Tak Hanya Bikin Mules, Ini 5 Bahaya Makan yang Pedas-Pedas saat Perut Kosong

Rabu 05 Juni 2024, 14:15 WIB
Ilustrasi Tak Hanya Bikin Mules, Ini 5 Bahaya Makan yang Pedas-Pedas saat Perut Kosong (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)

Ilustrasi Tak Hanya Bikin Mules, Ini 5 Bahaya Makan yang Pedas-Pedas saat Perut Kosong (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)

SUKABUMIUPDATE.com - Mengkonsumsi makanan pedas di saat perut dalam keadaan kosong rupanya sangat tidak dianjurkan, mengingat efek sampingnya begitu buruk bagi kesehatan tubuh.

Jika terus-menerus dibiasakan memakan makanan pedas, maka bisa memicu berbagai masalah pada pencernaan, dari lambung, mulut, dan tenggorokan serta anggota tubuh lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui bahaya mengkonsumsi makanan pedas di saat perut sedang kosong. Yuk simak dirangkum dari berbagai sumber!

Baca Juga: Taklukkan Lonjakan Gula Darah: 11 Panduan Lengkap Mengelola dan Mencegahnya

1. Saluran Pencernaan Bermasalah

Gejala paling umum terlalu banyak makan pedas adalah perut mules. Hal ini bisa terjadi akibat mengkonsumsi makanan pedas saat perut kosong, sehingga menyebabkan senyawa kimia di dalamnya merangsang produksi asam langsung secara berlebihan, yang kemudian membuat pencernaan bermasalah.

Sebaiknya, jika ingin mengkonsumsi makanan pedas terlebih dahulu mengisinya dengan makanan lain yang bagusnya bernutrisi sebagai pengganjal agar siap dengan asupan yang pedas-pedas.

2. Lambung Terganggu

Selain mengganggu pencernaan, kasus semacam ini dapat memicu terjadinya resiko gangguan asam lambung. Sebab, makanan pedas yang dikonsumsi saat perut kosong menyebabkan terjadinya iritasi pada lapisan lambung.

Tidak heran saat terjadi gangguan asam lambung, tubuh akan mengalami gejala yang tidak nyaman seperti sakit perut. Jika masalah kesehatan ini semakin parah bisa menyebabkan pendarahan pada lambung.

Baca Juga: 9 Cara Menjaga Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

3. Sistem Pencernaan Terganggu

Masuknya makanan pedas saat perut kosong juga bisa mengganggu microbiota usus tidak berjalan seimbang. Akibatnya, saluran pencernaan terganggu sehingga bisa memicu terjadinya diare dan konstipasi.

4. Rasa Lapar Tidak Terpuaskan

Mengkonsumsi pedas-pedasan saat perut kosong hanya akan membuat rasa kenyang bersifat sementara. Itu artinya rasa lapar yang mendera tidak bisa terpuaskan oleh makanan tersebut. Sebagai akibat, kejadian ini bisa menimbulkan ketidakseimbangan nutrisi dan kurangnya energi, sehingga dapat memicu dampak negatif pada kesehatan tubuh.

Baca Juga: Cara Meracik Rebusan Kayu Manis untuk Menyembuhkan Penyakit Gula Darah Tinggi, Simpel!

5. Mulut dan Tenggorokan Terasa Sakit

Efek samping makan yang pedas saat perut kosong adalah dapat menyebabkan rasa sakit pada mulut dan tenggorokan. Sebab, saat perut dalam keadaan kosong makanan pedas akan membuat aktif reseptor saraf yang berkirim sinyal kepada otak, di mana dampaknya timbul rasa nyeri meski sifatnya cuma sementara.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)