Ketahui 10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Kulit, Bisa Melembabkan!

Minggu 09 Juni 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi. Buah alpukat. Sumber foto: pixabay/khiani06

Ilustrasi. Buah alpukat. Sumber foto: pixabay/khiani06

SUKABUMIUPDATE.com - Buah alpukat dikenal tidak hanya karena rasanya yang lezat tetapi juga karena berbagai manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan kulit. Kaya akan nutrisi seperti vitamin E, vitamin C, lemak sehat, dan antioksidan, alpukat dapat memberikan hidrasi yang mendalam, melindungi kulit dari kerusakan lingkungan, serta memperbaiki tekstur dan elastisitas kulit.

Penggunaan alpukat baik secara internal dalam diet harian maupun secara eksternal sebagai bahan perawatan kulit alami dapat memberikan hasil yang menakjubkan.

Selain melembapkan dan menutrisi kulit, alpukat juga memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan yang membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, kemerahan, dan penuaan dini. Dengan demikian, memasukkan alpukat ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda bisa menjadi langkah cerdas untuk mencapai kulit yang sehat, bercahaya, dan tampak awet muda.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

Buah alpukat dikenal tidak hanya karena rasanya yang lezat tetapi juga karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan kulit. Berikut beberapa manfaat utama buah alpukat bagi kesehatan kulit:

1. Melembapkan Kulit

Alpukat kaya akan lemak sehat, terutama asam oleat, yang membantu melembapkan kulit dari dalam. Minyak alami yang diekstrak dari alpukat juga dapat digunakan sebagai pelembap topikal yang efektif, menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan dalam alpukat, seperti vitamin C dan E, membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan paparan sinar UV. Ini membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis halus.

3. Menyembuhkan Luka dan Bekas Jerawat

Vitamin E dan asam lemak esensial dalam alpukat mempercepat proses penyembuhan kulit. Ini dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mengurangi bekas luka atau jerawat, membuat kulit terlihat lebih halus dan merata.

Baca Juga: 7 Cara Menyembuhkan Asam Urat Tanpa Konsumsi Obat, Ketahui Penyebab dan Gejalanya!

4. Mengatasi Peradangan Kulit

Alpukat memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat berkat kandungan fitosterol dan vitamin E. Ini dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada kulit yang disebabkan oleh kondisi seperti eksim dan psoriasis.

5. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Vitamin C dalam alpukat sangat penting untuk produksi kolagen, protein yang memberi kulit kekuatan dan elastisitas. Konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu menjaga kulit tetap kencang dan elastis.

6. Mencerahkan Kulit

Nutrisi dalam alpukat membantu memperbaiki tekstur dan rona kulit, memberikan kilau alami dan membantu mengatasi kulit kusam. Aplikasi topikal masker alpukat dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan segar.

Baca Juga: Bebas Nyeri Sendi, 8 Jenis Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

7. Melindungi dari Sinar Matahari

Alpukat mengandung senyawa yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Aplikasi topikal minyak alpukat dapat memberikan perlindungan tambahan dari sinar matahari, meskipun tetap disarankan untuk menggunakan tabir surya konvensional.

8. Mengatasi Kulit Berminyak

Meskipun alpukat mengandung minyak, penggunaannya dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak alami kulit. Masker alpukat dapat menyerap kelebihan minyak, menjadikannya pilihan yang baik untuk kulit berminyak.

9. Mengurangi Kerutan

Antioksidan dan lemak sehat dalam alpukat membantu mengurangi penampakan kerutan dan garis halus. Aplikasi minyak alpukat secara topikal dapat membantu menjaga kulit tetap awet muda dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: 8 Kebiasaan yang Mengganggu Kualitas Tidur Penderita Asam Urat, Jangan Lakukan!

10. Mengatasi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Vitamin K dan E dalam alpukat dapat membantu mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata. Aplikasi irisan alpukat atau minyak alpukat di area mata dapat memberikan efek yang menyegarkan dan mengurangi tampilan lingkaran hitam.

Cara Menggunakan Alpukat untuk Perawatan Kulit

1. Masker Wajah Alpukat

Campurkan alpukat yang telah dihaluskan dengan madu atau yogurt, aplikasikan pada wajah, dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

2. Minyak Alpukat

Gunakan minyak alpukat sebagai pelembap harian. Oleskan beberapa tetes pada kulit yang bersih dan pijat dengan lembut.

3. Irisan Alpukat

Gunakan irisan alpukat segar sebagai masker mata untuk mengurangi lingkaran hitam dan bengkak. Tempatkan irisan di bawah mata dan biarkan selama 10-15 menit.

Baca Juga: 11 Tips Menyembuhkan Asam Urat Tinggi di Rumah dengan Cara Alami

Dengan rutin menggunakan alpukat dalam perawatan kulit Anda, baik secara internal melalui konsumsi maupun secara topikal, Anda dapat memanfaatkan berbagai manfaat yang ditawarkannya untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Sumber: Halodoc | Alodokter

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Pakai Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Wanita Usia 20 Tahun

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi