Asam Urat Gak Sembuh Tapi Tambah Parah! Kenali 9 Makanan yang Wajib Dihindari

Senin 03 Juni 2024, 19:30 WIB
Ilustrasi - Beberapa makanan dalam kategori bahaya bagi penderita asam urat karena mengandung tinggi purin. (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography).

Ilustrasi - Beberapa makanan dalam kategori bahaya bagi penderita asam urat karena mengandung tinggi purin. (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography).

SUKABUMIUPDATE.com -Orang-orang yang memiliki penyakit asam urat tinggi tahu bahwa pola makan memainkan peran penting dalam hidupnya. Sebab, mengabaikannya akan membawa kedalam beberapa masalah kesehatan.

Oleh karenanya, bagi penderita asam urat penting sekali untuk mengetahui makanan mana yang harus dihindari dan mana yang sebaiknya dikonsumsi sehari-hari.

Kesimpulan utama yang dicapai adalah konsumsi makanan tinggi purin secara sering dan dalam jumlah besar harus dihindari. Purin sendiri adalah senyawa kimia yang ditemukan secara alami di tubuh kita, selain itu juga dapat diperoleh melalui makanan.

Baca Juga: 5 Pengobatan Asam Urat yang Dapat Anda Lakukan untuk Menghilangkan Nyerinya

Asam urat dihasilkan dari katabolismenya dan ketika kadarnya meningkat, kristal asam urat terbentuk dan menumpuk di persendian. Itu sebabnya penderita asam urat tinggi disarankan menghindari makanan tinggi purin.

Nah, berikut ini ada beberapa makanan yang wajib dan pantangan dihindari bagi penderita asam urat, dihimpun dari laman vita4you.

1. Jeroan

Daging jeroan termasuk makanan yang wajib dihindari oleh penderita asam urat. Hal ini karena jeroan mengandung purin yang sangat tinggi seperti hati, ginjal, babat, otak dan jantung.

Baca Juga: 9 Strategi Cerdas Mencegah Serangan Asam Urat Datang Kembali, Harus Disiplin!

2. Daging Merah Berlemak & Hewan Buruan

Hindari pilihan daging seperti daging domba dan kambing, terutama yang masih sangat muda. Selain itu, bukanlah suatu kebetulan bahwa perburuan hewan misalnya ayam hutan, kelinci, bebek, angsa.

3. Kaldu Daging

Kaldu daging dan turunannya sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat. Hal ini karena kaldu daging mengandung purin yang tinggi. Purin adalah zat yang diubah tubuh menjadi asam urat.

4. Makanan laut & beberapa Ikan Berminyak

Batasi konsumsi makanan laut, terutama udang, udang karang, kepiting, kerang dan kerang, serta ikan seperti herring, sarden, makarel, teri, salmon dan tuna.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Mencegah Asam Urat Secara Alami Tanpa Obat, Cukup Di Rumah!

5. Minuman Beralkohol

Alasan mengapa Anda harus menghindarinya adalah karena menyebabkan dehidrasi dan dapat meningkatkan kadar asam urat. Namun, bir membutuhkan lebih banyak perhatian karena juga merupakan sumber purin yang tinggi.

6. Makanan dan Minuman Kaya Fruktosa Tambahan Gula

Contohnya adalah sirup jagung fruktosa tinggi, soda yang mengandung fruktosa, jus buah pekat, kolak, selai, madu. Kita sering menemukannya pada makanan olahan dan makanan ringan.

7. Karbohidrat Olahan

Misalnya roti tawar, kue kering, cake. Secara umum, semakin cepat suatu makanan meningkatkan glukosa darah (gula darah), semakin buruk pula kadar asam uratnya.

Baca Juga: Mengenal 4 Perbedaan Asam Urat dan Pseudogout, Sama-sama Radang Sendi

8. Makanan Berat dan Saus

Penting untuk menghindari makanan yang digoreng dan daging berlemak dengan saus kental seperti saus daging, karena dapat merusak kesehatan Anda dalam beberapa cara misalnya meningkatkan kadar asam urat, memicu peradangan.

9. Makanan Tinggi Tinggi Purin

Mengenai makanan yang berasal dari tumbuhan seperti sayur-sayuran, polong-polongan, sereal, buah-buahan yang mengandung tinggi purin misalnya asparagus, kembang kol, bayam, kacang-kacangan, kacang polong, jamur, dedak gandum.

 

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juli 2024, 07:00 WIB

12 Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang

Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang. Berikan penghargaan pada diri sendiri untuk pencapaian kecil maupun besar.
Ilustrasi. Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang (Sumber : Pexels/fauxels)
Food & Travel15 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Air Rebusan Jahe yang Kaya Manfaat Kesehatan, Bisa Meredakan Mual Muntah

Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan jauh.
Ilustrasi. Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan. (Sumber : Freepik/@freepik)
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist