Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Selasa 23 April 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

Ilustrasi Kunyit - Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

SUKABUMIUPDATE.com - Serangan asam urat sering terjadi secara tiba-tiba dan dapat terjadi pada satu atau beberapa sendi, biasanya sendi di kaki, terutama pada ibu jari kaki. Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.

Serangan asam urat paling sering diobati dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Namun ada juga beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala dan mengurangi frekuensi serangan.

Makan makanan yang sehat, tetap terhidrasi dengan baik, dan menghindari merokok atau alkohol berlebih dapat membantu menghindari kambuhnya penyakit ini di masa depan.

Baca Juga: Rahasia Sehat Bebas Asam Urat: 13 Tips Mengatasinya dengan Cara yang Alami

Namun, Ada hal lain yang mungkin membantu juga seperti obat alami yang dapat membantu mengurangi asam urat dalam darah. Simak selengkapnya dibawah ini yang dikutip dari nutratea.

1. Ceri

Salah satu pengobatan rumahan yang paling populer untuk asam urat adalah ceri. Buah-buahan lezat ini kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memakannya secara teratur dapat membantu mengurangi frekuensi serangan asam urat dan menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda.

Selain vitamin C, ceri mengandung pigmen yang disebut antosianin, yang merupakan antioksidan kuat dan anti peradangan. Mereka juga kaya akan flavonoid yang disebut quercetin, yang membantu mencegah pembentukan asam urat.

Baca Juga: Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

2. Teh Jelatang

Obat alami lain yang populer untuk asam urat adalah teh jelatang. Memang benar, jelatang juga sering digunakan untuk mengobati bentuk radang sendi lainnya. Mereka kaya akan nutrisi, termasuk kalsium, magnesium, dan potasium, yang membantu menjaga kesehatan persendian kita.

Sebagai diuretik alami, teh jelatang dapat membantu mengeluarkan asam urat dari sistem Anda, mencegah penumpukan yang dapat menyebabkan nyeri asam urat. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meringankan beberapa gejala kambuhnya penyakit.

3. Kunyit

Kunyit terkenal sebagai anti-inflamasi yang kuat dan banyak dari kita yang menyadari manfaatnya untuk persendian kita. Bahan aktifnya, kurkumin, dapat membantu meringankan rasa sakit dan bengkak akibat serangan asam urat, terutama bila dikombinasikan dengan piperine dari lada hitam.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah kita. Pada gilirannya, hal ini menurunkan kemungkinan mengalami gejala asam urat.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

4. Jahe

Secara tradisional digunakan untuk meredakan nyeri dan bengkak pada persendian, jahe adalah obat asam urat alami lainnya yang patut dicoba. Itu dikemas dengan senyawa anti-inflamasi yang disebut gingerol dan shogaol. Ini dapat meringankan sendi yang bengkak dan meradang.

Sebagai obat penghilang rasa sakit alami, jahe juga bagus untuk meredakan rasa sakit yang terkait dengan serangan asam urat. Studi juga menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam jahe mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda.

5. Vitamin C

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mendapatkan cukup vitamin C sangat penting jika Anda menginginkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Namun ternyata vitamin ini juga berperan dalam mencegah asam urat dan mengurangi gejala radang sendi.

Anda bisa mengonsumsi vitamin C yang terkandung pada buah-buahan seperti:

  • Jambu Biji.
  • Mangga.
  • Stroberi.
  • Nanas.
  • Pepaya.
  • Kiwi.
  • Pisang.

Sebuah penelitian jangka panjang menemukan bahwa pola makan kaya vitamin C dikaitkan dengan risiko asam urat yang lebih rendah. Vitamin C membantu menurunkan kadar asam urat darah, sehingga juga dapat mengurangi keparahan dan frekuensi kambuhnya penyakit.

Baca Juga: Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

6. Magnesium

Vitamin C bukan satu-satunya nutrisi yang dikaitkan dengan rendahnya risiko terkena asam urat. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan cukup magnesium lebih mungkin mengalami kadar asam urat tinggi, sehingga meningkatkan kemungkinan terkena asam urat.

Oleh karena itu, memastikan Anda mendapatkan cukup magnesium dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi kemungkinan Anda mengalami serangan asam urat. Meskipun Anda dapat memilih suplemen, mengonsumsi makanan sehat juga akan membantu mengatasi asam urat, jadi sebaiknya perbanyak asupan sayuran dan herba.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi sepert:

  • Cokelat Hitam
  • Pisang
  • Tahu dan Tempe
  • Kacang-kacangan
  • Gandum Utuh
  • Sayuran Berdaun Hijau
  • Alpukat

7. Seledri

Seledri (Apium graveolens) memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi serta membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah karena mengandung flavonoid apigenin. Karena kristal urat yang tinggi menyebabkan peradangan dan pembentukan radikal bebas, seledri juga dapat membantu mengurangi dampak ini dan mengurangi kerusakan sendi.

8. Minum Banyak Cairan

Anda sebaiknya minum banyak cairan terutama air putih, untuk menghindari dehidrasi sebagai obat asam urat. Hindari minuman manis yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi karena dapat meningkatkan potensi kambuhnya asam urat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi26 Mei 2024, 22:08 WIB

Akhirnya, Rumah Tak Layak Huni Keluarga Korban Kecelakaan di Cibadak Sukabumi Diperbaiki

Rumah tidak layak huni milik Fitria, keluarga korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi akhirnya diperbaiki dengan swadaya.
Rumah milik Fitria di Kampung Pangadegan RT 19/08 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, diperbaiki swadaya masyarakat. (Sumber : Istimewa)