Cara Membuat Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Jumat 31 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi -  Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan asam urat, kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ikasartikafrozen/@sarita.yacob)

Ilustrasi - Rebusan daun salam dipercaya dapat membantu menurunkan asam urat, kadar gula darah dan kolesterol dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@ikasartikafrozen/@sarita.yacob)

SUKABUMIUPDATE.com - Daun salam termasuk daun aromatik yang berasal dari pohon salam atau laurel (Laurus nobilis). Daun ini memiliki banyak manfaat dan kerap digunakan sebagai rempah-rempah dalam bumbu masakan untuk memberikan aroma dan rasa khas pada masakan yang diolah.

Selain digunakan sebagai bumbu, daun salam juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan, seperti membantu mengatur gula darah, menurunkan kadar asam urat, menurunkan kolesterol tinggi, meredakan masalah pencernaan, dan memiliki sifat antiinflamasi.

Manfaat dari daun salam adalah untuk mengatur kadar gula darah dan kolesterol. Mengutip laman resmi kemenkes, daun salam mengandung antioksidan, vitamin dan senyawa baik seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, Tanin, Alkaloid, Steroid, Triterpenoid, minyak atsiri (Eugenol dan Methyl chavicol ) dan Flavonoid serta senyawa-senyawa lain. 

Baca Juga: Asam Urat Semakin Menjauh: 5 Bahan Herbal yang Ampuh Mencegah Muncul Kembali

Dihimpun dari penelitian yang dilakukan (Andiani & Chaidir 2016), Daun salam memiliki kandungan flovanoid yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah. Manfaat pemberian rebusan daun salam berkhasiat mengatasi penyakit asam urat dengan cara menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Mengutip ndtv, sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Biochemistry and Nutrition menyimpulkan bahwa mengonsumsi hanya 1 hingga 3 gram daun salam selama 30 hari, membantu bagi penderita diabetes tipe-2 dan meningkatkan fungsi insulin. 

Daunnya memiliki efek hipoglikemik pada penderita diabetes, karena adanya sejumlah fitokimia dan minyak atsiri di dalamnya. Mengonsumsi daun salam terbukti meningkatkan metabolisme insulin dan glukosa. Komponen aktif daun salam adalah polifenol yang membantu mengendalikan kadar glukosa. 

Baca Juga: Bebaskan Diri dari Asam Urat: 6 Bahan Herbal yang Berkhasiat Mengobatinya

Cara Menggunakan Daun Salam

Untuk mendapatkan manfaat daun salam secara maksimal, penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsinya bersamaan dengan pengobatan rutinnya (resep dokter) serta mengikuti aturan pola makan dan gaya hidup sehat lainnya. 

Anda dapat menambahkan daun salam utuh ke dalam sup dan kari atau bahkan menggiling daun salam kering menjadi bubuk dan menambahkannya ke dalam makanan Anda, untuk mendapatkan manfaat dari ramuan tersebut. Sesendok ramuan saja sudah cukup dan dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Namun tidak hanya itu, daun salam juga menunjukkan penurunan 26% kolesterol total termasuk kolesterol LDL (low-density lipoprotein) dan trigliserida serta peningkatan sekitar 20% kolesterol HDL (high-density lipoprotein).

Baca Juga: 7 Cara Efektif Mengobati dan Menurunkan Asam Urat Tinggi dalam Darah

Untuk mengonsumsi daun salam secara simpel, berikut kami bagikan resep membuat rebusan daun salam untuk membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Resep Rebusan Daun Salam untuk Mengobati Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol

Bahan-bahan:

  • 5-7 lembar daun salam segar
  • 500 ml air putih
  • Kayu manis (opsional)
  • Madu secukupnya (opsional)

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih daun salam segar.
  2. Rebus air putih hingga mendidih.
  3. Masukkan daun salam dan kayu manis (opsional) ke dalam air mendidih.
  4. Kecilkan api dan biarkan daun salam rebus selama 15-20 menit.
  5. Saring air rebusan daun salam ke dalam gelas.
  6. Tambahkan madu secukupnya (opsional).
  7. Minum rebusan daun salam hangat-hangat.

Anda dapat minum rebusan daun salam 200ml/hari apabila diperlukan. Untuk hasil yang lebih optimal, kombinasikan konsumsi rebusan daun salam dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Baca Juga: 10 Pengobatan Alami yang Gampang dan Efektif untuk Melawan Asam Urat



AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Entertainment17 Juli 2024, 15:30 WIB

Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya

Jeon Wonwoo adalah member dari boygrup sekaligus anggota unit Hip Hop SEVENTEEN yang berulang tahun hari ini, yaitu Rabu, 17 Juli 2024. Namanya menjadi trending topic di X, karena Carats mengucapkan ulang tahun padanya.
Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya (Sumber : Instagram/@everyone_woo)
Inspirasi17 Juli 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Toko Oleh-oleh Khas Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja di Toko Oleh-oleh Khas Sukabumi, Yuk Cek Kualifikasinya (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi17 Juli 2024, 14:53 WIB

Hutan Pinus Tertutup Tanah, Longsor Susulan Ancam Jalan Jampangtengah Sukabumi

Sementara di bawah lapisan tanah terdapat batuan cadas yang miring dan licin.
Kondisi material longsor berupa tanah yang menutupi area hutan pinus milik Perhutani di pinggir jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Science17 Juli 2024, 14:30 WIB

Selatan Banten dan Sekitarnya Waspada! Fase Purnama Picu Banjir Rob di Pesisir Indonesia

Fenomena ini terkait fase bulan purnama yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di sejumlah perairan di Indonesia.
Ilustrasi banjir rob. Sampah berserakan kotori pantai Karanghawu Cisolok paska gelombang pasang | Foto : Ilyas Supendi
Sehat17 Juli 2024, 14:00 WIB

Rasakan Sendiri Khasiatnya! 8 Manfaat Konsumsi Minuman Jahe dan Kunyit di Pagi Hari

Minuman jahe dan kunyit memiliki sejumlah manfaat kesehatan apalabila dikonsumsi setiap pagi.
Ilustrasi - Minuman jahe dan kunyit memiliki sejumlah manfaat kesehatan apalabila dikonsumsi setiap pagi. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers).
Sukabumi17 Juli 2024, 13:51 WIB

TKP Jarang Dilewati Warga, Kronologi Anjing Temukan Mayat di Hutan Situ Gunung Sukabumi

Mayat yang diduga laki-laki ini ditemukan mengenaskan dan sudah membusuk.
Polisi di lokasi penemuan mayat tanpa busana di kawasan hutan Situ Gunung, Desa Cikahuripan, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. |  Foto: Istimewa
Keuangan17 Juli 2024, 13:50 WIB

Siapkan Perwal, Pj Wali Kota Sukabumi Soal Temuan BPK Anggaran Tunjangan Kinerja RSUD R Syamsudin

BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) menemukan hal tak wajar berdasarkan hasil audit anggaran tahun 2023 di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi