3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Senin 20 Mei 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)

Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)

SUKABUMIUPDATE.com - Tubuh memang membutuhkan kadar kolesterol, yaitu sejenis lemak yang membuat tubuh berfungsi dengan baik. Namun, memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah justru berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Beberapa ciri atau gejala umum kolesterol tinggi bisa muncul di dalam dan sekitar mata. Perubahan tertentu pada tampilan mata atau penglihatan bisa menjadi tanda menderita kolesterol tinggi. Meskipun beberapa ciri atau gejala kolesterol di mata ini tidak mempengaruhi penglihatan.

Mengutip dari artikel yang diunggah di laman verywellhealth.com pada 5 Januari 2024, ada 3 ciri kolesterol tinggi yang bisa terlihat di mata. Berikut ini ciri tersebut:

Baca Juga: 10 Cara Alami Mencegah Serangan Asam Urat Kambuh di Rumah

1. Xanthelasma

Gejala mata paling umum terkait dengan kolesterol tinggi adalah xanthelasma, yaitu area datar atau agak menonjol berwarna kekuningan di sekitar mata atau dekat hidung. Tanda ini muncul disebabkan adanya penumpukan kolesterol di bawah kulit.

Xanthelasma tidak mempengaruhi penglihatan pada penderita kolesterol. Sekitar setengah dari penderita ciri diduga memiliki kolesterol tinggi. Penyakit ini umum terjadi pada wanita keturunan Asia atau Mediterania.

Xanthelasma lebih sering terjadi jika:

  • Kelebihan berat badan
  • Aktif merokok
  • Menderita diabetes
  • Memiliki tekanan darah tinggi

Baca Juga: 4 Cara Cerdas Meredakan dan Mengatasi Amukan Anak Tanpa Perlu Emosi

2. Arcus Senilis

Kondisi mata yang berwarna biru, putih, atau abu-abu muda yang terbentuk di sekitar bagian luar merupakan arcus senilis yang menandakan adanya kolesterol tinggi di dalam tubuh. Karena semakin terlihat jelas, maka semakin banyak kolesterol yang mencapai kornea.

Cincin tersebut akan muncul di sekitar bagian mata yang berwarna (iris). Anda mungkin mengira iris mata memiliki dua warna padahal itu adalah perubahan warna akibat kolesterol. Cincin itu tidak mempengaruhi kemampuan untuk melihat.

Pada awalnya, arcus senilis mungkin hanya muncul di bagian atas dan bawah kornea sampai akhirnya bisa membentuk cincin penuh di sekitar kornea.

Tidak semua penderita arcus senilis memiliki kolesterol tinggi. Namun, jika keluarga Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, kemungkinan besar terkena arcus senilis.

Baca Juga: Jangan Salahkan Anak, Ini 6 Didikan Orang Tua yang Membuatnya Durhaka

3. Oklusi Vena Retina

Retina adalah jaringan peka cahaya yang berada di belakang mata. Renita berfungsi menerima pasokan darah melalui arteri retina dan vena retina. Ketika vena tersumbat, ini disebut oklusi vena retinal. Jika arteri tersumbat hal ini disebut oklusi arteri retinal yang juga dikenal sebagai stroke.

Kalau misalnya vena mengalami penyumbatan, maka darah dan cairan tumpah ke retina. Jika ini terjadi, maka area retina yang disebut makula bisa membengkak. Kalau pembengkakan ini terjadi bisa mempengaruhi penglihatan sentral.

Gejala oklusi vena retina meliputi:

  • Penglihatan kabur di satu mata
  • Perubahan penglihatan pada satu mata
  • Bintik atau garis gelap pada penglihatan ( floaters )
  • Nyeri pada mata yang terkena

Kolesterol tinggi juga umum terjadi pada penderita oklusi vena retina. Sebuah studi tahun 2008, menemukan bahwa kolesterol tinggi dua kali lebih umum terjadi pada orang dengan oklusi vena retina sentral dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kondisi mata tersebut.

Baca Juga: 10 Kebiasaan yang Membuat Anak Tumbuh Tinggi, Orang Tua Harus Tahu Nih!

Jika melihat perubahan pada mata secara bertahap, segeralah temui dokter mata untuk memeriksakannya. Jangan lupa juga harus memberi tahu dokter umum, karena mereka dapat memeriksa kadar kolesterol dengan tes darah sederhana.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang
Life15 Juni 2024, 08:00 WIB

Bebas LDL, 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Berjalan kaki atau lakukan aktivitas ringan selama 10-15 menit bisa membantu mencegah lonjakan kadar kolesterol dalam darah.
Ilustrasi. Aktivitas Fisik. Bebas LDL, Rutinitas Sehat yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 07:30 WIB

Pilkada Sukabumi: Deden Deni Wahyudin Ikuti Wawancara di DPW Gerindra Jawa Barat

Bakal calon bupati dan wakil bupati Sukabumi, Deden Deni Wahyudin, menghadiri undangan interview atau wawancara dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gerindra Jawa Barat pada Jumat, 14 Juni 2024.
Bakal calon bupati / wakil bupati Sukabumi Deden Deni Wahyudin saat berfoto bersama Ketua DPC Gerindra Jabar, dan Bapilu Jabar | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi15 Juni 2024, 07:01 WIB

Bukit Joglo: Destinasi Hits di Geopark Ciletuh untuk Menikmati Panorama Sukabumi

Bukit Joglo sangat direkomendasikan untuk menikmati pemandangan indah dengan suasana yang sejuk dan nyaman.
Bukit Joglo di Kampung Ciporeang, Desa Ciemas, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel15 Juni 2024, 07:00 WIB

Resep Tongseng Rendah Kolesterol, Cara Memasaknya Simpel Cuma 7 Langkah!

Dengan Resep Tongseng Rendah Kolesterol, penderita kolesterol tinggi bisa menikmati tongseng yang lezat dan gurih tanpa khawatir akan kenaikan kadar kolesterol. Selamat mencoba!
Tongseng Sapi (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan)