Kaya Antioksidan, Kenali 9 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Kamis 06 Juni 2024, 10:45 WIB
Ilustrasi Teh Hijau yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah kaya antioksidan (Sumber : pixabay.com/@Shimizu06)

Ilustrasi Teh Hijau yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah kaya antioksidan (Sumber : pixabay.com/@Shimizu06)

SUKABUMIUPDATE.com - Teh hijau telah dikonsumsi selama berabad-abad terutama di Asia, dikenal luas karena beragam manfaat kesehatannya yang mengesankan. Minuman ini kaya akan antioksidan, terutama polifenol dan katekin, yang memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berkontribusi terhadap penuaan dini serta berbagai penyakit kronis, termasuk kanker dan penyakit jantung.

Salah satu katekin paling kuat dalam teh hijau adalah epigallocatechin gallate (EGCG), yang telah banyak diteliti karena kemampuannya untuk melawan peradangan, meningkatkan metabolisme, dan bahkan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Baca Juga: 10 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

Antioksidan dalam teh hijau juga berperan dalam menjaga kesehatan otak. Kafein dalam teh hijau, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan kopi dapat memberikan dorongan energi cukup tanpa efek gelisah yang sering dikaitkan dengan kafein berlebihan.

Selain itu, teh hijau mengandung asam amino L-theanine yang dapat melintasi penghalang darah-otak dan meningkatkan aktivitas neurotransmitter GABA, yang memiliki efek anti-kecemasan.

L-theanine juga meningkatkan produksi dopamin dan gelombang alfa di otak, yang berkontribusi pada peningkatan fungsi otak, suasana hati lebih baik, dan ketenangan mental.

Kombinasi kafein dan L-theanine ini membuat teh hijau menjadi pilihan yang bagus untuk meningkatkan kewaspadaan tanpa menyebabkan kecemasan yang berlebihan.

Baca Juga: 6 Minuman Terbaik Untuk Atasi Kadar Gula Darah Tinggi, Bisa Dibuat di Rumah!

Manfaat teh hijau tidak hanya sebatas pada peningkatan fungsi otak dan perlindungan sel. Minuman ini juga terkenal karena potensinya dalam mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan metabolisme.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak, terutama selama latihan. Efek termogenik dari teh hijau, yang berarti kemampuannya untuk meningkatkan produksi panas dalam tubuh, berkontribusi pada peningkatan penggunaan energi, dan pembakaran kalori.

Selain itu, teh hijau juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin, yang penting dalam pencegahan dan pengelolaan diabetes tipe 2. Teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan yang didukung oleh penelitian ilmiah.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat utama teh hijau bagi kesehatan:

Baca Juga: 8 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

1. Kaya Antioksidan

Teh hijau mengandung polifenol dan katekin, terutama epigallocatechin gallate (EGCG), yang memiliki sifat antioksidan kuat, sehingga berfungsi untuk membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Kafein dalam teh hijau, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan kopi dapat meningkatkan fungsi otak. Selain itu, di dalam minuman satu ini juga mengandung asam amino L-theanine yang memiliki efek untuk menenangkan serta dapat meningkatkan fokus.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Teh hijau dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak, yang dapat mendukung penurunan berat badan bila dikombinasikan dengan diet serta olahraga secara rutin.

Baca Juga: Simpel, Ini Cara Buat Air Cuka Apel dan Kayu Manis Untuk Turunkan Gula Darah

4. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa antioksidan dalam teh hijau dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, dan kolorektal.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Teh hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida, serta meningkatkan kolesterol HDL, yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan jantung.

6. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi kadar gula darah, sehingga membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Cara Membuat Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

7. Meningkatkan Kesehatan Mulut

Katekin dalam teh hijau memiliki sifat antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan virus penyebab infeksi gigi serta mulut.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Antioksidan dan sifat antiinflamasi dari teh hijau dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini dan kerusakan akibat sinar UV.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin dalam teh hijau dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Bebas Nyeri Sendi, 8 Jenis Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur, Anda dapat memanfaatkan berbagai manfaat kesehatan ini. Namun, sebaiknya konsumsi minuman satu ini tidak dalam jumlah berlebihan.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)