Cokelat Hitam dan 7 Makanan Kaya Zinc untuk Perkuat Kekebalan Tubuh

Minggu 15 Maret 2020, 21:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Zinc memiliki peran dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjaga pembentukan sel, mempercepat proses penyembuhan tubuh, hingga memecah karbohidrat. Dilansir dari tempo.co, namun zinc adalah mineral yang tidak bisa diproduksi tubuh, sebab itu asupan zinc dapat diperoleh dari beberapa makanan. 

Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan mengandung zinc secara rutin. Terlebih lagi, 300 enzim yang ada di dalam tubuh Anda, membutuhkan zinc supaya bisa berfungsi baik. 

Berikut ini beberapa makanan yang mengandung zinc.

1. Kerang-kerangan

Kerang adalah makanan mengandung zinc yang bisa Anda coba. Sekitar 6 kerang saja sudah mengandung 32 miligram zinc. Namun, jika Anda sedang hamil, ada baiknya memasak dulu kerang-kerang itu hingga matang sempurna. Hal ini penting untuk menghindari keracunan makan.

2. Daging merah

Daging merah juga menjadi makanan mengandung zinc yang jadi favorit banyak orang, apalagi kalau sudah berbentuk steak. Faktanya, 100 gram daging merah mengandung 4,8 miligram zinc. Selain itu, daging merah juga menjadi sumber zat besi, kreatin, dan vitamin B yang baik.

3. Legum

Legum adalah tanaman dari jenis kacang-kacangan (Leguminosae). Beberapa jenisnya termasuk buncis dan lentil. Untuk Anda yang sedang mencari makanan mengandung zinc untuk vegetarian, coba saja kacang lentil, yang bisa memenuhi kebutuhan harian zinc hingga 12 persen. Selain itu, kacang lentil juga menawarkan protein dan serat tinggi.

Namun, ingatlah untuk memasaknya dulu sebelum memakannya. Sebab, ada zat bernama fitat, yang bisa mengurangi kemampuan tubuh dalam menyerap zinc. Dengan memasaknya, fitat dapat “dijinakkan”.

4. Produk susu

Produk susu seperti keju menjadi makanan mengandung zinc yang sangat lezat. Selain itu, jenis zinc yang ada di dalam produk susu, lebih mudah diserap oleh tubuh. Sekitar 100 gram keju cheddar ternyata mengandung 28% kebutuhan harian zinc. Sementara itu 1 gelas susu mengandung 9% kebutuhan harian zinc. Produk susu ini juga mengandung nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, yakni protein, kalsium, dan vitamin D.

5. Telur

Telur adalah makanan mengandung zinc yang disukai hampir setiap orang. Satu telur besar mengandung 5 persen kebutuhan harian zinc Anda. Tidak hanya itu, telur juga mengandung 6 gram protein, 5 gram lemak baik, hingga 77 kalori.

6. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti quinoa hingga nasi menjadi makanan mengandung zinc selanjutnya. Biji-bijian utuh juga mengandung nutrisi penting lainnya, seperti serat, vitamin B, magnesium, zat besi, fosfor, mangan, dan selenium. Faktanya, mengonsumsi gandum utuh seringkali diasosiasikan dengan umur panjang dan manfaat kesehatan lainnya, seperti berkurangnya risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

7. Kentang

Sebenarnya, sayuran bukanlah makanan mengandung zinc yang dianjurkan. Sebab, sayuran tidak memiliki kandungan zinc yang besar. Meski begitu, beberapa sayuran seperti kentang, masih memiliki kadar zinc yang bisa “ditolerir”. Satu buah kentang mengandung 1 miligran zinc. Selain itu, sayuran yang mengandung zinc juga cocok untuk vegetarian. Walau begitu, sayuran adalah makanan sehat yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan tubuh yang optimal. 

8. Cokelat hitam

Jangan salah, cokelat hitam adalah makanan mengandung zinc yang lebih banyak daripada kentang. Ternyata 100 gram cokelat hitam mengandung 3,3 miligram zinc. Namun perlu diingat baik-baik, cokelat hitam juga mengandung banyak kalori. Sekitar 100 gram cokelat hitam mengandung 600 kalori. Sebab itu, jangan jadikan cokelat hitam sebagai satu-satunya makanan mengandung zinc dalam pola makan.

