7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

Selasa 14 Mei 2024, 10:30 WIB
7 tanda kolesterol tinggi yang dirasakan di bagian kaki, pada wanita dengan usia 50 tahunan. (Sumber : Freepik.com)

7 tanda kolesterol tinggi yang dirasakan di bagian kaki, pada wanita dengan usia 50 tahunan. (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Kolesterol tinggi adalah salah satu penyakit berbahaya yang banyak dialami oleh wanita usia lanjut atau 50 tahunan. Adapun tanda yang bisa dirasakan ada di bagian kaki. Terutama saat malam hari, karena waktunya istirahat dari kegiatan harian.

Tanda kolesterol tinggi ini seringkali diabaikan sehingga tidak terkontrol dan tidak mendapatkan penanganan oleh dokter.

Oleh sebab itu, jika Anda adalah wanita berusia 50 tahunan atau hidup dengan wanita berusia 50 tahunan, ada baiknya mengenali 7 tanda kolesterol tinggi yang ada pada kaki.

Baca Juga: 5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Mengutip dari sebuah artikel pada laman thehealthsite.com, yang diunggah pada 15 April 2024. Berikut ini 7 tanda kolesterol tinggi pada wanita usia 50-an yang dirasakan pada bagian kaki.

1. Sakit dan Ketidaknyamanan Kaki yang Tidak Biasa

Apa yang kita abaikan sebagai kram kaki biasa di malam hari, bisa jadi merupakan gejala kolesterol LDL tinggi yang disalahpahami pada wanita berusia di atas 50 tahun.

Gejala ini bisa sangat menyakitkan dan cukup mengganggu sehingga mengganggu tidur yang nyenyak. Jika sering merasa kesakitan akibat kram kaki berhati-hatilah! Karena hal ini mungkin terkait dengan komplikasi kolesterol.

Baca Juga: Langkah Mudah Membuat Rebusan Teh Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

2. Sindrom Kaki Gelisah (RLS)

Kita semua pernah mengalami Restless Leg Syndrome (RLS), yang biasanya dianggap sebagai ketidaknyamanan.

Bagi, wanita di atas 50 tahun harus menganggapnya sebagai gejala kolesterol tinggi yang terabaikan. Mereka yang pernah mengalami RLS menggambarkannya sebagai dorongan tidak terkendali untuk menggerakkan kaki.

Sensasi tidak nyaman biasanya memburuk di malam hari, dan membuat sulit tidur, sehingga kemungkinan ini adalah tanda kolesterol tinggi.

Baca Juga: 5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

3. Kaki Mati Rasa

Apakah Anda sering merasakan sensasi kesemutan atau mati rasa pada tungkai dan kaki, terutama pada malam hari?

Hal ini mungkin berhubungan dengan kolesterol LDL yang tinggi. Kebanyakan orang menggambarkannya sebagai sensasi kesemutan dan bisa menjadi tanda sirkulasi darah sedang buruk.

Namun, bisa jadi ini merupakan bentuk terjadinya penumpukan kolesterol di dalam pembuluh darah. Jika sering terasa, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

4. Otot Kaki Lemah

Kelemahan otot bukanlah hal yang jarang terjadi, namun wanita berusia 50-an dengan kolesterol tinggi mungkin mengalaminya, terutama di kaki saat beraktivitas di malam hari.

Jika Anda merasa kesulitan untuk menaiki tangga atau berjalan jarak pendek karena kelelahan atau rasa pegal pada otot, berhati-hatilah! bisa jadi itu merupakan gejala awal kolesterol yang mengganggu fungsi otot Anda.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Sering Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua

5. Kaki Dingin yang Luar Biasa

Apakah Anda sering merasakan kaki sangat dingin di malam hari? Hal ini secara halus dapat mengindikasikan tingginya kolesterol LDL pada wanita berusia 50 tahunan.

Akumulasi kolesterol dapat membatasi aliran darah ke ekstremitas, lalu menyebabkan sirkulasi yang buruk dan menimbulkan sensasi dingin di kaki.

Jangan abaikan tanda ini, lebih baik untuk mengetahui penyebab terkait kolesterol sebelum terlambat, agar bisa ditangani dengan tepat.

Baca Juga: Mau Makan Ikan Laut Tinggi Purin Tapi Takut Asam Urat Kambuh? Simak Cara Mengolahnya

6. Kaki Bengkak

Pembengkakan di tungkai, pergelangan kaki, atau kaki (secara medis disebut sebagai edema), mungkin berhubungan langsung dengan kadar kolesterol tinggi pada wanita usia 50 tahunan.

Pembengkakan ini bisa disebabkan oleh retensi cairan akibat perubahan pembuluh darah atau dari masalah yang berhubungan dengan kolesterol.

Jika melihat atau merasakan gejala ini, terutama pada malam hari perlu memeriksakannya segera ke dokter demi kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga: Siap Konsumsi Sufor? Ini 5 Jenis Susu Pengganti ASI untuk Anak

7. Perubahan Tekstur Kulit Kaki

Melihat perubahan pada kulit, seperti warna atau penebalan pada tungkai dan kaki mungkin dapat menjadi salah satu indikator tingginya kolesterol LDL pada wanita berusia di usia 50 tahunan.

Timbunan kolesterol dalam pembuluh darah dapat berdampak negatif terhadap kesehatan kulit, sehingga bisa menyebabkan perubahan nyata pada tekstur dan penampilan.

Itulah 7 tanda adanya kolesterol tinggi pada wanita terutama yang berusia 50 tahunan, dan dapat dilihat atau dirasakan pada bagian kakinya.

Baca Juga: Diet Kolesterol: 10 Makanan Dianjurkan Dikonsumsi dan Mana yang Harus Dihindari!

Jika Anda wanita berusia 50 tahunan, atau hidup bersama ibu yang berusia 50 tahunan, segera periksakan ke dokter apabila melihat tanda-tanda kolesterol tinggi di kaki tersebut.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih31 Mei 2024, 00:01 WIB

KPU Pastikan Gunakan Kembali Sirekap untuk Pilkada 2024

KPU sedang menyusun daftar perbaikan untuk fitur di Sirekap agar bisa digunakan kembali pada Pilkada 2024.
Aplikasi sirekap Pemilu dipakai kembali KPU di Pilkada 2024. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 23:25 WIB

3 Kampus di Sukabumi Raih Peringkat Perguruan Tinggi Terpopuler Versi UniRank

UniRank merilis sebanyak 596 Perguruan Tinggi yang memenuhi kriteria seleksi. Dari sejumlah tersebut, tiga diantaranya Perguruan Tinggi yang ada di Sukabumi.
Kampus Universitas Nusa Putra Sukabumi | Foto : Istimewa
Sukabumi30 Mei 2024, 23:20 WIB

Nabung Rp30 Ribu Selama 10 Tahun, Tukang Batu Asal Sukabumi Wujudkan Mimpi Naik Haji

Cerita Abad, tukang batu asal Surade Sukabumi sisihkan penghasilan selama 10 tahun agar bisa mewujudkan mimpinya naik haji.
Kisah tukang batu asal Surade Sukabumi bernama Abad (66 tahun). Menanti hingga 10 tahun untuk bisa mewujudkan mimpinya naik haji. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 22:46 WIB

Replika Gigi Megalodon Surade Sukabumi Hilang dan Patah

Replika ini dibuat sesuai dengan apa yang ditemukan oleh masyarakat Desa Gunung Sungging, bahkan giginya disesuaikan dengan jumlah yang ditemukan, yakni sebanyak 242 buah berjejer pada rahang atas dan bawah.
Replika fosil rahang Megalodon, giginya hilang dan patah | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi30 Mei 2024, 22:30 WIB

Rawan Kecelakaan, PU Pasang Rambu Peringatan di Jalan Amblas Simpenan Sukabumi

Dinas PU Kabupaten Sukabumi melalui UPTD PU Wilayah IV Palabuhanratu memasang sejumlah rambu peringatan di jalan amblas yang berada di Simpenan Sukabumi.
Dinas PU Kabupaten Sukabumi pasang rambu peringatan di ruas jalan amblas di Simpenan. (Sumber : Istimewa)
Jawa Barat30 Mei 2024, 22:02 WIB

Kisah Adu Kesaktian Mbah Karang Bolong Melawan Jawara Jongos VOC di Pesisir Sukabumi

Pantai Karang Bolong yang berada diperbatasan Desa Cidahu Kecamatan Cibitung dan Desa Sukatani Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi menjadi saksi pertempuran sengit antara pasukan Belanda dengan keturunan kerajaan Cirebon.
Ilustrasi pertempuran antara Rd.Mas Martanagara alias Mbah Partadilaga atau Mbah Karang Bolong dengan Mbah Brojonoto terjadi dipesisir Pantai Karang Bolong | Foto : Dok Okezone dari Antara
Sukabumi30 Mei 2024, 21:23 WIB

Bahagianya Mak Paraji Warga Surade Sukabumi, Motor Kembali Usai Digondol Maling

Mak Paraji Dede Sumiati kehilangan motor saat tengah diparkirkan di dalam rumah, pada 29 April 2024 lalu. Saat terbangun pada waktu Subuh, motornya sudah hilang digondol maling.
Dede Sumiati (55 tahun) yang berprofesi sebagai Paraji saat mengambil motornya di Mapolres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 21:06 WIB

Sembunyikan Sabu di Bungkus Jajanan dan Sedotan, Pria asal Wardoy Sukabumi Ditangkap

Polisi menangkap pengedar narkotika di Wardoy Sukabumi. Sembunyikan sabu di bungkus jajanan dan sedotan.
Barang bukti sabu seberat 10.28 gram yang diamankan polisi dari pria asal Wardoy Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi30 Mei 2024, 20:45 WIB

Merasa Kehilangan Motor? Silakan Cek di Mapolres Sukabumi, Berikut Ini Jenisnya

Polres Sukabumi berhasil mengamankan sebanyak 21 unit sepeda motor berbagai merek yang merupakan hasil dari tindak pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).
Motor hasil curian diamankan di Mapolres Sukabumi di Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi30 Mei 2024, 20:35 WIB

Bertemakan Kearifan Lokal, SDN Cimanggah I Sukabumi Asah Kreativitas Murid Lewat Gelar Karya P5

Murid SDN Cimanggah I Sukabumi gelar karya P5, bentuk implementasi kurikulum merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Gelar Karya P5 di SDN Cimanggah I Kota Sukabumi. (Sumber : Website Pemkot Sukabumi)