Asam Urat: Penyebab, Gejala dan 6 Cara Efektif Untuk Mengobatinya

Kamis 18 April 2024, 18:30 WIB
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).

Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang sendi mana pun, namun paling sering menyerang jempol kaki. (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Asam urat adalah senyawa kimia alami yang terbentuk ketika tubuh mencerna zat yang disebut purin. Purin ditemukan dalam makanan tertentu dan juga dihasilkan oleh tubuh saat sel-sel tubuh rusak. 

Normalnya, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal dalam urin. Namun, jika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau tidak dapat mengeluarkannya dengan cukup efisien, maka kadar asam urat dalam darah bisa meningkat, menyebabkan masalah kesehatan seperti asam urat tinggi atau hiperurisemia.

Asam urat tinggi dapat menyebabkan terbentuknya kristal asam urat di dalam sendi, jaringan, dan organ tertentu, yang bisa menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Ini bisa mengarah pada kondisi yang disebut gout atau rematik asam urat, yang ditandai dengan serangan nyeri hebat di sendi, terutama sendi jari kaki, lutut, pergelangan tangan, dan sendi lainnya.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Teh Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Gampang dan Praktis!

Penderita asam urat sering kali mengalami gejala yang datang dan pergi masa kambuh (gejala parah) dan masa remisi (sedikit atau tanpa gejala). Pengobatan asam urat biasanya berfokus pada pengelolaan gejala dan mencegah serangan asam urat. 

Penyebab Asam Urat

Asam urat disebabkan oleh hiperurisemia (terlalu banyak asam urat di dalam tubuh). Asam urat dapat menyebabkan terbentuknya kristal tajam di persendian. Hiperurisemia dapat terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak atau ginjal tidak dapat menghilangkannya dengan baik.

Jika kadar asam urat terlalu tinggi, kristal urat menumpuk di persendian. Kristal inilah yang menjadi penyebab asam urat.  Bisa saja kadar asam uratnya tinggi dan tidak pernah terkena asam urat. Menurut laporan Biomolekul tahun 2021, hanya 36% penderita hiperurisemia yang akan menderita asam urat.

Baca Juga: Takut Gula Darah Naik? Yuk Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Apa Itu Asam Urat?

Asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan ketika tubuh memecah bahan kimia yang disebut purin . Zat-zat ini dilepaskan dari sel-sel tubuh ketika dipecah, dan ditemukan dalam makanan. Seringkali, asam urat akan larut dalam darah, melewati ginjal, dan keluar dari tubuh melalui urin.

Pola makan kaya makanan dan minuman purin dapat meningkatkan kadar asam urat. Makanan dan minuman yang kaya purin antara lain: 

  • Makanan laut
  • Daging merah 
  • Daging organ seperti hati
  • Makanan dan minuman yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi 
  • Alkohol, terutama bir 

Terlalu banyak asam urat dalam tubuh menyebabkan hiperurisemia. Hiperurisemia akan menyebabkan kristal urat berkembang dan mengendap di persendian sehingga menyebabkan asam urat. Kristal urat juga dapat masuk ke ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Baca Juga: Benarkah Kayu Manis Bisa Menurunkan Gula Darah? Simak Penjelasannya Disini

Gejala Asam Urat

Periode peningkatan gejala asam urat disebut serangan asam urat atau serangan asam urat. Serangan asam urat sangat menyakitkan dan dapat terjadi dengan cepat. 

Gejala serangan asam urat mungkin termasuk:

  • Rasa sakit yang hebat dirasakan bahkan dengan sentuhan sekecil apapun, seperti dari tempat tidur Anda 
  • Pembengkakan 
  • Kekakuan 
  • Kemerahan 
  • Panas atau perasaan bahwa sendi yang meradang terbakar

Serangan asam urat umumnya menyerang satu sendi dalam satu waktu. Asam urat biasanya menyerang jempol kaki namun bisa menyerang sendi lain, termasuk lutut, pergelangan kaki, kaki, tangan, pergelangan tangan, dan siku.

Baca Juga: Mau Tahu Kadar Gula Darah Normal Setelah Makan? Penderita Diabetes Yuk Simak Disini!

Serangan asam urat adalah yang terburuk dalam 12-24 jam pertama. Tanda-tanda awal serangan asam urat adalah rasa gatal, terbakar, kaku, atau nyeri ringan pada sendi yang terkena. Gejala akan memburuk dan kemudian hilang secara perlahan. 

Kebanyakan orang akan pulih dari serangan asam urat dalam waktu satu atau dua minggu. Setelah kambuhnya penyakit teratasi, Anda mungkin akan mengalami gejala dalam jangka waktu yang lama (beberapa bulan hingga satu tahun atau lebih). 

