Mendorong Persalinan Normal, 9 Manfaat Kurma dengan Segala Khasiatnya

Selasa 26 Maret 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi - Buah kurma tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. | Foto : Pixabay

Ilustrasi - Buah kurma tidak hanya enak, tetapi juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan. | Foto : Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Buah kurma adalah buah yang berasal dari pohon kurma (Phoenix dactylifera) yang tumbuh di daerah beriklim panas. Buah ini biasanya berbentuk bulat atau oval dengan kulit yang halus dan berwarna cokelat kehitaman ketika matang. Di dalamnya terdapat daging buah yang manis dan berair serta biji yang keras.

Kurma adalah salah satu buah yang paling penting secara historis dan populer, berasal dari Timur Tengah dan Afrika Utara dan juga muncul dalam Al-Qur'an. Kurma dianggap sehat karena kaya akan nutrisi, termasuk serat, antioksidan, serta senyawa tanaman anti inflamasi dan anti tumor. Selain itu, indeks glikemiknya rendah dan dapat mendorong persalinan alami serta mendukung kesehatan tulang dan otak.

Berikut ini adalah manfaat kesehatan yang dari memakan kurma, baik segar maupun kering, dikutip dari verrywellhealth.

Baca Juga: Hidup dengan Asam Urat: 10 Cara Alami Mencegahnya Tanpa Menggunakan Obat-obatan

Dikemas Dengan Nutrisi

Kurma dikenal tinggi gula alami. Namun kurma memang mengandung lebih dari 70% gula. Artinya, mayoritas kalori kurma berasal dari gula (glukosa dan fruktosa). Kurma mengandung lebih banyak kalori per porsi dibandingkan buah-buahan lainnya.

Hal ini membuatnya cocok untuk perjalanan darat, hiking, dan tamasya sehari. Gula dalam kurma mudah diubah menjadi energi, dan kalorinya disertai dengan vitamin dan mineral penting.

Nilai Gizi Satu Porsi Kurma

Satu porsi kurma (varietas Medjool) seberat 3,5 ons (100 gram) mengandung:

  • Kalori: 277
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Kalium: 15% dari total nilai harian yang direkomendasikan (DV)
  • Magnesium: 13% DV
  • Tembaga: 40% DV
  • Mangan: 13% DV
  • Besi: 5% DV
  • Vitamin B6: 15% DV

Baca Juga: Berapa Kadar Gula Darah Normal Pada Lansia Setelah Makan? Ini Kisarannya


1. Serat

Kurma dianggap sebagai sumber serat yang signifikan, dengan hampir 7 gram serat per porsi 3,5 ons atau 100 gram. Secara umum, mendapatkan cukup serat dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi lemak perut dan mencegah penyakit kronis.

Manfaat kesehatan dari serat makanan telah dipelajari dengan baik. Manfaatnya antara lain mengurangi risiko terkena hipertensi, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, obesitas, diabetes, penyakit pencernaan tertentu, penyakit jantung, dan stroke.

2. Antioksidan

Kurma mengandung berbagai macam senyawa tanaman kaya antioksidan yang disebut senyawa fenolik, termasuk flavonoid. Senyawa fenolik pada kurma, selain flavonoid, antara lain p-coumaric, ferulik, dan asam sinapic dan procyanidins.

Antioksidan dari sumber makanan seperti kurma dikatakan dapat mencegah atau menunda kerusakan sel (yaitu antioksidan melindungi sel dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan sel yang kuat).

Baca Juga: Kapan Waktu Terbaik Cek Kadar Gula Darah? Penderita Diabetes Tipe 1 dan 2 Simak Disini

3. Efek Anti Inflamasi

Senyawa tanaman yang berkontribusi terhadap manfaat antioksidan kurma juga dikenal karena efek anti-inflamasinya. Senyawa fenolik dan flavonoid dalam kurma , menurut sebuah ulasan penelitian in vitro dan hewan, dikatakan memberikan dukungan anti-inflamasi yang sangat baik.

Juga dapat memainkan peran penting dalam mengurangi peradangan yang terkait dengan kondisi seperti kanker, diabetes, dan kondisi lainnya.

