Jamu Alami Pereda Nyeri Menstruasi, Bisa Bikin di Rumah!

Kamis 20 Januari 2022, 09:16 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Nyeri Menstruasi biasanya akan dialami sebagian perempuan pada hari pertama hingga hari ketiga menstruasi.

Bahkan, ada yang merasakan sakit sebelum menstruasi terjadi atau disebut PMS (Premenstrual Syndrom).

Sakit yang melilit dirasakan dibagian bawah perut ini sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas. Apalagi Nyeri Menstruasi akan dirasakan perempuan setiap bulannya.

Baca Juga :

Penyebab Nyeri Menstruasi pada umumnya terjadi karena Kontraksi otot pada rahim, ketika haid atau menstruasi berlangsung, dinding rahim akan meluruh serta berkontraksi lebih kencang untuk melepaskan sel-sel telur yang gagal atau tidak dibuahi.

Kontraksi tersebut menekan pembuluh darah yang mengelilingi bagian rahim, hal ini menyebabkan pemutusan suplai darah dan oksigen ke rahim.

Mengkonsumsi obat penahan sakit hanya akan menahan rasa sakit dalam waktu singkat atau sementara. Mengkonsumsi obat penahan nyeri juga tidak untuk mengobati.

Jika terlalu sering mengkonsumsi obat penahan sakit, tidak baik untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Apalagi banyak obat penahan sakit yang tidak ramah di lambung dan bisa menyebabkan sakit lambung seperti kandungan ‘Asam Mefenamat’.

Solusinya adalah dengan meminum Jamu Alami. Jamu Alami memang tidak secepat obat kimia cara penyembuhanya, berkala namun pasti. 

Jamu alami sudah dipercaya secara turun temurun dan terbukti menyembuhkan serta menyehatkan tubuh kita.

Jamu Alami bisa kita dapat di toko obat atau tukang jamu. Namun, jamu pereda Nyeri Menstruasi ini ternyata bisa kita buat sendiri dirumah. Cara membuatnya sangat praktis, ekonomis dan juga tidak memakan waktu lama.

Sebelum pada cara pembuatan, mari kita kenali terlebih dahulu kandungan-kandungan yang terdapat dalam bahan-bahan yang akan kita olah menjadi Jamu Alami Pereda Nyeri Menstruasi berikut ini:

1. Kunyit

photoIlustrasi Kunyit - (Pinterest)

Selain dijadikan jamu, kunyit merupakan tanaman rempah yang digunakan untuk memasak. Tanaman kunyit banyak ditemukan di bagian Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia.

Kunyit mengandung zat aktif kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin, merupakan senyawa yang berkhasiat menjadi obat alami atau disebut dengan kurkuminoid.

Kandungan yang terdapat pada kunyit sebagai berikut:

- Kurkumin: R1 = R2 = OCH3 10%

- Demetoksikurkumin: R1 = OCH3, R2 = H 1 – 5%

- Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak atsiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil)

- Lemak 1-3%,

- Karbohidrat 3%,

- Protein 30%,

- Pati 8%,

- Vitamin C 45-55%,

- Garam-garam Mineral (zat besi, fosfor, dan kalsium).

Dalam satu takar sendok teh kunyit yang sudah bubuk, mengandung sekira 200 mg kurkumin, zat aktif ini merupakan antioksidan yang mengandung efek anti radang poten.

Peradangan yang dikurangi oleh zat kurkumin ini adalah dengan menurunkan kadar histamin dan meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

Cara kerja zat aktif Kurkumin adalah memblokir sitokin dan enzim yang menyebabkan inflamasi dalam tubuh kita.

Berbagai hasil uji praklinis menunjukkan bahwa kunyit dapat mengobati berbagai penyakit yang terkait dengan peradangan, seperti: kanker, aterosklerosis, penyakit kardiovaskular, dan radang sendi.

2. Asam Jawa

photoIlustrasi Asam Jawa - (Pinterest)

Jenis buah yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica atau asam jawa ini banyak ditemukan tumbuh di wilayah-wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

Asam jawa biasanya banyak dijadikan olahan makanan, seperti untuk rempah memasak, minuman-minuman kemasan rasa asam jawa dan juga permen.

