10 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi dalam Darah

Rabu 05 Juni 2024, 18:45 WIB
Ilustrasi Meningkatkan kualitas tidur merupakan salah satu rutinitas sehat yang bisa turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi Meningkatkan kualitas tidur merupakan salah satu rutinitas sehat yang bisa turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika mengidap kolesterol tinggi, maka banyak sekali kebiasaan yang kurang sehat harus berubah menjadi rutinitas sehat agar kadar kolesterol dalam darah bisa normal.

Banyak sekali rutinitas sehat yang sederhana dan bisa diterapkan dengan baik, bila ingin menurunkan kadar kolesterol dalam darah serta menjadikan tubuh lebih sehat dalam jangka panjang.

Mengutip dari sebuah artikel di laman thehealthsite.com yang diunggah pada 26 Mei 2024 lalu, ada 10 rutinitas sehat yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut diantaranya:

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

1. Memulai Hari dengan Hati yang Damai

Jika Anda pernah didiagnosis menderita kadar kolesterol tinggi dan takut terkena serangan jantung, jangan panik dan tetap tenang!

Sesuai penelitian, memulai hari dengan semacam meditasi mindfulness menurunkan tingkat stres, yang berdampak baik bagi jantung. Stres kronis dapat menurunkan kadar kolesterol, jadi menjaga kesehatan mental sangatlah penting.

2. Minumlah Air Saat Perut Kosong

Mulailah hari dengan rehidrasi tubuh dengan segelas air mineral yang cukup. Apalagi minum air putih di pagi hari memiliki banyak manfaat. Rutinitas sehat ini membantu mengeluarkan racun dari sistem tubuh, memulai metabolisme tubuh, dan juga membantu pencernaan lebih baik. Namun terlepas dari semua itu, menghidrasi tubuh setiap pagi juga membantu mengatur kadar kolesterol dalam darah secara alami.

3. Berolahraga Secara Teratur

Memulai hari dengan beberapa olahraga ringan dan efektif sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Saat berolahraga di pagi hari, Anda benar-benar membantu tubuh mendapatkan energi untuk menjalankan fungsi tubuh.

Namun rutinitas sehat yang satu ini juga penting bagi mereka yang ingin mengontrol kadar kolesterol LDL secara alami. Olahraga pagi secara teratur baik itu jalan cepat atau sesi yoga singkat, dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

4. Makan yang Sehat

Rutinitas sehat lainnya untuk memulai hari terutama ketika mencoba mengendalikan kadar kolesterol, adalah dengan makan sehat. Mulailah hari Anda dengan sarapan kaya serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cara menyerap kolesterol jahat (LDL). Pilih makanan kaya akan biji-bijian seperti buah-buahan musiman, dan sayuran hijau segar.

5. Tetap Tenang, Tetap Bahagia

Penting untuk membangun rutinitas sehat yang baik dan tetap berpegang pada praktik sehat. Perubahan kecil dapat menghasilkan peningkatan signifikan pada kadar kolesterol dalam darah seiring berjalannya waktu.

6. Katakan Tidak Pada Makanan Manis

Makanan olahan dan bergula adalah musuh terburuk bagi mereka yang menghadapi kadar kolesterol tinggi. Karena dapat langsung meningkatkan kadar kolesterol LDL dan mengundang banyak komplikasi kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi setiap orang yang ingin mengontrol kolesterol untuk tidak sekedar, tapi menghindari gula dan makanan olahan.

Baca Juga: 5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

7. Mengadopsi Kebiasaan Ngemil yang Sehat

Memiliki kebiasaan ngemil yang bergizi adalah rutinitas sehat lainnya untuk mengontrol kadar kolesterol. Anda dapat memilih cemilan yang ramah jantung seperti kacang-kacangan, biji-bijian, atau yoghurt Yunani untuk menjaga kolesterol tubuh tetap terkendali.

8. Lemak Sehat Untuk Kesehatan Jantung

Memasukkan makanan yang sebagian besar kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda seperti alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol LDL secara drastis dan alami. Makanan ini juga diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dalam tubuh yang mendukung kesehatan jantung.

9. Periksa Kadar Kolesterol

Rutinitas sehat lainnya adalah mengawasi kadar kolesterol dalam darah setiap hari. Pastikan Anda memantau kadar kolesterol setiap hari agar dapat membantu membuat keputusan yang tepat tentang gaya hidup dan pola makan.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

10. Ikuti Siklus Tidur yang Baik

Kualitas tidur yang baik sangat penting dan kritis untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Upayakan tidur yang cukup yaitu 7-9 jam setiap malam agar mendukung proses alami tubuh, termasuk metabolisme kolesterol.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist
Jawa Barat24 Juni 2024, 17:07 WIB

Dialihkan ke Jalur Sukabumi, Jalan Raya Puncak Bogor Ditutup! Pedagang Tolak Digusur

Arus lalu lintas Sukabumi Bogor siap-siap, jalur puncak ditutup oleh para pedagang kaki lima kawasan puncak Kabupaten Bogor yang menolak penggusuran.
Aksi tutup jalan raya puncak oleh PKL yang menolak digusur Pemkab Bogor (Sumber: youtube tvone)
Musik24 Juni 2024, 17:00 WIB

New Release! Lirik dan Terjemahan Lagu Bad Emotions Henry Moodie

Bad Emotions ini merupakan Lagu Henry Moodie yang baru dirilis.
Official Video Lagu Bad Emotions Henry Moodie. Foto: YouTube/HenryMoodie