4. Aktivitas Anti Tumor

Meski alasannya masih belum jelas, nutrisi kurma telah menunjukkan aktivitas anti tumor dalam berbagai penelitian. Para peneliti berpendapat bahwa efek tersebut mungkin berasal dari fenol dan flavonoid yang memainkan peran penting dalam mencegah kanker karena cara mereka mengatur jalur genetik yang terkait dengan kanker.

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

5. Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Penelitian pada hewan telah menunjukkan berbagai manfaat kesehatan jantung dan pembuluh darah dari kurma. Hasilnya menunjukkan manfaatnya termasuk berkontribusi terhadap tekanan darah dan kadar kolesterol yang sehat serta melindungi jaringan jantung dari kerusakan oksidatif dan inflamasi.

Dalam penelitian ini, ekstrak nutrisi kurma pekat digunakan pada tikus untuk mengetahui pengaruh senyawa tanaman ini terhadap kesehatan jantung.

6. Rendah Indeks Glikemik

Meskipun tinggi gula alami, kurma sebenarnya memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah sistem pemeringkatan makanan berdasarkan pengaruh kandungan karbohidratnya terhadap kadar gula darah.

Ini adalah alat penting bagi orang yang bekerja untuk mengelola kadar gula darah mereka. Kurma juga tinggi potasium dan rendah natrium, sehingga menambah manfaat kesehatan bagi penderita hipertensi atau diabetes tipe 2.

Baca Juga: Kadar Gula Darah Normal: Sebelum Makan, Pasca Makan dan Saat Aktivitas

7. Mendorong Persalinan Normal

Pada orang hamil, makan kurma di minggu-minggu akhir kehamilan mungkin bermanfaat untuk mendorong terjadinya persalinan alami dibandingkan dengan persalinan yang diinduksi.

Penelitian yang lebih lama melaporkan bahwa orang yang makan kurma dalam empat minggu sebelum tanggal perkiraan lahir, cenderung tidak memerlukan persalinan induksi (misalnya, mereka lebih melebar saat tiba di rumah sakit, dan waktu melahirkan mereka lebih singkat).

Sebuah penelitian pada tahun 2017 terhadap lebih dari 150 orang hamil juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kurma pada minggu-minggu menjelang persalinan cenderung tidak memerlukan induksi. Namun, studi uji klinis yang lebih besar diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Para ahli berpendapat bahwa peran kurma dalam menginduksi persalinan disebabkan oleh peran oksitosin, yang ditemukan pada kurma. Oksitosin dikenal sebagai hormon pengikat tetapi juga bertanggung jawab menyebabkan kontraksi persalinan.

8. Mendukung Kesehatan Tulang

Kurma menyediakan sumber kalsium dan magnesium yang baik . Ini adalah dua nutrisi penting untuk perkembangan tulang yang sehat. Misalnya, mendapatkan tingkat kalsium yang cukup dikaitkan dengan pembentukan tulang yang tepat dan menurunkan risiko terkena osteoporosis.

9. Mendukung Kesehatan Otak

Kurma dikatakan memiliki manfaat neuroprotektif. Penelitian pada hewan menunjukkan dampak potensial dari makan kurma dan mengurangi risiko pengembangan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Para ahli mengaitkan manfaat kurma bagi kesehatan otak dengan senyawa tanaman fenolik dan antioksidan seperti antosianin, asam ferulic, asam protocatechuic, dan asam caffeic.

Berapa Banyak Kurma yang Boleh Anda Makan Sehari?

Kurma sering disajikan untuk berbuka puasa atau sebagai camilan bergizi. Anda mungkin bertanya-tanya berapa banyak kurma yang boleh Anda makan sehari untuk kesehatan dan mencegah efek samping dari terlalu banyak kurma. Banyak sumber mengatakan Anda bisa makan sekitar tujuh kurma.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science28 April 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 28 April 2024, Pagi Cerah dan Siang Berpotensi Turun Hujan

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 28 April 2024 dimana cuaca cerah berawan pada pagi dan siang berpotensi hujan terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).