Apakah Tomat Bisa Jadi Pemicu Atau Malah Meredakan Asam Urat? Simak Penjelasannya

Rabu 20 Maret 2024, 11:00 WIB
Jika Anda yakin bahwa tomat menyebabkan asam urat Anda kambuh, coba hilangkan tomat dari menu makanan Anda untuk melihat apakah ada perbaikan. (Sumber : Freepik/ASphotofamily)

Jika Anda yakin bahwa tomat menyebabkan asam urat Anda kambuh, coba hilangkan tomat dari menu makanan Anda untuk melihat apakah ada perbaikan. (Sumber : Freepik/ASphotofamily)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang-orang mungkin sering bingung apakah tomat buruk bagi penderita asam urat? Tomat secara tradisional dianggap ramah terhadap asam urat kaya nutrisi dan rendah purin tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa tomat dapat meningkatkan kadar asam urat dan memicu asam urat pada beberapa orang.

Tomat dan Asam Urat: Pro dan Kontra

Asam urat adalah suatu bentuk radang sendi yang menyebabkan rasa sakit ketika kadar asam urat yang tinggi dalam aliran darah mulai mengkristal dan mengendap di sekitar persendian. Makanan tertentu yang Anda makan dapat berkontribusi.

Hal ini karena adanya senyawa organik pada makanan tertentu yang disebut purin, menghasilkan asam urat saat dipecah oleh tubuh. Oleh karena itu, penderita asam urat umumnya disarankan untuk membatasi asupan makanan tinggi purin, termasuk daging (terutama daging organ), ikan tertentu , alkohol, dan minuman manis.

Baca Juga: Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi, Lakukan 5 Tips Sehat Ini untuk Kurang Frekuensi Serangannya

Meski begitu, pola makan hanya menyumbang sekitar 10% kasus asam urat. Mayoritas disebabkan oleh faktor genetik dan kesehatan seperti obesitas dan resistensi insulin yang menghambat ekskresi asam urat dari tubuh, sehingga menyebabkan kadarnya meningkat.

Bahkan ketika pola makan benar-benar memicu kambuhnya penyakit, makanan yang menyebabkan hal tersebut pada satu orang mungkin tidak menyebabkan hal yang sama pada orang lain.

Tomat rendah purin dan umumnya dianggap aman untuk asam urat. Namun, beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa makanan tersebut sebenarnya dapat memicu asam urat pada beberapa orang.

Baca Juga: 8 Obat Asam Urat Ala Rumahan yang Bisa Anda Coba untuk Meredakan Sakitnya

Tetapi apakah ini berarti Anda perlu menghilangkan tomat dari makanan Anda jika Anda menderita asam urat? Atau, apakah manfaat makan tomat lebih besar daripada risikonya?

Pro

Tomat merupakan makanan bergizi yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi penderita asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa makan tomat sebelum makan dapat menurunkan berat badan, persentase lemak tubuh, kadar kolesterol, kadar gula darah, dan bahkan kadar asam urat dalam darah Anda.

Tomat juga kaya akan vitamin C dan likopen, keduanya membantu mengurangi peradangan. Bila dikonsumsi dalam bentuk jus tomat, konsentrasi vitamin C dan likopennya semakin besar. Tomat juga terbukti meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Selalu Bersyukur, 10 Ciri Kamu Termasuk Orang Baik Dilihat dari Kebiasaannya Sehari-hari

Karena asam urat adalah suatu kondisi peradangan, menurunkan peradangan umumnya dianggap mengurangi risiko asam urat, bukan meningkatkannya.

Kontra

Banyak orang secara anekdot menganggap tomat sebagai pemicu serangan asam urat. Meskipun bukti yang mendukung klaim tersebut lemah, tomat diketahui mengandung dua pemicu asam urat yang potensial, yaitu glutamat dan asam fenolik.

Meskipun jumlah glutamat dan asam fenolik dalam tomat sangat kecil, ada kemungkinan beberapa penderita asam urat menjadi sangat sensitif terhadapnya.

Baca Juga: Jangan Takut Gula Darah Naik, Cobain 11 Karbohidrat Sehat yang Aman Untuk Penderita Diabetes

Hal ini sebagian dibuktikan oleh penelitian tahun 2015 di Selandia Baru yang melibatkan 1.456 orang dengan serangan asam urat terkait makanan. Dari jumlah tersebut, 20% melaporkan tomat sebagai pemicunya. Faktanya, makanan tersebut merupakan pemicu makanan paling umum keempat setelah ikan/makanan laut (1), alkohol (2), dan daging (3). 1

Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa risiko asam urat akibat tomat lebih hanya terjadi pada kelompok tertentu dibandingkan kelompok lain.

Apakah Tomat Menyebabkan Asam Urat Saya Meradang?

Cara terbaik untuk mengetahui apakah tomat merupakan pemicu asam urat adalah dengan menghilangkan semua produk tomat dari diet Anda selama beberapa minggu untuk melihat apakah gejala Anda membaik. Mencatat secara rinci apa yang Anda makan dapat membantu menentukan penyebabnya.

Pengganti Tomat

Jika Anda yakin bahwa tomat adalah penyebab timbulnya asam urat, mulailah dengan menghindari produk tomat pekat seperti saus tomat, saus BBQ, saus pasta berbahan tomat, dan jus sayuran. Kemudian lihat apakah tomat segar dapat ditoleransi karena merupakan sumber nutrisi yang kaya.

Jika masih mengalami masalah asam urat, konsumsilah sayuran dan buah-buahan ramah asam urat yang kaya akan vitamin C dan/atau likopen, antara lain:

  • Kubis
  • Labu
  • paprika merah
  • Akar bit
  • Oranye
  • Jeruk bali
  • Jeruk keprok
  • Pepaya
  • Ceri
AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi12 Juli 2024, 23:56 WIB

Diduga Pakai Sianida, Pengolahan Emas di Bojong Pari Sukabumi Picu Kekhawatiran Warga

Sungai pun turut tercemar, aktivitas pengolahan emas di Bojong Pari Waluran Sukabumi tersebut hingga saat ini kata warga belum tersentuh oleh penegak hukum.
Tong tempat pengolahan emas di Kampung Bojong Pari, Desa Waluran Mandiri, Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)