bankbjb

Mengenal Emergency Food Product: 4 Jenis Pangan Darurat untuk Korban Bencana

bisa menjadi panduan bagi dermawan yang ingin membantu para penyintas bencana di Cianjur dan Sukabumi.

Fitriansyah
Penulis
Selasa 22 Nov 2022, 18:25 WIB
Mengenal Emergency Food Product: 4 Jenis Pangan Darurat untuk Korban Bencana

SUKABUMIUPDATE.com - Emergency Food Product yang selanjutnya disingkat EFP disebut sebagai pangan darurat. Saat bencana terjadi, pangan darurat biasanya diberikan sebelum pasokan makanan stabil dan dapur umum belum dapat digunakan.

Pasca kejadian gempa merusak dan merenggut korban jiwa di Cianjur, pada Senin 21 November 2022, ribuan jiwa mengungsi. Mereka tentu membutuhkan suplai makanan dari para dermawan, karena sebagian besar rumah hancur begitupun dengan peralatan masak, dan bahan makanan. 

Untuk itu memahami pola dan jenis konsumsi pangan darurat bagi korban bencana diupayakan dapat mengatasi masalah kelaparan dan kekurangan gizi. Terhitung 15 hari dari hari pertama mengungsi, dan bisa menjadi panduan bagi dermawan yang ingin membantu para penyintas bencana di Cianjur dan Sukabumi.

Mengutip dari Penelitian Siti Mariam, Universitas Terbuka, Bandung yang berjudul “PENGEMBANGAN PANGAN DARURAT UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN GIZI MASYARAKAT DI DAERAH TERDAMPAK BENCANA”, berikut Empat Jenis Produk Pangan Darurat yang dapat diberikan pada korban bencana:

1. Food Bars 

Food bars adalah makanan ringan berbentuk batang dan padat. Food bars merupakan salah satu alternatif bentuk makanan yang dapat dikembangkan dengan kecukupan kalori, protein, lemak, dan nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Saat ini food bars komersial di pasaran terbuat dari tepung terigu (gandum) dan tepung kedelai yang merupakan komoditas impor Indonesia. Food bars dapat dikategorikan sebagai EFP (Emergency Food Product) berkaitan kegunaan food bar yang dapat dikonsumsi saat darurat dengan gizi beragam.

Pembuatan food bars sebagai pangan darurat untuk bahan makanan korban bencana alam dapat memperkuat ketahanan pangan nasional. Meskipun berbentuk batang dan biasa dikonsumsi di sela waktu makan, akan tetapi food bars tidak menyebabkan rasa haus dan memiliki kandungan protein tinggi karena dibuat dengan formulasi khusus.

2. Meals Ready to Eat (MRE)

Produk jenis Meals Ready to Eat (MRE) dikenal sebagai salah satu bentuk makanan untuk keperluan militer. Awalnya Meals Ready to Eat (MRE) hanya untuk program luar angkasa dan berkembang menjadi makanan militer, bahkan sekarang digunakan oleh petualang padang gurun dan pangan darurat.


Fitriansyah
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini