Dapat Mengembangkan Imajinasi Anak-anak

Dari memupuk kreativitas hingga mendorong pertumbuhan sosial dan emosional anak, bermain pura-pura atau permainan imajinatif bermanfaat karena berbagai alasan.
Ilustrasi anak-anak yang sedang memainkan permainan pura-pura (Sumber : Pexels.com/@cottonbrostudio)
Life17 Mei 2024, 15:15 WIB

9 Manfaat Kesehatan Menyusui Bayi Bagi Ibu, Salah Satunya Menurunkan Resiko Kanker

ASI memiliki berbagai manfaat bagi si kecil. Tetapi, menyusui juga berdampak baik pada Ibunya
manfaat kesehatan memberikan ASI pada Bayi bagi seorang Ibu (Sumber : Pexels.com/@AnnaShvets)
Nasional17 Mei 2024, 15:01 WIB

Ini Harta Kekayaan Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Disindir Hidup Bermewah-mewahan

Ketua KPU Hasyim As'yari disindir anggota Komisi II DPR RI Fraksi Partai Golkar Riswan Tony soal gaya hidup para anggota KPU yang terlihat bermewah-mewahan.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Istimewa
Inspirasi17 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket, Penempatan di Cikembar, Cisaat dan Pelabuhan Ratu. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)