Hal yang perlu diingat gejala kekurangan zinc tidak bisa diremehkan. Saat tubuh kekurangan zinc, maka produksi sel sehat yang baru bisa terhenti. Gejalanya bisa berupa penurunan berat badan yang tidak normal, luka yang tidak kunjung sembuh, minimnya tingkat kewaspadaan, berkurangnya kemampuan merasa dan mencium bau, diare, turunnnya nafsu makan, serta munculnya luka terbuka pada kulit.

Kebutuhan harian zinc setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin dan juga usianya:

- Pria usia 14 tahun ke atas: 11 miligram per hari

- Wanita usia 14 tahun ke atas: 9 miligram per hari

- Ibu hamil: 11 miligram per hari

- Ibu yang sedang menyusui: 12 miligram per hari

 

Sumber : tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat23 April 2024, 19:00 WIB

5 Daun Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Membuatnya

Sebelum menggunakan herbal untuk mengurangi kadar asam urat, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Pepaya Rebus. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Asam Urat dalam Tubuh. Foto: Instagram/@tunahousegroup
Sukabumi23 April 2024, 18:38 WIB

Anggota DPRD Minta Baznas Turun Tangan Bantu Keluarga Siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana mengatakan akan membantu mengkomunikasikan kondisi kedua siswa SDN Cipeundeuy Sukabumi yang punya inisiatif membantu orangtuanya keliling berjualan gorengan.
Murtaqil Apham Dan Muhdani Asrol dua siswa SDN Cipeundeuy 2 Desa Cipeundeuy Kecamatan Surade saat keliling berjualan gorengan | Foto : Ragil Gilang
Sehat23 April 2024, 18:30 WIB

Atasi Asam Urat dengan Pengobatan Rumahan, 7 Cara Ini Bisa Anda Coba Lakukan

Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat.
Ilustrasi minum air putih - Pengobatan ala rumahan ini bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi asam urat. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi23 April 2024, 18:18 WIB

Drainase Tersumbat, Banjir Cileuncang Sempat Rendam Jalan Raya Sukaraja Sukabumi

Kapolsek Sukaraja Sukabumi Kompol Dedi Suryadi mengatakan bahwa peristiwa banjir cileuncang ini sepengetahuannya baru pertama kali terjadi.
Kondisi ruas jalan raya Sukaraja Sukabumi tepatnya di depan RSU Hermina pada  Selasa (23/4/2024) siang. (Sumber : Istimewa)
Life23 April 2024, 18:00 WIB

Doa Agar Dimudahkan Segala Urusan: Ujian, Rezeki, Pekerjaan Insya Allah Lancar

Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan.
Doa Agar Terlepas dari Kesulitan dan Diberi Kemudahan Dalam Segala Urusan. | Foto : Pixabay
Sukabumi23 April 2024, 17:56 WIB

Bahas Persepsi Indikator Korupsi dengan KPK, Wabup Sukabumi: Kejar MCP 2024

Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 dengan KPK RI secara Virtual di Pendopo SUkabumi, Selasa 24 April 2024
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengikuti acara Rapat Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II, Diseminasi Pedoman Monitoring Centre for Prevention (MCP) Tahun 2024 (Sumber: dokpim kabupaten sukabumi)
Keuangan23 April 2024, 17:56 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Terus Dorong Perusahaan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi terus mendorong perusahaan meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dengan mengingatkan perusahaan mengenai pentingnya mematuhi tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi saat melakukan kegiatan sosialisasi kepatuhan tertib administrasi kepesertaan dan pelaporan | Foto : Ist
Life23 April 2024, 17:30 WIB

Tidak Menghormati Batasan! 10 Sikap yang Membuatmu Tidak Disukai Orang Lain

Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah.
Ilustrasi - Ada beberapa sikap yang umumnya tidak disukai orang lain karena dapat membuat mereka merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan marah. (Sumber : Freepik.com/@ user15285612)
Musik23 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift

Lagu The Tortured Poets Department Taylor Swift bercerita tentang kisah sudut pandang seseorang tentang hubungan percintaannya dengan pasangannya meski mereka kerap sekali membuat masalah hingga bertengkar.
Cover Klip Lagu The Tortured Poets Departement Taylor Swift. Sumber: Youtube.com/@Taylor Swift
Sukabumi23 April 2024, 16:56 WIB

Rumah Jebol Terkena Luapan Drainase, Sekeluarga di Nagrak Sukabumi Mengungsi

Peristiwa rumah warga Nagrak Sukabumi jebol akibat terkena luapan drainase ini terjadi pada Senin 22 April 2024 malam.
Kondisi rumah warga Nagrak Sukabumi yang jebol akibat luapan drainase. (Sumber : P2BK Nagrak)