Banyak kandungan nutrisi yang terkandung pada buah ini yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Kandungan nutrisi yang juga berpotensi melindungi tubuh kita dari berbagai serangan penyakit.

Dari sekira 130 gram asam jawa, memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

- Vitamin B1: 34% dari rekomendasi konsumsi harian

- Vitamin B2: 11% dari rekomendasi konsumsi harian

- Vitamin B3: 12% dari rekomendasi konsumsi harian

- Kalium: 22% dari rekomendasi konsumsi harian

- Magnesium: 28% dari rekomendasi konsumsi harian

- Zat besi: 19% dari rekomendasi konsumsi harian

- Kalsium: 9% dari rekomendasi konsumsi harian

- Fosfor: 14% dari rekomendasi konsumsi harian

- Serat: 6gram

- Protein: 3 gram

- Lemak: 1 gram

- Karbohidrat: 69 gram

- Kalori: 287 kkal

Karbohidrat yang terkandung pada asam jawa tersimpan dalam bentuk gula, banyaknya gula yang terkandung dalam buah asam jawa setara dengan 17 sendok teh. Selain itu, asam jawa juga diperkaya dengan kandungan lain seperti, vitamin C, vitamin K, Vitamin B5 dan asam folat.

3. Gula Aren 

photoIlustrasi Gula Aren - (Pinterest)

Gula Aren merupakan gula yang terbuat dari pohon palem atau palm tree dalam Bahasa inggris (dalam Bahasa sunda dikenal dengan pohon kawung) yang disadap getahnya lalu dimasak sampai air getah tersebut mengental.

Kemudian air getah yang sudah mengental tersebut dicetak kedalam cetakan, biasanya cetakan berbentuk bulat kecil panjang terbuat dari pohon bambu atau bentuk setengah lingkaran dari batok kelapa.

Pembuatan gula merah sejauh ini masih menggunakan cara-cara tradisional yang dibuat oleh pengrajin-pengrajin gula. Justeru pembuatan tradisional ini yang membuat kualitas dan kealamian gula satu ini masih terjaga, tidak terkontaminasi bahan kimia apapun.

Gula merah memiliki banyak kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh, gula merah mengandung vitamin C, Zat besi, kalsium, kalium, fosfor dan magnesium.

Gula merah juga mengandung sejumlah zat yang baik, misalnya kandungan fitonutrien seperti polifenol, flavonoid dan antosianin.

Cara membuat Jamu:

Setelah mengetahui kandungan-kandungan yang diketahui dapat menjadi obat alami bagi rasa sakit yang dirasakan tubuh manusia. Bahan-bahan diatas juga cocok untuk memelihara daya tahan tubuh kita.

Untuk membuatnya, siapkan tiga bahan dasar dan tambahan membuat Jamu Alami pereda Nyeri Menstruasi di atas, seperti kunyit, asam jawa dan gula merah serta air bersih.

- Cuci bersih dan potong melingkar kunyit sebanyak tiga ruas. (Kunyit bisa dikupas atau tidak dikupas asal pencuciannya benar-benar bersih)

- Tiga biji asam jawa

- Satu gula merah berukuran biasa.

- Air sebanyak tiga gelas ukuran besar

- Tambahkan sedikit garam

Masukan semua bahan ke dalam panci atau alat untuk merebus (Alangkah lebih baik jika merebus jamu digunakan wadah yang terbuat dari tanah liat).

Biarkan semua bahan direbus hingga air mendidih. Jika sudah mendidih dan air berubah warna menjadi coklat, kecilkan api kompor dan terus aduk sampai air menyusut menjadi satu gelas dari tiga gelas sebelumnya.

Setelah air sudah menyusut menjadi satu gelas, saring air jamu yang sudah siap ke dalam gelas, minumlah selagi hangat.

Minumlah jamu alami tersebut 3x1 hari, sampai sakit haid benar-benar sembuh. Jamu juga bisa diminum sampai haid selesai. Selain untuk meredakan sakit, jamu bisa untuk memperlancar haid.

Selain untuk obat pereda haid, jamu ini juga bisa dikonsumsi setiap hari, guna memenuhi asupan nutrisi yang banyak dibutuhkan tubuh kita dan memelihara daya tahan tubuh.

Jamu Alami ini juga bisa diminum oleh semua kalangan, baik wanita maupun pria, anak-anak maupun lansia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)