Mengobati Asam Urat

Meskipun pengobatan dapat membantu memperbaiki gejala atau mencegah serangan, Anda juga harus mempertimbangkan pola makan Anda sebagai pengobatan, seperti:

  • Hindari minuman tinggi purin: Batasi alkohol dan minuman manis.
  • Hindari makanan tinggi purin: Daging merah, jeroan (seperti hati), dan makanan laut kaya purin (ikan teri dan sarden) merupakan makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat.  
  • Minum banyak air: Meningkatkan asupan air akan menjaga kesehatan ginjal dan mengeluarkan asam urat dari tubuh.
  • Makan makanan yang sehat: Diet yang sehat dan seimbang mencakup banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Produk susu rendah lemak dapat membantu menurunkan asam urat dalam darah dan menurunkan risiko serangan di masa depan.
  • Cobalah ceri dan jus ceri: Ini juga dipercaya dapat mencegah serangan asam urat. Sebuah studi crossover besar yang menggunakan survei online menemukan bahwa asupan ceri selama dua hari dikaitkan dengan penurunan risiko serangan asam urat sebesar 35%, dan ekstrak ceri mengurangi risiko sebesar 45%.
  • Menurunkan berat badan: Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mencegah serangan asam urat. Penelitian menunjukkan penurunan berat badan dapat membantu penderita asam urat mencapai tujuan jangka panjang, seperti menurunkan kadar asam urat dan mengurangi serangan asam urat. 

Penurunan berat badan juga bermanfaat bagi kesehatan sendi, mengurangi tofi dan kerusakan sendi, meningkatkan fungsi fisik dan kualitas hidup, serta mengurangi potensi komplikasi asam urat atau penyakit penyerta.




Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel27 Mei 2024, 10:30 WIB

Begini Cara Buat Teh Kembang Sepatu Untuk Asam Urat, Coba di Rumah Yuk!

Ketika terlalu banyak kandungan purin yang tidak terurai dari dalam tubuh, maka kita akan mengalami asam urat dengan gejalanya berupa peradangan sendi. Namun, ada satu obat herbal yang cukup membantu yaitu teh kembang sepatu
Ilustrasi Teh kembang sepatu yang merupakan salah satu obat herbal untuk mengatasi asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life27 Mei 2024, 10:00 WIB

10 Cara Efektif Mendisiplinkan Balita, Bunda Yuk Ketahui Langkahnya!

Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal.
Ilustrasi - Orang tua harus cara-cara untuk mendisiplinkan balita yang mulai nakal. | Foto: Pexels.com/@jonathan borba
KATA WARGANET27 Mei 2024, 09:53 WIB

Tips Memilih Jurusan dan Kampus yang Tepat, Jangan Asal Daftar

Memilih jurusan dan kampus yang tepat untuk kuliah adalah keputusan penting yang dapat mempengaruhi masa depan akademis dan karier Anda.
Ilustrasi memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk masa depan karir Anda | Foto :  Pixabay
Sehat27 Mei 2024, 09:00 WIB

5 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Menyembuhkan Kristal Asam Urat

Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Perubahan gaya hidup sehat sangat membantu untuk menyembuhkan kristal asam urat. Sumber: Freepik/freepik
Sehat27 Mei 2024, 08:00 WIB

Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari jeruk limau, konsumsi dapat dilakukan dengan memeras airnya dan dicampurkan ke dalam air minum, digunakan sebagai bumbu masakan, atau dalam bentuk jus segar.
Sumber Vitamin C yang Baik, Ini Cara Simpel Membuat Infused Water Jeruk Limau (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)
Life27 Mei 2024, 07:00 WIB

9 Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik

Dengan mengikuti prinsip-prinsip look elegant tadi, Anda dapat mencapai penampilan yang sederhana namun tetap menarik dan penuh percaya diri.
Ilustrasi. Penampilan Sederhana yang Membuat Seseorang Terlihat Menarik | Sumber: Freepik.com (senivpetro)
Food & Travel27 Mei 2024, 06:00 WIB

Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi

Beef Bulgogi adalah hidangan yang serbaguna dan bisa disesuaikan dengan selera.
Ilustrasi - Resep Beef Bulgogi, Hidangan Tradisional Korea dari Daging Sapi (Sumber : via  Takes Two Eggs)
Science27 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Mei 2024, Cek Yuk Langit di Awal Pekan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 26 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi26 Mei 2024, 23:00 WIB

Hutan Mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi Kini Dilengkapi Gedung Edukasi

Hutan mangrove di Geopark Ciletuh Sukabumi kini dilengkapi dengan gedung Sekretariat Pokmasi sebagai pusat informasi dan Edukasi.
Gedung Sekretariat Pokmasi Desa Mandrajaya Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi di kawasan Hutan Mangrove. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih26 Mei 2024, 22:44 WIB

Lantik 1.158 PPS Pilkada 2024, Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Minta Jangan Sekadar Numpang Nama

Sebanyak 1.158 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi.
Prosesi pelantikan ribuan anggota PPS untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)