10 Buah Ini Bantu Kontrol Gula Darah, Aman Dikonsumsi Saat Diet Diabetes

Selasa 21 Mei 2024, 16:15 WIB
Ilustrasi buah-buahan yang aman dikonsumsi saat diet diabetes untuk kontrol gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@silviarita)

Ilustrasi buah-buahan yang aman dikonsumsi saat diet diabetes untuk kontrol gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@silviarita)

SUKABUMIUPDATE.com - Apakah Anda menderita diabetes? Jika iya, maka cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mengubah kebiasaan makan. Salah satunya mencoba lebih sering mengkonsumsi buah-buahan.

Makan buah-buahan adalah salah satu cara paling memuaskan untuk mengatasi keinginan mengkonsumsi makanan manis. Apalagi dalam mengubah pola makan bagian terpenting dimainkan oleh buah-buahan.

Selain itu, buah-buahan juga bisa sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi. Makan buah musiman dan buah lokal punya banyak manfaat kesehatan, mulai dari mengurangi kadar gula, peradangan, melawan tekanan darah tinggi, dan lain-lain.

Baca Juga: Hilang dan Gak Kambuh Lagi, 10 Cara Alami Mengobati Asam Urat Tanpa Obat

Mengutip dari sebuah artikel di laman thehealthsite.com yang diunggah pada tanggal 27 September 2021, ada 10 buah yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada tubuh.

Berikut ini 10 buah yang aman dikonsumsi saat diet diabetes dan bantu mengontrol gula darah:

1. Apel

Buah pertama adalah Apel yang tidak hanya bergizi dan mengenyangkan. Menurut sebuah penelitian, buah ini secara signifikan dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Ingatkah pepatah lama? “Satu apel sehari menjauhkan kita dari dokter”

2. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak sehat serta lebih dari 20 vitamin dan mineral ada di dalamnya. Buah ini juga tinggi serat, dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes.

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

3. Buah Beri

Menambahkan buah beri adalah salah satu cara terbaik untuk menambah variasi pada pola makan ramah diabetes. Adapun jenis beri yang bisa dikonsumsi dari blackberry, blueberry, atau stroberi karena semuanya kaya akan antioksidan, vitamin, hingga serat.

4. Pepaya

Buah pepaya dikenal kaya akan oksidan alami, sehingga cocok menjadikannya pilihan sempurna bagi penderita diabetes. Karena mengurangi kemungkinan kerusakan sel di masa depan bisa terjadi.

5. Belimbing

Buah manis dan asam ini kaya akan serat makanan serta vitamin C. Belimbing juga berdampak positif pada proses anti-inflamasi sehingga dapat membantu memperbaiki kerusakan sel dan memiliki sedikit gula buah.

Baca Juga: Cek Gaya Hidup! 11 Cara Alami Menyembuhkan Diabetes dengan Cepat Tanpa Obat

6. Kiwi

Buah kiwi adalah sumber Vitamin E, K, potasium yang sangat baik, dan juga rendah gula. Jadi, menjadikannya kiwi sebagai buah yang ramah diabetes cocok.

7. Melon

Buah-buahan yang menghidrasi dengan kuat seperti melon memang direkomendasikan untuk penderita diabetes, dan orang-orang dengan risiko terkena diabetes. Makanlah secukupnya dalam sehari untuk mendapatkan berbagai manfaat nutrisi seperti serat, potasium, magnesium, vitamin B, dan C.

8. Buah Naga

Buah naga penuh dengan serat makanan, vitamin penting, mineral, dan antioksidan. Jadi, buah ini cukup aman untuk kadar gula darah dan cocok dikonsumsi saat sedang diet untuk diabetes, tetapi tetap tidak boleh berlebihan.

Baca Juga: 4 Cara Cerdas Meredakan dan Mengatasi Amukan Anak Tanpa Perlu Emosi

9. Pir

Pir dikenal kaya nutrisi, dapat melawan peradangan, dan meningkatkan pencernaan. Benarkah? Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah pir bersamaan dengan pola makan sehat bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2.

10. Jeruk

Buah jeruk ini kaya akan serat yang membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah. Apalagi kandungan nutrisi vitamin C-nya dapat membantu meningkatkan tingkat kekebalan.

Itulah 10 buah yang bisa membantu agar kadar gula darah terkontrol dengan baik. Buah-buahan tersebut juga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes yang sedang menjalankan diet.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel15 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Air Rebusan Jahe yang Kaya Manfaat Kesehatan, Bisa Meredakan Mual Muntah

Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan jauh.
Ilustrasi. Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan. (Sumber : Freepik/@freepik)
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist
Sehat14 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Rekomendasi Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Lakukan Agar Tetap Sehat dan Bugar!

Peregangan otot sederhana dapat membantu melepaskan ketegangan fisik dan meningkatkan fleksibilitas. Fokus pada peregangan otot punggung, leher, bahu, dan kaki bisa membantu tidur lebih nyenyak.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Ringan Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/KampusProduction)