Waspada! Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Pria Usia Lebih dari 30-an

Selasa 04 Juni 2024, 18:15 WIB
Ilustrasi Kram pada otot dapat menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi pada pria usia lebih dari 30-an (Sumber : Freepik.com/@drobotdean)

Ilustrasi Kram pada otot dapat menjadi salah satu tanda kolesterol tinggi pada pria usia lebih dari 30-an (Sumber : Freepik.com/@drobotdean)

SUKABUMIUPDATE.com - Kolesterol tinggi dapat dialami oleh siapapun baik yang masih berusia muda maupun sudah tua, contohnya pada pria usia lebih dari 30-an.

Kadar kolesterol tinggi disebabkan karena terlalu banyak kolesterol LDL dalam darah yang tidak terurai dengan baik oleh tubuh. Masalah kesehatan ini bisa menjadi penyebab penyakit jantung.

Oleh karena itu sangat perlu mengetahui tanda kolesterol tinggi pada pria berusia lebih dari 30-an, bila Anda yang berada di usia tersebut. Agar bisa segera periksa dan ditangani dokter sebelum terlambat.

Melansir dari sebuah artikel di laman theheathsite.com yang diunggah pada 4 Juni 2023, berikut ini tanda kolesterol tinggi pada pria di usia lebih dari 30-an:

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

1. Mati Rasa yang Tidak Biasa di Kaki Saat Malam Hari

Tanda pertama kolesterol tinggi adalah rasa mati rasa yang tidak biasa pada jari tangan dan kaki, terutama saat Anda mencoba untuk tidur di malam hari. Ini adalah indikator awal kolesterol LDL berlebihan menyumbat arteri dan mempengaruhi sirkulasi darah, sehingga berpotensi menyebabkan gangguan saraf.

2. Kaki dan Jari Dingin di Malam Hari

Jika tangan, kaki, dan jari terus-menerus terasa dingin, meskipun daerah sekitarnya hangat, Anda mungkin menganggapnya sebagai indikator tingginya kolesterol LDL. Hal ini muncul karena terbatasnya aliran darah yang terjadi ketika kolesterol terakumulasi di dalam pembuluh darah sehingga mempengaruhi aliran darah normal.

3. Jari dan Kaki Bengkak

Jika Anda pernah melihat jari tangan dan kaki mengalami pembengkakan atau perubahan warna yang tidak biasa, anggap ini sebagai indikator kolesterol tinggi. Timbunan kolesterol LDL dapat menghalangi sirkulasi darah, hingga menyebabkan peradangan serta perubahan warna pada kulit.

Baca Juga: Asam Urat Gak Sembuh Tapi Tambah Parah! Kenali 9 Makanan yang Wajib Dihindari

4. Kram dan Ketidaknyamanan Otot yang Terus-menerus

Pasien kolesterol LDL tinggi mungkin mengalami rasa tidak nyaman dan kram otot pada jari tangan dan kaki, terutama di malam hari. Hal ini terutama terjadi karena kurangnya aliran darah yang dapat menyebabkan ketegangan otot dan nyeri berdenyut.

5. Penyembuhan Luka atau Bekas Luka yang Lambat

Tanda umum kolesterol tinggi lainnya adalah penyembuhan luka tertunda. Ketika kolesterol menyumbat pembuluh darah, hal ini dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memperbaiki jaringan yang rusak, sehingga membuat waktu pemulihan lebih lama dari biasanya bahkan untuk luka kecil, memar, atau luka di jari tangan dan kaki.

6. Kuku Rapuh dan Retak

Perubahan kuku dapat menunjukkan banyak hal tentang kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk masalah kolesterol tinggi. Ya, kolesterol tinggi dapat menyebabkan kuku rapuh atau berubah warna.

Hal ini terjadi ketika kolesterol LDL yang berlebihan mengganggu aliran darah dan sirkulasinya, sehingga mengganggu kesehatan kuku serta kekuatannya secara keseluruhan.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Mencegah Asam Urat Secara Alami Tanpa Obat, Cukup Di Rumah!

7. Kaki Terasa Lemas

Merasa lemas dan lelah terus-menerus pada jari tangan dan kaki, terutama di malam hari mungkin menunjukkan bagaimana kolesterol LDL mempengaruhi vitalitas tubuh. Terhambatnya pengiriman oksigen dan nutrisi karena penumpukan kolesterol dapat mengakibatkan kelemahan dan rasa lelah.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist
Jawa Barat24 Juni 2024, 17:07 WIB

Dialihkan ke Jalur Sukabumi, Jalan Raya Puncak Bogor Ditutup! Pedagang Tolak Digusur

Arus lalu lintas Sukabumi Bogor siap-siap, jalur puncak ditutup oleh para pedagang kaki lima kawasan puncak Kabupaten Bogor yang menolak penggusuran.
Aksi tutup jalan raya puncak oleh PKL yang menolak digusur Pemkab Bogor (Sumber: youtube tvone)