Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Selasa 23 April 2024, 21:00 WIB
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

Ilustrasi Kunyit - Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah. (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)

SUKABUMIUPDATE.com - Serangan asam urat sering terjadi secara tiba-tiba dan dapat terjadi pada satu atau beberapa sendi, biasanya sendi di kaki, terutama pada ibu jari kaki. Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.

Serangan asam urat paling sering diobati dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Namun ada juga beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk meringankan gejala dan mengurangi frekuensi serangan.

Makan makanan yang sehat, tetap terhidrasi dengan baik, dan menghindari merokok atau alkohol berlebih dapat membantu menghindari kambuhnya penyakit ini di masa depan.

Baca Juga: Rahasia Sehat Bebas Asam Urat: 13 Tips Mengatasinya dengan Cara yang Alami

Namun, Ada hal lain yang mungkin membantu juga seperti obat alami yang dapat membantu mengurangi asam urat dalam darah. Simak selengkapnya dibawah ini yang dikutip dari nutratea.

1. Ceri

Salah satu pengobatan rumahan yang paling populer untuk asam urat adalah ceri. Buah-buahan lezat ini kaya akan antioksidan, termasuk vitamin C. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa memakannya secara teratur dapat membantu mengurangi frekuensi serangan asam urat dan menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda.

Selain vitamin C, ceri mengandung pigmen yang disebut antosianin, yang merupakan antioksidan kuat dan anti peradangan. Mereka juga kaya akan flavonoid yang disebut quercetin, yang membantu mencegah pembentukan asam urat.

Baca Juga: Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

2. Teh Jelatang

Obat alami lain yang populer untuk asam urat adalah teh jelatang. Memang benar, jelatang juga sering digunakan untuk mengobati bentuk radang sendi lainnya. Mereka kaya akan nutrisi, termasuk kalsium, magnesium, dan potasium, yang membantu menjaga kesehatan persendian kita.

Sebagai diuretik alami, teh jelatang dapat membantu mengeluarkan asam urat dari sistem Anda, mencegah penumpukan yang dapat menyebabkan nyeri asam urat. Ia juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meringankan beberapa gejala kambuhnya penyakit.

3. Kunyit

Kunyit terkenal sebagai anti-inflamasi yang kuat dan banyak dari kita yang menyadari manfaatnya untuk persendian kita. Bahan aktifnya, kurkumin, dapat membantu meringankan rasa sakit dan bengkak akibat serangan asam urat, terutama bila dikombinasikan dengan piperine dari lada hitam.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kunyit dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah kita. Pada gilirannya, hal ini menurunkan kemungkinan mengalami gejala asam urat.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

4. Jahe

Secara tradisional digunakan untuk meredakan nyeri dan bengkak pada persendian, jahe adalah obat asam urat alami lainnya yang patut dicoba. Itu dikemas dengan senyawa anti-inflamasi yang disebut gingerol dan shogaol. Ini dapat meringankan sendi yang bengkak dan meradang.

Sebagai obat penghilang rasa sakit alami, jahe juga bagus untuk meredakan rasa sakit yang terkait dengan serangan asam urat. Studi juga menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam jahe mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah Anda.

5. Vitamin C

Anda mungkin pernah mendengar bahwa mendapatkan cukup vitamin C sangat penting jika Anda menginginkan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Namun ternyata vitamin ini juga berperan dalam mencegah asam urat dan mengurangi gejala radang sendi.

Anda bisa mengonsumsi vitamin C yang terkandung pada buah-buahan seperti:

  • Jambu Biji.
  • Mangga.
  • Stroberi.
  • Nanas.
  • Pepaya.
  • Kiwi.
  • Pisang.

Sebuah penelitian jangka panjang menemukan bahwa pola makan kaya vitamin C dikaitkan dengan risiko asam urat yang lebih rendah. Vitamin C membantu menurunkan kadar asam urat darah, sehingga juga dapat mengurangi keparahan dan frekuensi kambuhnya penyakit.

Baca Juga: Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

6. Magnesium

Vitamin C bukan satu-satunya nutrisi yang dikaitkan dengan rendahnya risiko terkena asam urat. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan cukup magnesium lebih mungkin mengalami kadar asam urat tinggi, sehingga meningkatkan kemungkinan terkena asam urat.

Oleh karena itu, memastikan Anda mendapatkan cukup magnesium dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi kemungkinan Anda mengalami serangan asam urat. Meskipun Anda dapat memilih suplemen, mengonsumsi makanan sehat juga akan membantu mengatasi asam urat, jadi sebaiknya perbanyak asupan sayuran dan herba.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi sepert:

  • Cokelat Hitam
  • Pisang
  • Tahu dan Tempe
  • Kacang-kacangan
  • Gandum Utuh
  • Sayuran Berdaun Hijau
  • Alpukat

7. Seledri

Seledri (Apium graveolens) memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi serta membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah karena mengandung flavonoid apigenin. Karena kristal urat yang tinggi menyebabkan peradangan dan pembentukan radikal bebas, seledri juga dapat membantu mengurangi dampak ini dan mengurangi kerusakan sendi.

8. Minum Banyak Cairan

Anda sebaiknya minum banyak cairan terutama air putih, untuk menghindari dehidrasi sebagai obat asam urat. Hindari minuman manis yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi karena dapat meningkatkan potensi kambuhnya asam urat.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)